Selasa, 04 Maret 2014

Perkembangan Islam di Jepang Meningkat Pesat

Assalamualaikum sobat nomor2,
Hana Tajima (kanan)
Islam benar-benar akan meliputi ujung timur dan barat dunia, termasuk ke negeri Jepang. Di Tokyo Camii, atau dikenal juga Masjid Tokyo, Imam Ensari Yenturk membacakan ayat-ayat Al-Quran mengiringi kedamaian, para jamaah termasuk seorang pria Jepang setengah baya, bersujud menghadap ka'bah. Tokyo Camiee & Turkish Cultural Center atau dikenal dengan Masjid Tokyo yang terletak di Shibuya Ward dengan arsitek Utsmani dan kaligrafi Arab yang indah ini merupakan salah satu masjid bagi komunitas Muslim di Jepang.

Sekalipun jumlah Muslim di Jepang masih kecil, namun berkembang pesat. Diperkirakan jumlahnya sekitar 110.000 hingga 120.000, termasuk sekitar 10.000 Muslim asli Jepang.

Masyarakat Muslim di Jepang, beberapa waktu lalu tersinggung dengan stigma negatif, ketika polisi menuduh warga Muslim yang teridentifikasi sebagai "teroris".

Meskipun kesulitan yang dihadapi oleh kaum Muslim di Jepang, termasuk citra negatif atas Islam dan Muslim terutama setelah 9/11, ditambah dengan sulitnya menemukan makanan halal, jumlah masjid yang masih sedikit, namun jumlah umat Islam di negeri matahari terbit itu meningkat dari hari ke hari.
Keluarga muslim di Jepang
 
"Terorisme adalah aktivitas yang tidak diterima Islam," kata Yenturk yang juga direktur Tokyo Camii, sebuah lembaga yang berfungsi sebagai pusat budaya Islam.

"Saya sendiri dan banyak umat Islam di Jepang mencintai negeri ini dan menganggapnya sebagai rumah kami. Mengapa kami menghancurkan rumah kami sendiri?" tanya Ihsan Bhai, anggot pendiri Islamic Circle of Japan.
Sholat berjamaah di Jepang

Meskipun Islam dianggap agama terbesar kedua setelah Kristen, jumlah Muslim Jepang masih kecil dibandingkan dengan di AS, di mana 2.454.000 muslim hidup atau di Inggris di mana sekitar 1.647.000 Muslim, menurut laporan Pew Research center pada tahun 2009.

Menurut penelitian yang dilakukan Hirofumi Tanada, profesor ilmu kemanusiaan di Universitas Waseda Tokyo mengatakan, ada 58 masjid di Jepang pada April 2009, dau lagi baru didirikan baru-baru ini, hingga totalnya 60 masjid.
Orang Jepang lagi Adzan

Selain masjid, menurutnya, terdapat lebih dari 100 mushola atau tempat-tempat sholat sementara yang tersebar di seluruh negeri.

Tanada menjelaskan, Islam masuk ke Jepang sekitar awal tahun 1920-an, ketika ratusan Muslim Turki beremigrasi dari Rusia setelah Revolusi Rusia 1917.

Pada akhir 1930-an ada sekitar 1.000 Muslim dari berabagai asal-usul, kata Tanada. Gelombang berikutnya datang pada 1980-an, ketika gelombang pekerja migran dari Iran, Pakistan dan Bangladesh datang, secara signifikan meningkatkan populasi Muslim.

"Saya percaya perhatian masyarakat akan Islam terus meningkat," kata Tanada.

Tanada yang telah melakukan penelitian terhadap banyak komunitas Muslim di Jepang, menambahkan, ada beberapa faktor membantu peningkatan jumlah populasi Muslim di Jepang, termasuk pertukaran mahasiswa di Jepang dengan universitas lain di beberapa negeri Muslim, disamping migrasi para pemilik usaha dan pekerja Muslim yang telah menyebarkan Islam.
Pemuka Agama di Jepang

"Ada banyak orang Islam yang telah menikah dan menetap dengan keluarga mereka di Jepang, dan mereka ingin memperdalam pertukaran dengan komunitas mereka. Dan mereka ingin lebih banyak lagi orang memahami agamanya," tandas Tanada.
Lambat laun dunia akan menyaksikan Islam benar-benar akan menyinari seluruh pelosok negeri, insya Allah di bawah naungan Khilafah. Paling tidak hal ini juga diamini oleh salah seorang intelektual Muslim Jepang yang sudah tak asing lagi di Indonesia, yakni Hasan Ko Nakata.

