Senin, 20 Agustus 2012

Unsur-Unsur Indonesia Dalam Anime "One Piece"

Seperti yang kita ketahui bersama, Odacchi (julukan Eiichiro Oda) termasuk orang yang mengambil beberapa hal dari dunia nyata untuk menjadi inspirasi dalam mengembangkan One Piece. Dan bagi yang belum tahu, ternyata Indonesia juga masuk dalam “daftar inspirasi” Odacchi tersebut. Nahh, seperti yang tersirat dalam judul, disini akan saya berikan beberapa bagian dari One Piece yang diambil dari tanah air kita, Indonesia.

1. KAYA:





Namaku Kaya dan aku orang KAYA!!
Di cerita Kota Syrup, yang menceritakan kisah bergabungnya Usopp, ada seorang gadis anak seorang bangsawan yang bernama “Kaya”. Kaya, seperti juga yang kita ketahui bersama memiliki arti “punya banyak uang” dan ini merupakan bahasa Indonesia, dan dalam One Piece, Kaya juga digambarkan sebagai anak bangsawan yang memiliki banyak uang, terbukti ketika Kaya dan Merry menghadiahi Bajak Laut Topi Jerami sebuah kapal bernama Going Merry yang kemudian dianggap sebagai salah satu kru oleh Bajak laut Topi Jerami.

2. MANTRA:

One Piece Chapter 280 (Halaman 4)
Mantra adalah bahasa Indonesia. Kamus besar bahasa Indonesia (2001) mengartikannya sebagai susunan kata yang berunsur puisi (seperti rima dan irama) yang dianggap mengandung kekuatan gaib, biasanya diucapkan oleh dukun atau pawang untuk menandingi kekuatan gaib yang lain . Untuk english sendiri 'mantra' diartikan 'Magic Formula', 'spell' atau 'Incantation'. Mantra hanya dipakai di Bahasa Indonesia. Jadi sudah selayaknya kita mengatakan Oda Sensei menggunakan Istilah Bahasa Indonesia bukan?

3. CELANA ENEL: 
Celana Enel mirip jenis batik khas Pekalongan
Pada inti cerita Skypiea, Bajak Laut Topi Jerami harus melawan seorang lawan yang sangat kuat bernama Enel yang menganggap dirinya sebagai dewa.

Naahh, adakah diantara teman-teman yang sadar kalau celana Enel bermotif batik? Kalau belum, sekarang saya beri tahu. Kalau dilihat dengan sangat teliti mungkin tidak memiliki motif serumit batik, tetapi dari pilihan warnanya bisa dikatakan sebagai “mewakili” batik ciri khas kota Pekalongan di Jawa Tengah.

4. SOUTHBIRD dan Burung Tingang
Southbird dan Rangkong
Burung Tingang atau keluarga burung rangkong (Bucerotidae/Hornbill) dikenal oleh masyarakat asli di Kalimantan terutama suku dayak sebagai burung yang memiliki keelokan dan keindahan. Burung ini hadir menjadi inspirasi dari beberapa gerakan atau nama tarian dari masyarakat dayak di Kalimanatan pada umumnya. Nah, Lihat kemiripannya dengan Southbird? Memiliki Benjolan aneh menyerupai jambul di kepala, dan paruh besar. Mirip bukan?

5. JAYA-IRIAN JAYA
Jaya, Pulau dengan bentuk tengkorak bukankah namanya terlalu serupa dengan Irian Jaya? Irian Jaya adalah propinsi di pulau Papua, Indonesia dengan bentuk seperti Burung. Mungkinkah dari hal itu Oda jadi terinsipirasi Ide cerita pulau berbentuk tengkorak yang terbelah dua? Jangan pernah melupakan kalau Pulau irian sekarang terbagi dua, Indonesia dan Papua Nugini.
Pulau Jaya
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jaya memiliki arti “selalu berhasil; sukses; hebat”. Hal ini tersirat dengan sempurna dalam One Piece dimana Pulau Jaya dikatakan sebagai pulau yang memiliki kota emas. Di cerita flasback Skypiea Arc,Norland menceritakan ke Raja Lyneel tentang sebuah 'gunung' Emas terdapat di Pulau Jaya. Setelah mereka kembali ke sana ternyata emas itu telah menghilang.
Gunung Emas di Irian Jaya

