Senin, 06 Mei 2013

Belajar Korea: Istilah Umum Sehari-hari

Assalamualaikum sobat nomor2..
Bismillahirrohmanirrohiim..
Annyeong Haseyo ^^

Kali ini saya mau lanjutkan belajar bahasa koreanya, iseng-iseng aja karena pic saya orang korea masa' gak bisa bahasanya dikit-dikit.. hehe

   Perkenalan Diri  
Kalau mau memperkenalkan diri misalnya :
- Jeoneun sugae hagesseumnida = Saya akan memperkenalkan diri
- Jae ireumen Wahyu imnida = Nama saya adalah Wahyu
- Chonun Indonesia saramiyeyo = Saya orang Indonesia
- Jeoneun yeol daseot sal imnida, godeunghakyeoe gongbu hago isseumnida = Umur saya adalah 15 tahun, saya sekolah di SMA
- kamsahamnida = terima kasih

*atau dapat juga Je ireumeun Wahyu - irago hamnida = nama saya adalah Wahyu

   Bahasa Sehari-hari
(Annyeong Hasimnikka / Annyeong Haseyo) = Apa Kabar / Selamat Pagi,Siang,Sore,Malam

(Annyeonghi Ghaseyo) = Selamat Jalan

(Annyeonghi Gyeseyo) = Selamat Tinggal

(Annyeonghi Jhumuseyo/Jhaljhayo) = Selamat Tidur

(Eoseo Oseyo) = Selamat Datang/Silahkan Masuk

(Deureo Oseyo) = Silahkan Masuk

(Ottokhe Jhinaeseyo) = Bagaimana Kabarnya?

(Jhal Jhinaeyo) = Baik2 Saja

(Tto Mannayo) = Sampai Bertemu(jumpa) Lagi

(Shillye Hamnida) = Permisi

(Haseyo) = Silahkan

(Bhanggapseumnida) = Senang Berjumpa Dengan Anda

(Ghamsahamnida/Gomapseumnida) = Terima Kasih

(Cheonmaneyo) = Terima Kasih Kembali

(Jhwesonghamnida) = Mohon Maaf

(Mianhamnida) = Maaf

(Ghwenchanayo) = Tidak apa2/Tidak Masalah

(Jhapsuseyo/shikshahaseyo) = Silahkan Makan

(Jhal Meokgeoseoyo) = Terima Kasih Makanannya (Bila selesai makan)

(Oneul Jeulgheoweoseoyo) = Hari ini sangat menyenangkan

(Jhumal Jhal Jhinaeseyo) = Selamat Berakhir Pekan

(Ne, isseoyo) = Ya, Ada/Punya

(Anio, Opseoyo) = Tidak, Tidak Ada/Tidak Punya

(Baegopheuda) = Saya Lapar

(Andhweyo) = Jangan/Tidak Bisa

(Hajhima) = Jangan!

(Yeoboseyo) = Hallo

(Jhuseyo) = Minta

(Bhillyo Juseyo) = Pinjam

(Arayo) = Tau

(Aratsoyo) = Mengerti/Paham

(Aigho) = Aduh!/Ya Ampun!

(Wiheomhae) = Bahaya!/Awas!

(Jhosimhae) = Hati-hati!

(Jhohta/Jhoha) = Bagus!/Saya Suka!

(Gheuraeyo) = Begitu?

(Jheongmal) = Sungguh?/Benar?

(Gheojhitmal) = Bohong!

(Ghayeopseora) = Kasihan!

(Doumhae/wonjhohae) = Tolonglah!/Bantulah!

