Rabu, 05 Desember 2012

Perbedaan Waktu Indonesia Dengan Negara Lain

Bagi anda yang sering bepergian ke luar negeri atau anda mempunyai keluarga dan sahabat disana tentunya anda memerlukan panduan waktu dunia untuk mengetahui waktu setempat. Berikut ini adalah perbedaan waktu indonesia dan negara lain di dunia. Anda tinggal menambahkan atau mengurangi waktu Indonesia bagian barat dengan variabel waktu negara yang dituju.
Gunakan waktumu sebaik-baiknya..
Perbedaan waktu Indonesia dan negara Asia
Afghanistan -02.30, Bangladesh -01.00, Bhutan -01.00, Brunei Darussalam +01.00, Cina +01.00, Filipina +01.00, Hong Kong +01.00, India -01.30, Jepang +02.00, Kamboja +00.00, Korea Selatan +02.00, Korea Utara +02.00, Laos +00.00, Laut Cina Selatan +01.00, Makau +01.00, Maladewa -02.00, Malaysia +01.00, Mongolia +01.00, Myanmar -00.30, Nepal -01.15, Pakistan -02.00, Principality of New Pacific +01.00, Singapura +01.00, Sri Lanka -01.30, Taiwan +01.00, Thailand +00.00, Timor Leste +02.00, Vietnam +00.00.

Perbedaan waktu Indonesia dan negara Eropa
Albania -05.00, Austria -05.00, Belanda -05.00, Belgia -05.00, Bosnia-Hercegovina -05.00, Britania Raya -06.00, Bulgaria -04.00, Denmark -05.00, Finlandia -04.00, Hongaria -05.00, Irlandia -06.00, Islandia -07.00, Italia -05.00, Jerman -05.00, Kroasia -05.00, Luksemburg -05.00, Malta -05.00, Monako -05.00, Norwegia -05.00, Perancis -05.00, Polandia -05.00, Portugal -06.00, Republik Ceko -05.00, Rumania -04.00, Serbia -05.00, Slovenia -05.00, Slowakia -05.00, Spanyol -05.00, Swedia -05.00, Swiss -05.00, Vatikan -05.00, Yunani -04.00.

Perbedaan waktu Indonesia dan negara Afrika
Afrika Selatan -05.00, Aljazair -06.00, Angola, Burundi, Etiopia, Gabon, Gambia, Ghana, Jibuti, Kamerun, Kenya, Komoro, Liberia, Libya, Madagaskar, Malawi, Mali, Maroko, Mesir -05.00, Mozambik, Nigeria, Pantai Gading, Republik Afrika Tengah, Republik Demokratik Kongo, Rwanda, Sahara Barat, Senegal, Somalia, Sudan, Swaziland, Tanzania, Togo, Tunisia, Uganda, Zambia, Zimbabwe -05.00.

Perbedaan waktu Indonesia dan negara Amerika
Belize -13.00, El Salvador -13.00, Honduras -13.00, Kosta Rika -13.00, Nikaragua -13.00, Panama -12.00, Argentina -10.00, Bolivia -11.00, Brasil -10.00, Chili -10.00, Ekuador -12.00, Guyana Perancis -10.00, Kolombia -12.00, Paraguay -10.00, Peru -12.00, Suriname -10.00, Uruguay -09.00, Venezuela -11.30, Amerika Serikat -11.00, Bermuda -10.00, Kanada -12.00, Meksiko -12.00.

Perbedaan waktu Indonesia dan negara Timur Tengah
Arab Saudi -04.00, Bahrain -04.00, Irak -04.00, Iran -03.30, Israel -05.00, Kuwait -04.00, Lebanon -04.00, Oman -03.00, Palestina -04.00, Qatar -04.00, Suriah -04.00, Uni Emirat Arab -03.00, Yaman -04.00, Yordania -04.00.

Sumber :
Comments
28 Comments

28 komentar:

  1. Ada kasus nih,saat bepergian keluar negeri dg pesawat jet super sonic melewati zona perbedaan waktu shg kehilangan sehari yaitu jum`at karena saking cepatnya shg dari hari kamis langsung ke hari sabtu waktu setempat tp hanya ditempuh dlm beberapa jam saja. Bagaimana dg sholat jumatnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kurang tahu maksud pertanyaannya?
      Tak tahu juga kalo misalnya kayak gitu..

      Hapus
  2. Ini beneran terjadi sob pakai pesawat jet supersonic(melebihi kecepatan suara) spt Concorde maskapai Perancis yg udah dipensiunkan itu, tiketnya mahal banget. Karena suaranya keras shg hanya melewati daerah diatas laut. Pak ustadz bingung jg nih tapi akhirnya cuma bilang sebaiknya mengikuti waktu yg dialami sekarang jadi langsung ikut hari sabtu shg dibolehkan tidak jumatan karena situasi yg berbeda. Ada jg nih temen seorang pilot pesawat tempur F 16 yg sampai kini hilang dari radar karena melewati batas ketinggian atmosfer gak bisa balik ke bumi(sengaja dirahasiakan dr publik) sedangkan lainnya kejar2-an dg pesawat tempur F 18 Hornet milik Australia krn mereka melanggar batas wilayah udara kita, sasaran udah dikunci rudal siap tembak tp katanya gak diijinkan Pimpinan jadi cuma menguber2 pesawat mereka hingga menjauh, sempat takut jg sih krn pesawat mereka lebih canggih. Jujur ini pertama kali gue bilang ke orang lain jd yang tahu cuma blog ini doang lho.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ceritanya tingkat tinggi^^.. gak nyampek admin

      Hapus
  3. Emang sih dari pengakuan temen2 disekolah katanya aku levelnya tinggi cukup disegani berbeda dg yg lain, warga dari kampung lain jika ketemu dg keluargaku dijalan menunduk hormat padahal lebih tua (emang sih masih ada hubungan dg Kraton). Hal ini jg membuatku agak canggung gak enak dihormati yg lebih tua (terbalik jadinya harusnya yg muda menghormati yg tua).

