Rabu, 01 Agustus 2012

Kaget kok menutup mulut dengan tangan?

Pernah tidak anda melihat seorang perempuan tiba-tiba menutup mulutnya saat dilamar kekasih? Atau mungkin Anda sendiri pernah melakukannya? Karena sadar atau tidak, kita cenderung untuk menempelkan telapak tangan di depan mulut, memegang dahi atau menempatkan tangan di pipi ketika merasa cemas atau terkejut. Tapi mengapa hal ini bisa terjadi?

"Itu disebut gerakan tubuh pembawa rasa damai. Seperti halnya anak menghisap ibu jarinya," ujar Janine Driver, Presiden Body Language Institute di Washington, D. C.

"Ketika tangan kita menyentuh wajah, hal tersebut membuat kita seakan-akan berkata kepada diri sendiri 'Tenang, semua aman'. Rasanya seperti ketika ibu kita sedang memeluk dan berkata bahwa kita dapat melaluinya," tambah Driver

Ia menjelaskan, ketika seseorang menyaksikan peristiwa kecelakaan mengerikan, mendengar kabar buruk atau hal yang tak bisa dipercaya, meletakkan tangan di depan mulut merupakan luapan ekspresi fisik yang menandakan bahwa secara emosional kita tidak bisa menerima hal lain lagi.

Gambar : Kaget Dilamar

Peneliti bahasa tubuh menemukan, tidak semua orang di seluruh dunia menutup mulutnya ketika mereka sedang merasa kaget, takut atau terkejut. Para ahli juga menemukan, kaum Hawa ternyata cenderung lebih sering melakukannya dibandingkan dengan pria. 

"Versi yang lebih lembut dari ini adalah ketika seorang pria dalam sebuah ruangan konferensi menempatkan jari telunjuknya pada bibir atau tangan pada dagunya," ujar Driver, yang juga penulis buku You say More Than You Think. 

Gerakan lain yang mengungkapkan rasa takut atau terkejut adalah memegang pergelangan tangan, tetapi menurut Driver, gerakan tubuh yang biasa digunakan  orang di seluruh dunia ketika merasa takut adalah dengan membuka mulut dalam bentuk oval dan mengangkat kedua alis. 

"Ini ada dalam DNA, tidak peduli jika Anda seorang yang berkulit hitam, putih atau hispanic. Berasal dari Irak, Zimbabwe ataupun Chicago," ujarnya.

Dikuti dari :
http://health.kompas.com/read/2011/08/11/03282717/Tangan.Tutupi.Mulut.Saat.Kaget..Kenapa

Comments
2 Comments

2 komentar:

  1. saya kl kaget bukan menutup mulut mas, tapi nonjok... ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow, kasian kalo dikagetin hantu~ hihihi

      Hapus

Terima kasih atas komentarnya:
1. Gunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung
2. Jangan pakai link aktif/ spam
3. Iklan boleh, tapi 1 kali saja :)

>> Add FB Admin