Sabtu, 07 Juli 2012

8 Tips Merawat Rambut Untuk Perempuan Berjilbab

Gambar : Gadis berjilbab merah
Mempunyai rambut yang indah adalah dambaan bagi setiap perempuan karena bagaimanapun rambut adalah mahkota yang paling dibanggakan. Namun, sering kali perempuan mengeluhkan cara perawatan rambut yang kurang tepat, khususnya bagi perempuan yang baru terbiasa mengenakan jilbab.

Maka untuk perempuan hendaknya mencoba beberapa perawatan rambut yang terkadang memakan biaya yang cukup mahal. Mengingat rambut yang indah merupakan perhiasan perempuan dimata suaminya perawatan merupakan hal yang patut untuk dilakukan. Berikut beberapa tips perawatan agar rambut dan kulit kepala tetap sehat bagi perempuan berjilbab.

1. Rambut dalam keadaan kering
Setelah keramas, sebaiknya Anda tidak langsung menggunakan jilbab. Kondisi kepala dan rambut yang masih basah memungkinkan tumbuhnya bau tak sedap, ketombe, dan gatal-gatal pada kulit kepala. Tak hanya itu, rambut yang basah cenderung lebih mudah rontok karena terlalu banyak gesekan. Gunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut jika Anda dalam kondisi terburu-buru.

2. Pilih jilbab yang menyerap keringat
Tidak bisa dipungkiri, mengenakan jilbab dapat menyebabkan kondisi kulit kepala dan rambut menjadi berkeringat. Salah satu cara untuk mengurangi keringat berlebih adalah dengan memilih jenis jilbab yang dapat menyerap keringat seperti jilbab berbahan kaus atau katun.

3. Gunakan jilbab maksimal empat lapis
Anda tipikal wanita yang mengikuti tren berjilbab dengan jilbab berlapis-lapis? Sebaiknya Anda tidak terlalu banyak menggunakan jilbab berlapis. Gunakan jilbab berlapis maksimal empat lapis. Hal ini bertujuan untuk memberikan sirkulasi udara pada rambut agar tetap seimbang.

4. Jangan ikat rambut terlalu kencang
Memiliki rambut yang panjang bagi wanita berjilbab memang sebaiknya diikat agar tidak mengganggu tampilan jilbab dan masih dalam koridor syar’i. Namun, ada baiknya Anda tidak terlalu kencang mengikatnya karena ikatan rambut yang terlalu kencang dapat menyebabkan rambut mudah patah.

5. Hindari jilbab berwarna gelap
Memakai jilbab berwarna gelap di udara yang panas sebaiknya dihindari. Jilbab berwarna gelap lebih cepat menyerap cahaya matahari yang dapat menyebabkan kondisi lembab di sekitar kepala dan rambut. Sebaiknya gunakan jilbab berwarna putih atau terang saat udara sedang panas.

6. Keramas teratur
Biasakan keramas teratur dua hari sekali dengan mengenali shampoo yang tepat untuk jenis rambut Anda agar hasilnya maksimal. Menjaga kebersihan dengan baik bisa memperkecil resiko kerusakan kulit kepala dan rambut Anda.

7. Istirahatkan rambut
Jika tidak sedang mengenakan jilbab, sebaiknya Anda mengistirahatkan rambut dengan membiarkan tanpa ikatan. Beri kesempatan rambut Anda untuk bernapas, selain lebih segar, mengistirahatkan rambut dapat mengurangi kelembapan kulit kepala yang bisa menyebabkan kerontokan dan munculnya ketombe.

8. Konsumsi makanan rendah lemak

Setelah melakukan perawatan dari luar, sebaiknya Anda juga melakukan perawatan dari dalam. Mengkonsumsi makanan yang rendah lemak serta kaya akan protein, vitamin B-6, B-12, dan C, serta zat besi dapat menutrisi rambut secara alami. Kacang-kacangan, bayam, pisang, dapat menjadi pilihan.

Sumber: http://kodokoala.blogspot.com/2012/07/8-tips-merawat-rambut-untuk-wanita.html#ixzz1zuRkTy14
http://2.bp.blogspot.com/_wgalqT4I2mI/TQYjq3ee8fI/AAAAAAAAAZA/ZlmlvIDNC58/s1600/Red%2Bhooded%2Bgirl.jpeg (image)
Comments
2 Comments

2 komentar:

  1. woooooohhh TFS !!
    karna saya mmg baru pakai, jdi sepertinya ini berguna bagi saya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks For Comment juga.. semoga bermanfaat ^^

      Hapus

Terima kasih atas komentarnya:
1. Gunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung
2. Jangan pakai link aktif/ spam
3. Iklan boleh, tapi 1 kali saja :)

>> Add FB Admin