Di depan seratus ribu peserta Konferensi Khilafah pada 2007 lalu ia berbicara tentang Islam dan Khilafah dalam bahasa Jepang. Ko Nakata dengan tegas menyatakan "Saatnya Khilafah memimpin dunia!". Semua ini semakin menambahkan keyakinan bahwa Islam akan meliputi seluruh dunia, termasuk Jepang, insya Allah di bawah naungan Khilafah.

Comments
44 Comments

44 komentar:

  1. Alhamdulillah... Perkembangan Islam di dunia terus meningkat..

    BalasHapus
  2. semoga saja terus bertambah bnyk ya.. ngeliatnya jadi seneng,islam udah makin menyebar luas kemana-mana ^^

    BalasHapus
  3. setelah jumlah Muslim akan bertambah, karena mungkin saya bisa menyusul utk bisa berangkat ke sana.. :D (ngarep banget) :p

    tetapi yah... semoga saja Islam semakin bisa bertambah pesat, dan kata-kata "Saatnya Khilafah memimpin dunia!" benar-benar bisa terwujud.. Amin....

    BalasHapus
  4. alhamdulillah,,,,,,,
    semoga kedepannya berkembang pesat,,, amin

    BalasHapus
  5. Ikut seneng
    Mas..dengar kabar beritanya :)

    BalasHapus
  6. waahh,, keren :) islam berkembang pesat banget ternyata :D

    BalasHapus
  7. Perkemangan yang bagus dan saya salut sama foto pertama yang berjilbab sangat tertutup tidak seperti trend di negri sendiri yang pakai jilbab tapi banyak yg menonjol :) maaf OOT

    BalasHapus
  8. bearti kalau suatu saat saya liburan ke jepang (ngarep) gak bakal repot nyari mesjid ya mas. hehe berandai-andai aja dulu :D

    BalasHapus
  9. Kalau melancong ke sana tentu tidak ada masalah untuk mencari makanan yang halal ..
    Nice info Wahyu :)

    BalasHapus
  10. luar biasa ya mas kalau agam islam bisa berkembang pesat di negara jepang, jadi sahabat kita semakin banyak yang satu agama :)
    jadi pengen pergi berkunjung ke jepang deh saya hehe :)

    BalasHapus
  11. Subhanallah Alhamdulillah...semoga terus berkembang dan maju pesat ya mas perkembangan Islam di Jepang ini. Mudah2an terus bisa mndominasi serta mrubah tatanan masyarakatnya juga...yang pda gliran slanjutnya bisa mlahirkan pmikir2 atau cndkiawan muslim hebat dari jepang, karena jepang terkenal akan kcerdasan dan kdisiplinan masyarakatnya

    BalasHapus
  12. alhamdulillah bertambah... ohya ada kabar baru, ternyta orang Non muslim di Amerika gak smwnya mengganggap Islam itu sejahat yang dipikirkan Terry Jones seorang pendeta lho.. pendeta yg selalu menggebar-gemborkan islam jahat.. padahal sebaliknya..

    simak video ini... http://muslimdaily.net/page/video/reaksi-publik-new-york-terhadap-orasi-pendeta-terry-jones.html?utm_source=dlvr.it&utm_medium=facebook#.UxklvtL-GE4

    BalasHapus
  13. Subhanallah Alhamdulillah!

    Ternyata gak cuma eropa sama amerika aja yang pesat peningkatan jumlah umat islamnya :')

    BalasHapus
  14. orang-orang jepang yg masuk islam termasuk beruntung mendapatkan hidayah shg hatinya terbuka menerima kebenaran dan akhirnya masuk islam ^^

    BalasHapus
  15. Subhanallah...Semoga Islam bisa berkembang pesat di belahan bumi manapun ^ ^

    BalasHapus
  16. lama nggk mampir sini hehe.. klo islam di negara asia lainnya gmn sob? sama spt jepang kah?

