Minggu, 09 Desember 2012

Nama-nama Malaikat Yang Tercantum Dalam Qur'an dan Hadits

Malaikat mempunyai sayap yang berbeda-beda bentuknya..
“Segala puji bagi Allah pencipta langit dan bumi, Yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS. Fathir 35 : 1)

Nama-nama malaikat yang kita ketahui diantaranya:

1. Jibril
Allah ta’aalaa berfirman:
قُلْ مَنْ كَانَ عَدُوًّا لِجِبْرِيلَ فَإِنَّهُ نَزَّلَهُ عَلَى قَلْبِكَ بِإِذْنِ اللَّهِ مُصَدِّقًا لِمَا بَيْنَ يَدَيْهِ وَهُدًى وَبُشْرَى لِلْمُؤْمِنِينَ (97) [البقرة/97
Artinya: Katakanlah, “Barangsiapa menjadi musuh Jibril, maka Jibril itu telah menurunkan (Alquran) ke dalam hatimu dengan seizin Allah; membenarkan apa (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang yang beriman. (QS. 2:97)

“Rasulullah saw. pernah melihat Jibril yang memiliki 600 buah sayap” (HR. Muslim, Ibnu Mas’ud ra)

2. Mikail
Allah ta’aalaa berfirman:
مَنْ كَانَ عَدُوًّا لِلَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَرُسُلِهِ وَجِبْرِيلَ وَمِيكَالَ فَإِنَّ اللَّهَ عَدُوٌّ لِلْكَافِرِينَ (98) [البقرة/98
Artinya: Barangsiapa yang menjadi musuh Allah, malaikat-malaikat-Nya, rasul-rasul-Nya, Jibril, dan Mikail, maka sesungguhnya Allah adalah musuh orang-orang yang kafir." (QS. 2:98)

3. Israfil
Rasulullah shallallahu 'alaihiwasallam bersabda:
اللَّهُمَّ رَبَّ جَبْرَائِيلَ وَمِيكَائِيلَ وَإِسْرَافِيلَ فَاطِرَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ عَالِمَ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ أَنْتَ تَحْكُمُ بَيْنَ عِبَادِكَ فِيمَا كَانُوا فِيهِ يَخْتَلِفُونَ اهْدِنِي لِمَا اخْتُلِفَ فِيهِ مِنْ الْحَقِّ بِإِذْنِكَ إِنَّكَ تَهْدِي مَنْ تَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ
Artinya: " Ya Allah , Rabb Jibril , Mikail , dan Israfil , Pencipta langit-langit dan bumi , Yang Maha Mengetahui perkara ghaib dan yang kelihatan !Engkaulah yang menghukumi diantara hamba-hambaMu di dalam apa yang mereka perselisihkan , tunjukilah aku kepada kebenaran dengan izinMu , sesungguhnya Engkau menunjuki siapa yang Engkau kehendaki menuju jalan yang lurus .( HR. Muslim 4 / 168 no : 1289 )

4. Malik
Allah ta'aalaa berfirman:
وَنَادَوْا يَا مَالِكُ لِيَقْضِ عَلَيْنَا رَبُّكَ قَالَ إِنَّكُمْ مَاكِثُونَ (77) [الزخرف/77
Artinya: Mereka berseru:”Hai Malik, biarlah Rabbmu membunuh kami saja”.Dia menjawab:”Kamu akan tetap tinggal (di neraka ini)”. (QS. 43:77)

5. Al-Munkar dan An-Nakir
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
إذا قبر الميت ( أو قال أحدكم ) أتاه ملكان أسودان أزرقان ( يقال لأحدهما المنكر والآخر النكير
Artinya: Apabila mayit dikuburkan (atau salah seorang diantara kalian), maka dia akan didatangi dua malaikat yang hitam, dan biru (matanya), yang satu bernama Al-Munkar dan yang lain bernama An-Nakir. (HR.At-Tirmidzy dan dihasankan Syeikh Al-Albany).

