Minggu, 08 Desember 2013

Awal Mula Makanan Bakso

Assalamualaikum sobat nomor2,
Bakso, tidak ada yang menyangka kalau makanan ini sebenarnya ada sejarahnya lho. Mau tahu? Ini dia.

Bakso
Pada akhir Dinasti Ming (awal abad ke-17) di Fuzhou, ada seorang pria bernama Meng Bo, tinggal di sebuah desa kecil. Dia berkepribadian baik dan berbakti kepada orang tuanya. Bakti Meng Bo pada ibunya sangat diketahui oleh para tetangga. Suatu hari, ibunya yang sudah mulai tua sudah tidak dapat makan daging lagi, karena giginya sudah mulai tidak bisa makan sesuatu yang agak keras. Ini sedikit mengecewakan karena dia suka sekali makan daging.

Meng Bo ingin membantu ibunya agar bisa mengonsumsi daging lezat lagi. Sepanjang malam duduk, memikirkan bagaimana mengolah daging yang bisa dimakan oleh ibunya. Hingga suatu hari, ia melihat tetangganya menumbuk beras ketan untuk dijadikan kue mochi. Melihat hal itu, timbul idenya. Meng Bo langsung pergi ke dapur dan mengolah daging dengan cara yang digunakan tetangganya dalam membuat kue mochi. Setelah daging empuk, Meng Bo membentuknya menjadi bulatan-bulatan kecil sehingga ibunya dapat memakannya dengan mudah. Kemudian ia merebus adonan itu, tercium aroma daging yang lezat.

Meng Bo menyajikan bakso itu kepada ibunya. Sang ibu merasa gembira karena tidak hanya baksonya yang lezat, tapi juga mudah untuk dimakan. Meng Bo sangat senang melihat ibunya dapat makan daging lagi.

Kisah berbaktinya Meng Bo pada ibunya beserta resep baksonya, cepat menyebar ke seluruh kota Fuzhou. Penduduk berdatangan untuk belajar membuat bakso lezat pada Meng Bo.

Comments
44 Comments

44 komentar:

  1. jadi dulu itu bakso adalah bulatan daging? tidak dicampur bahan lain ya?? wuuuh lezat sekali :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. adalah tapi tak tahu apa itu, hehe ^^

      Hapus
  2. mantap sob bisa tau awal mula makanan bakso, apalagi saya orang yang suka makan bakso.

    BalasHapus
  3. nama pencipta n nama hasil ciptaannya ko beda., biasax kan sama hehe...

    BalasHapus
  4. Wih ternyata berawal karena rasa sayang anak buat sang ibu.

    BalasHapus
  5. Seiring sama perkembangannya..bentuk baso sekarang ndak cuma bulat bentuknya ya mas :)

    BalasHapus
  6. oh jadi bakso berasal dari cina ya?

    BalasHapus
  7. rupanya ada kisah pengabdian kpd seorang ibu, dibalik lezatnya bakso..

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah jadi tau nih sejarahnya, dari cina toh?? hem...

    BalasHapus
  9. ternyata begitu ceritanya, ko berawal dari cina ya? bukan dari Indonesia hmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. "hmm" kata yg lagi booming di blogku :D

      Hapus
  10. dan bakso itu enak.. taunya makan aja sih,, murni daging yang dibulat2kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. awal mula sih gitu, sekarang kan udah macem2

      Hapus
  11. Kisahnya bagus sekali.. tentu bakso yang diuli dengan rasa cinta sangat sedap rasanya

    BalasHapus
  12. gitu ya mass sejarahnya , , ,
    jadi laperr :D:D:D:D

    BalasHapus
  13. ibuku suka makan bebek, jadi nanti kalo ibuku sudah tua, aku buatin pentol bebek :p
    #pengabdiananak

    BalasHapus
  14. mw juga dunk baksonya,,,,


    jadi tahu sejarah bakso,,,

    BalasHapus
  15. Balasan
    1. Sudah ada mi rasa bakso di toko terdekat ^^

      Hapus
  16. Balasan
    1. dan saya senangi dari bakso adalah ketika ditraktir...
      hehehe

      Hapus
  17. dari cina ya asalnya,hmm.. baru tau sob.tak kira malah asli indonesia hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya cuma beda sebutan aja kayaknya ^^

      Hapus
  18. wah, baru tahu ini...
    ternyata sejarahnya karena kasih sayang toh...

    BalasHapus

Terima kasih atas komentarnya:
1. Gunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung
2. Jangan pakai link aktif/ spam
3. Iklan boleh, tapi 1 kali saja :)

>> Add FB Admin