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah...mudah2an bukan cuma jumlahnya aja yang nambah, tapi kulaitasnya juga. Aamiin

    BalasHapus
  18. Islam adalah agama untuk seluruh Ummat :) Dan di akhir jaman setelah masa - masa kelam di saat kemunculan Imam Mahdi dan turunnya Nabi Isa maka panji - panji Islam akan berdiri tegap di muka bumi ini :)

    BalasHapus
  19. Alhamdulillah,, Info bagus, Smoga perkembangan quantitas umat muslim berbanding lurus dengan perkembangan qualitas.

    BalasHapus
  20. Salam.. sudah lama Wahyu tidak kelihatan disini.. Nurul harap dan doakan semoga Wahyu sihat-sihat selalu. In shaa Allah. Aamiin

    BalasHapus
  21. Alhamdulillaah semoga perkembangannya semakin besar ya Mas Wahyu..

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah. Turut senang membacanya.

    BalasHapus
  23. Assalamualaikum.
    Izin share :)

    BalasHapus
  24. nyimak aja sob,nunggu update artikel lagi hehe...

    BalasHapus
  25. nyimak aja sob,nunggu update artikel lagi hehe...

    BalasHapus
  26. Wah ajip gan... Ane dah Follback gan... Kunbal di tunggu ya.....

    BalasHapus
  27. nggk nyangka di jepang bnyk muslim juga

    BalasHapus
  28. waah,, terharu Ishmah :')
    semoga waktu ishmah ke jepang, muslim udah mayoritas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas wahyu sibuk, yah?
      semangat, mas wahyu!
      ishmah tunggu artikelnya :)

      Hapus
  29. hai mas lama aku gak mampir ini
    lama juga gak nge blog
    >,< semoga gak bosen2 nulis ya
    walau gak sempet nulis sama meninggalkan jejak

    tulisannya masih sering d baca kok

    >,</

    BalasHapus
  30. wah luarbiasa sob semoga menjadi kekuatan umat muslim di dunia...

    BalasHapus
  31. semoga perkembangan islam terus meningkat disemua negara ya sobb :D
    maaf lama ga mampir nih, :d
    jangan lupa kunjungannya sob :D

    BalasHapus
  32. hey, aq mampir, lagi.
    ni post terakhir Yu?
    mu sibuk juga rupanya. aq pun br mw aktif lagi.

    BalasHapus
  33. berkunjung lagi sob.. nungguin update artikelnya ^^
    kayaknya dah mau aktif lagi nih..

    BalasHapus
  34. thanks
    hi kpopers ... visit me too
    http://www.kpopmystars.com/

    BalasHapus
  35. alhamdulillah berkembang pesat ternyata

    visit : http://pemudangapak.com

    BalasHapus
  36. Alhamdulillah..,

    Terima kasih untuk infonya. Salam kenal.

    Silahkan dapatkan buku2 terbaru terbitan tahun 2015. Dan dapatkan diskonnya.

    http://goo.gl/muzD8w

    Silahkan kunjungi balik dan tinggalkan jejak alias komentar.

    -Hon Book Store-

    BalasHapus
  37. Waaah, Alhamdulillah..
    Bangga membacanya.
    Semoga suatu hari nanti saya benar2 bisa bermain dgn keluarga muslim di Jepang. Aamiin..
    :D

    BalasHapus
  38. Alhamdulillah islam makin berkembang tp itu lah tanda2 kiamat nnti klo sdh mncapai ttik nadir islam akan menurun lg sampai jumlah orang islam di dunia ini semakin sedikit.

    BalasHapus
  39. Alhamdulillah islam makin berkembang tp itu lah tanda2 kiamat nnti klo sdh mncapai ttik nadir islam akan menurun lg sampai jumlah orang islam di dunia ini semakin sedikit.

    BalasHapus
  40. udh nggk aktif ngeblog lagi ya gan? blm ada posting baru :)

    kunjungi jg
    media2give.com

    BalasHapus

Terima kasih atas komentarnya:
1. Gunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung
2. Jangan pakai link aktif/ spam
3. Iklan boleh, tapi 1 kali saja :)

>> Add FB Admin