Selasa, 08 Januari 2013

Pesan Ustad Untuk Remaja Muslim Laki-laki

Di Kajian kemarin Ahad 6 Januari 2013,
Ada beberapa pesan ustad di tempatku khusus kepada remaja muslim laki-laki. Beliau mengutarakan bahwa muslim muda maupun tua sama-sama memiliki kesempatan untuk mendapatkan pahala dan ridho Allah Ta'ala. Akan tetapi untuk para pemuda muslim memiliki kesempatan pintu pahala yang lebih lebar dari pada muslim tua. Berikut yang dapat saya ambil dari kajian beliau.
Pemuda sholeh senantiasa beribadah demi Allah
Jadilah Remaja Muslim Yang Tumbuh Dalam Ketaaatan Beribadah
Seperti yang telah kita ketahui salah satu golongan dari tujuh golongan umat muslim yang mendapatkan naungan Allah di akhirat kelak adalah وَشَابٌّ نَشَأَ فِي عِبَادَةِ رَبِّهِ "pemuda Islam yang tumbuh dalam ketaatan beribadah" maksudnya setiap hari kesibukannya lebih banyak untuk mengkaji ayat-ayat Allah. Menjauhi hal-hal yang dilarang Allah seperti berpacaran, ber-sms ria dengan yang bukan muhrimnya tanpa ada keperluan penting dan perbuatan-perbuatan maksiat lainnya. Insya Allah, Allah akan memberikan perlindungan kepada kita di akhirat kelak jikala kita dapat menahan gejolak hawa nafsu masa muda yang mengebu-gebu.

Menjaga Pandangan Jika Ingin Merasakan Nikmatnya Sholat
Jikala tak sengaja memandang seorang wanita dijalan hendaknya para lelaki menundukkan atau memalingkan pandangan setelah 1 pandangan itu (kepada perempuan yang bukan muhrimnya). Karena pandangan yang kedua dan seterusnya adalah perbuatan dosa. Berbeda halnya jika ada keperluan, misalnya ada seorang perempuan yang datang bertanya dimana rumah si fulan, sebagai lelaki boleh memandang dan menanyakan maksudnya karena bisa jadi perempuan tersebut mempunyai niat jahat sedangkan kita tak mengetahui ciri-cirinya. Tapi kalau tak ada keperluan jangan diada-adakan.

قُلْ لِلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوا فُرُوجَهُمْ ذَلِكَ أَزْكَى لَهُمْ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا يَصْنَعُونَ 
"Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat". (Q.S. AnNur : 30)

Sabda Nabi SAW “Jangan sampai pandangan yang satu mengikuti pandangan lainnya. Kamu hanya boleh pandangan yang pertama, pandangan yang seterusnya tidak dibenarkan” (HR. Tirmidzi & Abu Daud)

Insya Allah jika lelaki mampu melakukan hal itu saat ia sholat niscaya akan merasakan nikmatnya.

Sumber :
Kajian ustad
Hadits web
Comments
2 Comments

2 komentar:

  1. betol betol betol, min....
    mari jd pemuda sholeh/sholehah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah saling mengingatkan^^

      Hapus

Terima kasih atas komentarnya:
1. Gunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung
2. Jangan pakai link aktif/ spam
3. Iklan boleh, tapi 1 kali saja :)

>> Add FB Admin