    BalasHapus
    Balasan
    1. hati2 Sob, jangan jadi sombong..^^

      Hapus
  4. Terima kasih udah perhatian, sombong jelas gak krn masyarakat udah terlanjur menganggap sbg panutan scr turun temurun shg segala perilaku harus sangat hati2 (didikan keras ortu) krn menyangkut nama baik. Gue aja dulu cuma iseng nakal bandel dikit langsung dimarahi ortu habis2an dihukum fisik sampai trauma hingga kini padahal masih kecil apalagi sekarang mungkin lebih mengerikan. Kalau lewat blog rasanya bebas, kita kan jg manusia sesama ciptaan Allah swt yg sama kedudukannya jd gak perlu sungkan saling berbagi rasa berbagi ilmu agar bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, walaupun menjadi panutan kita tidak boleh minder bergaul dengan siapa saja..

      Hapus
  5. Terima kasih sob atas pengertiannya, gue mindernya cuma kalau diperlakukan terlalu istimewa berlebihan spt pengalaman ibuku dulu saat kos sengaja tidak terus terang dg status shg perlakuan pemilik kos dan warga sekitar cuma biasa aja tp lama2 ketahuan sbg RA(Raden Ayu setara dg ibu RA Kartini) lalu diperlakukan sangat istimewa misal mau masak dan mencuci baju sendiri dilarang, semua ditanggung tempat kos, mereka justru senang bisa melayani dan tempat kosnya makin ramai populer, karena merasa gak enak akhirnya pindah kos mirip dlm film2 ttg putri bangsawan yg menyamar jd orang biasa gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Q pernah liat mhs tingkat akhir ada julukan R-nya juga, kayaknya diberi nilai bagus pas skripsi..

      Hapus
  6. "Melewati zona perbedaan waktu shg sehari cuma ditempuh beberapa jam saja seakan hilang 1 hari": aku pernah baca tentang kejadian ini masuk koran harian Kedaulatan Rakyat pada kolom sungguh-sungguh terjadi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak cerita ghaib yg belum kita ketahui..

      Hapus
  7. Kalau peristiwa itu aja dianggap gaib berarti perjalanan seekor semut dari Surabaya ke Jakarta cuma sehari jg gaib dong, padahal itu kan perjalanan alami biasa, perkembangan teknologi sekarang lebih maju shg dulu yg dianggap mustahil sekarang jd mungkin. Sesuai dg:“Hai jamaah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya melainkan dengan kekuatan (ilmu pengetahuan)” (Q.S Ar-Rahman 33).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar sekali, yang dulu dianggap mustahil sekarang bisa jadi mungkin, oleh karena itu kita harus tetap ikhtiar selalu.. ^^

      Hapus
  8. sorry teruntuk buat yang punya gelar ke_ningratan mas yuda ... emangnya mas yuda ini dari kerajaan mana sih ... jaman sekarang kan sudah ga ada yang di istimewakan dari golongan jaman ke_keratonan...
    berlebihan banget sih mas ceritanya .. ga terjangkau oleh I.Q..kaya gue ..maaf loh mas ...salam aja buat RADEN AYU_nya (IBU_mu kan)

    BalasHapus
  9. Terima kasih dan maaf jika menyinggung pak Aaryo dan sobat2 lainnya. Dari kerajaan Ngayogyakarta (awalnya kerajaan Mataram), untuk wilayah Kraton perlakuan istimewa tradisinya masih dijaga tapi di wilayah luar mulai surut sejak akhir tahun 70-an karena gencarnya pengaruh kebudayaan luar shg makin lama makin ditinggalkan/tidak dikenal generasi muda. Perbanyak wawasan dan belajar shg jika ada penemuan fenomenal tidak kaget heran/gaptek misal penemuan darah sintetis oleh Jerman(jurnal sains ilmiah internasional). Saya sendiri jg masih bodoh masih perlu banyak belajar utk eksperimen2 yg masih gagal dlm taraf percobaan. Dan ttg melewati zona daerah perbedaan waktu jg pernah dipublikasikan oleh koran harian Kedaulatan Rakyat.

    BalasHapus
  10. Ari maneh ngaromongkeun naon?kaya yg g punya iman wae!! Kita the sebagai manusia sederajat,mau raden,mau presiden di hadapan Allah mah sma,.g ada critanya kalo sholat rakyat biasa harus d belakang tp. Pejabat harus d depan..
    Maaf ah sayamah cuman rakyat kecil.minal aidin walfaidzin ka sadayana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai bahasa sunda ya Mas? hehe
      ya memang apapun status kita yang membedakan di hadapan Allah adalah iman dan taqwanya..
      ya mohon maaf bila ada salah2 mas..

      Hapus
  11. Indonesia ke italy 24jam kah ??

    BalasHapus
  12. Berarti kalau indonesia jam 9 malam di kanada jam 9 pagi ?

    BalasHapus
  13. Makasehh blog.a..
    Mmg Ttp eksis berkarya.. ^^

    BalasHapus

Terima kasih atas komentarnya:
1. Gunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung
2. Jangan pakai link aktif/ spam
3. Iklan boleh, tapi 1 kali saja :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...