   Kosa kata & Kalimat Tambahan
* Haksaeng = pelajar
* Taehaksaeng = mahasiswa
* Hakkyo = Sekolah
* Taehak / Taehakkyo = Universitas
* Kodunghakkyo = SMA
* Kodunghaksaeng = pelajar SMA
* Chunghakkyo = SLTP
* Chunghaksaeng = pelajar SLTP
* Ch’odunghakkyo = SD
* Ch’odunghaksaeng = Pelajar SD
* Chorop = kelulusan
* Chorop’ada = lulus (tamat sekolah)
* Cho, na = saya
* Ku = dia (laki-laki)
* Ku-nyo = dia (perempuan)
* Saram = orang
* Ige = ini
* Kuge = itu (dekat)
* Choge = itu (jauh)
* Mwo, muot = apa
* Nugu = siapa
* Uri = kami
* Saengil = ulang tahun
* Je ireum = nama saya
* Nae ireum = namaku adalah
* Jeoneun morgesseumnida = saya tidak mengerti
* Naneun mollayo = aku tidak tahu
* Naneun neorul sarang haeyo –saranghaeyo— = aku cinta kamu
* Han-gugorul kongbuhaja = ayo belajar bahasa Korea
* Odiso wassoyo? = anda berasal dari mana?
* Chonun ……. Eso wassoyo = Saya orang ……. (biasanya untuk nationality)
* Odi saseyo? = anda tinggal dimana?
* Chonun …. saramiyeyo = saya tinggal di…..
* Hangugo hal chul aseyo? = Apakah anda bisa bahasa Korea?
* Hangugo hal chul arayo = saya bisa berbahasa Korea
* Hangugorul chogumbakke = saya bisa sedikit berbahasaKorea
* Hangugorul chonhyo mot’aeyo = saya tidak bisa berbicara bahasa Korea
* Algessoyo? = apakah anda mengerti?
* Algessoyo = saya mengerti
* Morugessoyo = saya tidak mengerti
* Tasi malssumhae chuseyo = tolong katakan lagi

   Istilah Sederhana 
maknae : sebutan untuk yang paling muda dalam anggota
Saranghae : ‘aku cinta kamu’
Mianhae : ‘maaf’
kamsahamnida / komawo : ‘terima kasih’
Yeoja : ‘perempuan’
Namja : ‘laki-laki’
chingu : ‘teman’
Yeoja-chingu : ‘teman perempuan’
Namja-chingu : ‘teman laki-laki’

Algessoyo? ^^

Sumber:
http://recapsdrama.blogspot.com/2012/01/perkenalan-diri-dalam-bahasa-korea.html
Comments
11 Comments

11 komentar:

  1. saya pun nak belajar dlm bahasa jgak tapi mcm susah plak..hmm..

    http://www.eymasushoppe.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Usaha jer Cik Eyma, pasti bisa ^^

      Hapus
  2. Ottokhe Jhinaeseyo?
    Jae ireumen Nurul imnida
    Chonun Malaysia saramiyeyo

    kamsahamnida^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jhal Jhinaeyo ^^
      Arayo..

      Cheonmaneyo Cik Nurul.. ^^

      Hapus
  3. belajar dulu ah..bhs korea ini sama bhs jepang susah yg mana ya buat dipelajari?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya menurut saya mudah bahasa korea karena kata yg digunakan gak terlalu beda jauh dan terlalu banyak, kalau bhs jepang kan makai huruf kanji konon menurut tayangan tv banyak jenisnya dan orang Jepang sendiri kadang tak hafal terutama huruf kanji kuno gan..

      Hapus
  4. widiw, lengkap euy, dari dulu cuma bisa ngapal "sarang haeyo"
    maklum yang ditonton lebih banyak pelm jepang daripada koreanya
    www.mikoarcstudio.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah gak lah mas, itu cuma dasar kok, lagian saya belum hafal semua hehe.. Oh mas lebih suka film jepang ya? mangaka sejati deh.. hehe

      Hapus
  5. Hahaha, mantap juga nih. Bisa tambah2 istilah Korea. :)

    BalasHapus

Terima kasih atas komentarnya:
1. Gunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung
2. Jangan pakai link aktif/ spam
3. Iklan boleh, tapi 1 kali saja :)

>> Add FB Admin