Selasa, 03 Juli 2012

Faktor Konsumen Membeli Produk

Dalam berwirausaha wirausahawan harus mengerti apa alasan konsumen membeli produk yang dia inginkan. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yang sering disebut dengan istilah NAM (Need,  Authority and Money). Berikut pengertian dari ketiga hal tersebut.

N (Need) :  kebutuhan yang bisa dilayani
Dalam hal ini ada tipe konsumen A atau pelanggan mengenal produk dan tahu cara memenuhi kebutuhan. Kedua konsumen tipe B yaitu mengetahui produk tetapi tidak tahu cara memenuhi kebutuhan. Terakhir konsumen tipe C yaitu tidak kenal produk serta tidak mengetahui cara memenuhi kebutuhan. Konsumen tipe C inilah yang harus menjadi sasaran utama seorang wirausahawan.

A  (Authority) : wewenang untuk mengambil keputusan membeli
Pada faktor ini wirausahawan harus mencari tahu siapa yang berwenang untuk membeli produk. Karena ada dua macam kewenangan calon pelanggan,  antara lain :
  1. Calon pembeli mempunyai kebutuhan dan berhak membeli.
  2. Calon pembeli punya hak melakukan pembelian, tapi masih harus konsultasi dengan pihak atasan atau kerabat.

M  (Money) :   mempunyai uang untuk membeli
Perlu diketahui bahwa konsumen kaya, belum tentu mau membeli. Bila konsumen berkata tidak mampu, hal tersebut belum tentu benar seringkali karena belum yakin terhadap kebutuhan membelinya. Konsumen yang kemampuan finansial agak kurang, mungkin mempunyai kemauan kuat untuk membeli.

Gambar : Seorang ibu melihat-lihat jilbab yang akan dibeli

 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgw6ySjXncWJvBiEUZBoMc_Git3snW6_gkwLxTfxITsxCxNdPJzG4BhU79SHxgVk5QFlG6yDA98pKVbkJTdKNN5VTFJjzHF5gl9eZq200TNuYc568XZFnMZWZ6iIFaoyWretu8eJUm01ZD5/s1600/llo.jpg (image)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentarnya:
1. Gunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung
2. Jangan pakai link aktif/ spam
3. Iklan boleh, tapi 1 kali saja :)

>> Add FB Admin