Entah kebetulan atau tidak, dalam sejarahnya Indonesia tepatnya Irian Jaya memiliki Gunung emas sebagai Tambang Emas Terbesar di dunia, Gunung Ersberg. Gunung ini berlimpah emas, bahkan dahulu emas bisa ditemukan di permukaan tanahnya tanpa perlu menggali. Dalam sejarahnya (sampai sekarang) tambang ini dikuasai oleh Freeport dari Amerika Serikat. Bahkan ada istilah "Amerika Serikat' dibangun oleh emas Papua (silahkan Searching Google). Dalam cerita, Emas suku Shandia juga dieksploitasi oleh Enel untuk membangun Maxime.

6. Markas Flying Fish Riders
Sebelum memasuki cerita di Pulau Sabaody, Bajak Laut Topi Jerami bertemu dengan sekelompok penculik bernama Flying Fish Rider yang menggunakan ikan terbang sebagai kendaraannya dan memiliki markas di tengah laut.

Tempat tinggal Flying Fish Riders
Rumah adat Nias
Rumah-rumah yang ada di markas Flying Fish Rider ini menggunakan konsep rumah adat dari Nias, Sumatera Utara. Dan untuk desain rumah ini sangat mirip, lengkap dengan jendela terbuka di atapnya.

7. Tropical Hotel di Pulau Jaya
Tropical Hotel
Tropical Hotel di One Piece merupakan hotel yang berada di Pulau Jaya. Kerasa nama "tropical" sangat identik dengan indonesia. Dan saat saya searching di Google ternyata ada Tropical Hotel di Bali. Konsepnya agak mirip walau tidak bisa dikatakan serupa.

8. Arlong Park
Gapura Arlong Park Mirip Pura di Bali
Kalau kita melihat sekilas gapura dari Arlong Park terlihat seperti Pura yang ada di Bali yah.

9. Senjata Ussop
Bunga Raflesia khas Sumatra di komik One Piece
Dalam cerita di Pulau Manusia Ikan, sempat ditampilkan bagaimana Usopp mengeluarkan salah satu dari “Pop Green”-nya yang ketika digunakan memunculkan bunga “Rafflesia”.

Bunga Rafflesia merupakan bunga endemik di Pulau Sumatera karena jenis tersebut hanya tumbuh di Bengkulu, Jambi dan Sumatera Selatan. Bunga ini memang mengeluarkan bau yang busuk, dan karena itu jadi sering disamakan dengan Bunga Bangkai, padahal Bunga Rafflesia dan Bunga Bangkai ini adalah dua bunga yang berbeda. Tetapi bisa kamu lihat di komik One Piece Usopp mengeluarkan jurus ini agar mengeluarkan bau yang menyengat sama seperti Bunga Rafflesia.

10. Sabaody Archipelago
Hutan bakau di Sabaody
Sabaody Archipelago disebut-sebut sebagai hutan Mangrove (bakau) terbesar di dunia One Piece. Tahukah kamu dimana populasi mangrove terbesar di dunia nyata? Tepat sekali, di Indonesia.
Sumber :
http://iniwacana.blogspot.com/2012/04/unsur-unsur-indonesia-dalam-cerita-one.html#more
sebagian gambar diedit menggunakan sample di pencarian gambar google.com
Comments
4 Comments

4 komentar:

  1. Pantasan saya nonton One Piece kok rada-rada janggal hahaha

    BalasHapus
  2. Oya, jangan lupa kuping eneru. Itu mirip ama kuping-kuping suku dayak di kalimantan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sob pernah lihat karena pakai anting yg berat dan besar ya ^^

      Hapus

Terima kasih atas komentarnya:
1. Gunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung
2. Jangan pakai link aktif/ spam
3. Iklan boleh, tapi 1 kali saja :)

>> Add FB Admin