N (Need) : kebutuhan yang bisa
dilayani
Dalam hal ini ada tipe konsumen A
atau pelanggan mengenal produk dan tahu cara memenuhi kebutuhan. Kedua konsumen
tipe B yaitu mengetahui produk tetapi tidak tahu cara memenuhi kebutuhan.
Terakhir konsumen tipe C yaitu tidak kenal produk serta tidak mengetahui cara
memenuhi kebutuhan. Konsumen tipe C inilah yang harus menjadi sasaran utama
seorang wirausahawan.
A
(Authority) : wewenang untuk
mengambil keputusan membeli
Pada faktor ini wirausahawan
harus mencari tahu siapa yang berwenang untuk membeli produk. Karena ada dua
macam kewenangan calon pelanggan, antara lain :
- Calon pembeli mempunyai kebutuhan dan berhak membeli.
- Calon pembeli punya hak melakukan pembelian, tapi masih harus konsultasi dengan pihak atasan atau kerabat.
M
(Money) : mempunyai uang untuk membeli
Perlu diketahui bahwa konsumen
kaya, belum tentu mau membeli. Bila konsumen berkata tidak mampu, hal tersebut
belum tentu benar seringkali karena belum yakin terhadap kebutuhan membelinya.
Konsumen yang kemampuan finansial agak kurang, mungkin mempunyai kemauan kuat
untuk membeli.
Gambar : Seorang ibu melihat-lihat jilbab yang akan dibeli |
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgw6ySjXncWJvBiEUZBoMc_Git3snW6_gkwLxTfxITsxCxNdPJzG4BhU79SHxgVk5QFlG6yDA98pKVbkJTdKNN5VTFJjzHF5gl9eZq200TNuYc568XZFnMZWZ6iIFaoyWretu8eJUm01ZD5/s1600/llo.jpg (image)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terima kasih atas komentarnya:
1. Gunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung
2. Jangan pakai link aktif/ spam
3. Iklan boleh, tapi 1 kali saja :)