Selasa, 21 Mei 2013

Tips Menjawab Tes Masuk SMK Favorit

SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) sekarang sedang banyak diminati. Alasannya? karena siswa SMK dipersiapkan untuk terampil bekerja dan tidak menutup kemungkinan bisa meneruskan ke jenjang perkuliahan. Beberapa sekolah favorit mengadakan beberapa tes independen (menurut standar sekolah itu sendiri) kepada calon murid baru. Jadi walaupun caranya berbeda dari sekolah yang lain, tapi tidak menutup kemungkinan ada beberapa cara yang sama. Maka dari itu admin akan memberikan beberapa tips-tips yang kiranya dapat membantu calon murid SMK untuk mempersiapkan diri menghadapi serangkaian tes. Tes masuk SMK biasanya ada beberapa tahap yaitu Tes Wawancara, Tes Kesehatan dan Tes Tulis. Jika Tes Wawancara tidak lulus makan tidak bisa melanjutkan ke tes berikutnya, begitu seterusnya. Hal-hal yang dilakukan siswa dalam tes-tes tersebut dirinci sebagai berikut:

Bisa dong..

   Tes Wawancara
Tes ini berfungsi untuk mengetahui minat awal siswa untuk masuk ke SMK favorit. Siswa dihadapkan pada seseorang guru pada suatu ruangan dan ditanyai tentang minatnya masuk ke SMK tersebut. Beberapa pertanyaan bisa bersifat menjebak. Pertanyaan umumnya antara lain:
Apakah alasan anda masuk ke SMK favorit ini?
Jawab dengan tenang dan utarakan maksud anda dan bisa anda latih dan susun di rumah. Misalnya karena sekolah ini merupakan sekolah yang terkenal favorit dan lulusannya terkenal baik, selain itu jaraknya dekat dari sumah saya dsb. 
Jurusan apa yang akan anda pilih atau masuki di sekolah ini?
Jawab sesuai dengan minat anda ingin masuk jurusan apa. Misalnya anda menjawab jurusan otomotif, lalu penanya biasanya akan memberikan soal tentang otomotif. Misalnya anda menjawab jurusan bangunan, lalu penanya memberikan pertanyaan lanjutan seperti "Anda bisa menghitung?" lalu anda akan dikasih soal tentang menghitung.
Pertanyaan menjebak
Penanya biasanya melihat gerak-gerik peserta tes dan tiba-tiba menanyakan pertanyaan menjabak semisal.
  1. Kamu pernah pernah merokok ya?
  2. Kamu pernah tindik telinga ya?
  3. Kamu pernah semir rambut ya?
Peserta tes yang terlalu jujur biasanya akan langsung mengiyakan pertanyaan di atas. Hal ini fatal karena bisa langsung tidak lulus tes wawancara. Jawablah sesuai apa adanya, tapi kalau anda bohong syukur kalau penanya percaya. Yang penting jawab dengan meyakinkan misalnya "seratus persen saya tidak melakukannya hal tersebut dan bisa dibuktikan dengan tes dokter".
Tes Wawancara Bahasa Inggris
Untuk yang satu ini bisa diadakan atau tidak sesuai sekolah yang bersangkutan. Tes ini bisa anda pelajari di artikel Tes wawancara bahasa Inggris.
   Tes Kesehatan
Dibutuhkan agar siswa siap sedia dalam mengikuti pelajaran dengan baik jika dia diterima. Tes ini bisa berupa tes fisik peserta yang biasanya dimasukkan ke dalam ruangan dan ditelanjangi (atau pakai celana pendek saja) dan dilihat apakah calon murid itu bertato/ bertindik/ mempunyai cacat tertentu. Selain itu tes ini bisa meliputi tes buta warna yang bisa anda pelajari di artikel Tes buta warna.

   Tes Tulis
Tes tulis biasanya dibedakan menurut pilihan jurusannnya masing-masing. Jadi siswa yang memilih jurusan Teknik Bangunan berbeda soalnya dengan siswa yang memilih jurusan Teknik Mesin. Tes ini biasanya berupa soal pilihan ganda (a,b,c,d) karena mudah untuk dikoreksi secara cepat. Jadi latihlah soal-soal umum tentang jurusan yang akan anda pilih. Misalnya siswa yang memilih jurusan otomotif akan diberikan soal-soal mengenai komponen sepeda motor atau mobil.

Saya kira tips di atas adalah gambaran yang bisa membantu anda jika ingin masuk ke SMK favorit. Semoga sukses masuk ke SMK yang anda idam-idamkan.