6. Harut dan Marut
Allah berfirman:
وَاتَّبَعُوا مَا تَتْلُو الشَّيَاطِينُ عَلَى مُلْكِ سُلَيْمَانَ وَمَا كَفَرَ سُلَيْمَانُ وَلَكِنَّ الشَّيَاطِينَ كَفَرُوا يُعَلِّمُونَ النَّاسَ السِّحْرَ وَمَا أُنْزِلَ عَلَى الْمَلَكَيْنِ بِبَابِلَ هَارُوتَ وَمَارُوتَ [البقرة/102

Artinya: Dan mereka mengikuti apa yang dibaca oleh syaitan-syaitan pada masa kerajaan Sulaiman (dan mereka mengatakan bahwa Sulaiman itu mengerjakan sihir), padahal Sulaiman tidak kafir (mengerjakan sihir), hanya syaitan-syaitan itulah yang kafir (mengerjakan sihir). Mereka mengajarkan sihir kepada manusia dan apa yang diturunkan kepada dua orang malaikat di negeri Babil, yaitu Harut dan Marut. (QS. 2:102). 

Di atas adalah diantara nama-nama malaikat yang kita ketahui berdasar dalil yang shahih, dan tidak boleh bagi seorang muslim menamai malaikat tanpa berlandaskan dalil yang shahih, seperti misalnya :

1. Izrail
Allah menyebutkan dalam Al-Quran malakul maut (malaikat pencabut nyawa ), namun tidak ada dalil yang shahih yang menunjukkan bahwa namanya Izrail .
Allah berfirman :
(قُلْ يَتَوَفَّاكُمْ مَلَكُ الْمَوْتِ الَّذِي وُكِّلَ بِكُمْ ثُمَّ إِلَى رَبِّكُمْ تُرْجَعُونَ) (السجدة:11
Artinya: Katakanlah:”Malaikat maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa)mu akan mematikan kamu; kemudian hanya kepada Rabbmulah kamu akan dikembalikan. (QS. 32:11)

2. Ridhwan
Allah menyebutkan dalam Al-Quran bahwa surga memiliki penjaga, namun tidak ada dalil yang shahih yang menunjukkan bahwa namanya Ridhwan .
Allah berfirman :
وَسِيقَ الَّذِينَ اتَّقَوْا رَبَّهُمْ إِلَى الْجَنَّةِ زُمَراً حَتَّى إِذَا جَاءُوهَا وَفُتِحَتْ أَبْوَابُهَا وَقَالَ لَهُمْ خَزَنَتُهَا سَلامٌ عَلَيْكُمْ طِبْتُمْ فَادْخُلُوهَا خَالِدِينَ) (الزمر:73)
Artinya: Dan orang-orang yang bertaqwa kepada Rabbnya dibawa ke surga berombong-rombongan (pula).Sehingga apabila mereka sampai ke surga itu dan dibuka pintu-pintunya, dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya:”Kesejahteraan (dilimpahkan) atas kalian, berbahagialah kalian! maka masuklah kalian ke dalam surga, sedang kalian kekal di dalamnya” (QS. 39:73)

3. Raqib ‘Atid
Sebagian menyangka bahwa ini adalah nama malaikat pencatat amal . Mereka berdalil dengan firman Allah :
)مَا يَلْفِظُ مِنْ قَوْلٍ إِلَّا لَدَيْهِ رَقِيبٌ عَتِيدٌ) (قّ:1
Artinya: Tiada suatu ucapanpun yang diucapkan melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir. (QS. 50:18)
Namun tafsiran yang benar adalah bahwasanya Raqib ‘Atid adalah sifat , bukan nama . Diantara makna Raqib : Hafidz ( yang menjaga ) , dan makna ‘Atid : Hadhir ( yang hadir ). (Lihat Tafsir Al-Qurthuby 17/11 )
Wallahu a’lam.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentarnya:
1. Gunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung
2. Jangan pakai link aktif/ spam
3. Iklan boleh, tapi 1 kali saja :)

>> Add FB Admin