Rabu, 12 Desember 2012

Bocah 5 Tahunan Jadi Imam, Kisah Imam Bukhari Terulang Lagi

Masjid Essalam
Usianya masih sekitar lima tahun. Namun, kemampuannya dalam menghafal dan menguasai Alquran tak perlu diragukan. Salah satu bocah yang tidak disebutkan namanya ini menjadi imam sholat sebuah masjid yang mungkin bernama Masjid Essalam di Belanda (dari keterangan sumber gambar).

Umat Islam di sekitarnya menjadikannya imam shalat, karena ilmu yang dikuasainya. Subhanallah, bacaan Alqurannya begitu fasih.

Fenomena ini mengingatkan kita pada sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Bukhari yang juga pernah melakukan imam sholat:

Amr ibn Salamah berkata, "Suatu ketika Nabi SAW bersabda, 'Jika waktu shalat tiba, hendaknya ada di antara kalian yang melakukan azan. Lalu yang paling banyak bacaan Al Qur'annya hendaknya diangkat menjadi imam.' Mereka melihat tidak ada yang bacaan Alqurannya melebihi diriku. maka aku diangkat sebagai imam padahal usiaku masih enam atau tujuh tahun." (HR Bukhari). 

Ini videonya :

Sumber :
Comments
6 Comments

6 komentar:

  1. Gak mau kalah ah, pertama kali jadi imam saat antara kelas 1 - 2 SD (agak lupa) jadi sekitar umur 6-7 tahun karena pas lagi gak ada bapak2 (kebetulan semua bpk2 lagi ada acara bersama blm pulang)

    BalasHapus
  2. Ngaco nih:"Itu sih biasa bro, banyak yg kayak gitu..". Emangnya anak2 kecil dibawah 7 tahun di lingkunganmu mahir sholatnya (tepat bacaan gerakan sholat dan bisa khusuk) shg jika darurat bisa ditunjuk jadi imam? Apa pernah diuji misal lewat lomba sholat utk anak kecil dibawah 7 tahun, beberapa anak mungkin bisa hafal gerakan dan bacaan sholatnya tp utk usia segitu blm tentu bisa khusuk masih suka main-main. Kalau anak yg diatas itu memang istimewa tapi yg dibicarakan ini anak kecil yg ditunjuk jadi imam sholat krn darurat, tidak sembarangan anak kecil layak ditunjuk jadi imam sholat lho. Kurasa Ms Huda ditunjuk jadi imam sholat jg gak sembarangan, utk usia segitu ms Huda udah ditunjuk jd imam udah hebat bandingkan dg anak kecil pada umumnya blm tentu bisa, memang jika di bandingkan dg anak tsb ms Huda masih kalah jauh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas komentarnya^^

      Hapus
  3. Hmm gitu ya, emang bener sih gue masih kalah jauh darinya. Jamaah lebih memilih gue daripada yg lain utk jadi imam sholat krn py alasan kuat jg sih. Penasaran ingin tahu! wah buka rahasia nih, oke gakpapa deh biar menginspirasi yg lain tapi jangan dianggap sombong ya! Sebenarnya sejak kecil dididik oleh Ibu sbg guru agama yg ngajari ngaji anak2, Bpk sebagai guru dan ustadz yg ngisi acara pengajian2 sekaligus sbg salah satu juri MTQ Nasional(Musabaqoh Tilawatil Qur`an). He he jujur dulu pernah dapat hadiah khusus dari Bpk presiden Soeharto, oke ceritanya segitu aja ya!

    BalasHapus
  4. Namanya jg manusia tempat lupa dan salah, tapi jangan asal ceplos lg selalu instropeksi diri agar lebih baik. Ditempatku aja anak SD udah kelas 4 masih ada yg blm bisa sholat dg benar jadi blm layak jd imam, pantesan umur segitu ms Huda udah jadi imam bahkan dpt hadiah dari Presiden, ketemu Presiden aja aku blm pernah cuma sebatas impian saja. Kuikuti komentar2 ms Huda memang sering tak terduga keren banget jd sekecil apapun komentarnya ms Huda gak bisa dianggap remeh berlaku jg utk komentar pengunjung yg lain. Jarang lho pengunjung blog seperti ms Huda keren banget dah pokoknya bisa jadi motivasi bagi yg lain.

    BalasHapus

Terima kasih atas komentarnya:
1. Gunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung
2. Jangan pakai link aktif/ spam
3. Iklan boleh, tapi 1 kali saja :)

>> Add FB Admin