Senin, 06 Agustus 2012

Bingung Memilih Universitas & Jurusan

Bingung Milih Siapa Mbak?
Sebagian besar lulusan SMK dan SMA bingung memilih tempat kuliah kelak. Setidaknya itu yang saya ketahui menurut pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul di Sosial Media Yahoo Answer. Mereka bingung lantaran belum mempunyai tujuan dan ide yang ingin dicapai. Hal tersebut menggerakkan saya untuk menulis kiat-kiat dalam memilih Universitas & Jurusan. Ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan dalam memilih kampus atau jurusan, diantaranya sebagai berikut :

1. Karir / masa depan yg ingin dituju
Tentu kamu tidak ingin bekerja cukup lama (bahkan bisa seumur hidup) di bidang yang sebenarnya tidak cocok untuk kamu, perlu dilihat apakah dengan memilih jurusan tersebut akan mendukung pencapaian cita-cita / masa depan kamu atau tidak.

2. Bakat
Ini sudah akan mulai terlihat sejak SMA dimana apa menonjolnya kemampuan kamu di bidang tertentu menunjukkan anda akan cukup berhasil kalau mengarahkan fokus tersebut di jurusan yg cocok saat kuliah. Misalnya nilai matematika, Biologi, Kimia, Teknik anda bagus maka pertimbangkanlah memilih jurusan tersebut saat kuliah.

3. Minat 
Pernah terbayang bahwa akan bekerja di bidang yang seolah seperti menjalani hobi? Kalau akhirnya seperti itu, maka kamu memilih pekerjaan yang benar-benar anda cintai di masa depan kelak. Bagi yang salah pilih bisa bikin kamu merasa bahwa waktu terasa sangat lama & membosankan saat bekerja. Sekalipun kamu memiliki nilai pas-passan pada suatu mata pelajaran tetapi merasa tertarik maka pilihlah jika berminat.

4. Rekomendasi orang tua
Walaupun kemauan kita harus benar-benar didasari dengan 3 hal di atas, tapi masukan orang tua bisa memberikan pencerahan mengenai plus minus dari pilihan-pilihan kita. Jadi, boleh dijadikan sumber referensi yang bisa diandalkan, tapi keputusan akhirnya sebaiknya anda yang pilih, ingat yg menjalani kuliahnya itu kita lho.

5. Masukan teman
Teman juga dalam kondisi ini bisa jadi memperoleh informasi-informasi penting mengenai jurusan, tren, pembandingan universitas dan hal-hal lain yang bisa berguna. Tidak ada salahnya mendengarkan info dari mereka, menambah info dari orang tua kita sebelum nantinya memilih.

6. Jaminan kepercayaan akan universitas 
Kita perlu untuk memiliki informasi yang jelas mengenai status akreditasinya (karena kalau tidak terakreditasi atau rendah akreditasinya, secara kualitas itu adalah penilaian oleh pemerintah lho melalui BAN-PT - Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi). Jadi akreditasi jelas penting. Selain itu pertimbangkan kerjasama dengan dunia industri maupun internasionalnya juga.

7. Kualitas lulusan
Pada suatu Universitas kualitas lulusan menjadi suatu hal yang penting untuk diketahui. Apakah rata-rata lulusan dari kampus tersebut berkompeten (mampu bersaing) saat menghadapi dunia kerja. Selain itu bagaimana penilaian Fresh Greduate (mahasiswa baru lulus) dari Kampus tersebut dimata perusahaan. Itu terlihat dari lulusan yang sukses bekerja di perusahaan besar. Jika terkenal sebagai lulusan yang baik berati kampus tersebut cukup terpandang. Dengan kata lain lebih mudah diterima dalam melamar pekerjaan.

8. Biaya kuliah
Hal ini menjadi suatu yang penting jika melihat status ekonomi yang kamu miliki. Jika kamu merupakan orang yang kurang mampu coba cari Universitas yang gemar memberikan beasiswa. Biaya uang gedung, SPP per semester, biaya kos, biaya hidup (makan dan minum), biaya tugas kuliah dan biaya pulang kampung (jika tempatnya jauh) harus dipertimbangkan dengan matang. 

9. Lingkungan yang kondusif untuk belajar
Universitas yang tekenal karena sering tawuran atau lahan koflik lebih baik jangan dipilih. Hal tersebut dapat mengakibatkan kita tidak konsentasi dalam menjalani perkuliahan. Tempat kita kos juga penting apakah sering terjadi pencurian apa tidak. Karena memang rahasia umum banyak sekali peralatan belajar mahasiswa seperti laptop, hp atau sepeda motor raib ditangan pencuri, baik diarea kampus atau tempat kos.

Banyak universitas berdiri dengan menawarkan kelebihan & keunggulannya masing-masing. Bagaimanapun akan menyulitkan juga apabila setelah kuliah 4 tahun kemudian saat melamar kerja akan dilihat tentang status universitas tersebut, seberapa terpercaya, terakreditasi & apakah berkualitas? Tentu informasi yang lengkap perlu anda kumpulkan sebelum akhirnya akan memilih untuk masuk di universitas yang cocok kelak.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentarnya:
1. Gunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung
2. Jangan pakai link aktif/ spam
3. Iklan boleh, tapi 1 kali saja :)

>> Add FB Admin