Sumber:
wawancara siswa yang pernah tes
Comments
20 Comments

20 komentar:

  1. SMK Favorit tu apa ya? nama sekolah? atau sekolah2 pilihan kita camtu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. SMK = Sekolah Menengah Kejuruan = Senior high school especially skills

      Favorit = favorite

      SMK Favorit = The most wanted high school by student

      understand? ^^

      Hapus
    2. oic.. gitu ya^^.. kalau sini, SMK itu maksudnya Sekolah Menengah Kebangsaan untuk Form 1 - Form 5, kalau SRK : Sekolah Rendah Kebangsaan untuk Standard 1 - Standard 6^^

      Terimakasi penjelasannya ya^^

      Hapus
    3. Yeah, I see..
      berbeda dengan Indonesia.. cepatlah buat lulu2s tu..
      Makasih Cikgu, saya jadi paham penjelasannya juga ^^

      Hapus
  2. Iya betul sobat Wahyu, sekarang untuk memenuhi tututan diberbagai sektor pekerjaan, lulusan SMK lah yang banyak dicari, karena sudah dibekali ketrampilan untuk siap terjun di pekerjaan. Terima kasih telah berbagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener sekali mas kelihatannya paham betul tentang maksud SMK hehe.. Mungki banyak yang cari jadi saya buat aja tipsnya.. ^^

      Hapus
  3. Alhamdulillah saya lulusan SMK Favorit...tapi dulu pas daftar gak ada kayak tes wawancara gitu deh. Skarang mungkin ada kali ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah pantesan trampil edit gambar ^^
      Iya coz sekarang banyak nilai UN yang gak sesuai kemampuan siswa jadi dengan wawancara kelihatan mana yg murni dan yg tidak..

      Hapus
  4. Sekolahku berubah terus, dulu saat masih kecil STM lalu menjadi SMA kemudian pas aku masuk berubah jadi SMU lalu setelah lulus kulihat jadi SMA dan sekarang jadi SMK, ha-ha Henshin melulu. Dulu aku cuma ikut tes wawancara saja sedangkan tes lain gak ikut karena jalur khusus (semacam penjaringan yg terseleksi dari berbagai sekolah SMP).

    BalasHapus
    Balasan
    1. SMA & SMK beda lho.. ^^
      emang Huda jurusan apa ya?

      Hapus
  5. Memang beda sob, Secara umum SMA pelajarannya hanya formal tidak ada keahlian khusus, sekolahku tsb awalnya sekolah tehnik shg pelajarannya lebih banyak teknik daripada formal lalu mungkin ada perubahan kebijakan dari pihak yayasan lalu mengubahnya menjadi SMA shg pelajarannya lebih ke formal sedangkan pelajaran teknik menjadi pelajaran muatan lokal shg tidak lagi menjadi utama. selang beberapa tahun terjadi perubahan kebijakan karena tuntutan dari dari berbagai pihak agar dikembalikan seperti awalnya dulu sebagai sekolah tehnik akhirnya menjadi SMK. Dulu ketika aku jadi siswa statusnya pas SMU shg jurusannya cuma IPA dan IPS (aku IPS) shg jurusan teknik komputer, teknik mesin dan tehnik lain ditiadakan. Kalau sekarang karena udah kembali menjadi sekolah tehnik (SMK) jadi jurusan IPA dan IPS mungkin tidak ada lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh gitu to, ngerti2 maksudnya di sekolah Huda aja gitu kan..
      Kok bisa gitu ya, baru tahu ane.. mungkin SMK udah dianggap lebih berbobot dari SMA jadi diganti deh..

      Hapus
    2. Mungkin karena perusahaan2 yg biasa mencari lulusan dari sekolahku menjadi kurang yakin dengan kemampuannya karena perubahan dari STM(Sekolah Teknik Menengah) menjadi SMA SMU krn bobot pelajaran tekniknya kurang sehingga ada tuntutan agar kembali menjadi sekolah teknik. Tapi entah kenapa namanya kok bukan kembali STM diganti SMK (atau mungkin nama STM dianggap kuno/ SMK versi lama).

      Hapus
    3. Bener sob sekarang lulusan SMK memang lebih diminati karena keterampilannya bagus buat modal kerja di perusahaan. Nama jenjang sekolah itu berubah-ubah entah siapa yang menyuruh gonta-ganti, pemerintah kali..

      Hapus
    4. Ada satu hal yg hingga kini bikin heran, dulu pas jadi siswa nama jenjang sekolah SMU(Sekolah Menengah Umum) saat ngisi data kutulis SMA(Sekolah Menengah Atas) disuruh menggantinya dengan SMU (pakai huruf "U"). Memangnya SMA beda dengan SMU ? hingga kini aku blm tahu ciri yg membedakannya kayaknya sama aja SMA, SMU, SLTA . Sedangkan yg udah jelas berbeda adalah MAN (Madrasah Aliyah Negeri): pelajarannya lebih kebidang agama Islam. SMK: pelajarannya lebih kebidang teknik.

      Hapus
    5. iya itu emang cuma sebutan yg sama, cuma pemakaiannya tergantung daerah masing2.. SMA, SMU dan SLTA sama aja kayak penyebutan SMK dan STM ya to..

      Hapus

Terima kasih atas komentarnya:
1. Gunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung
2. Jangan pakai link aktif/ spam
3. Iklan boleh, tapi 1 kali saja :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...