Minggu, 19 Mei 2013

Tips Menghindari Mabuk Kendaraan

Assalamualaikum sobat nomor2,
Jumpa lagi dengan posting terbaru. Btw sobat nomor2 ada yang gemar bepergian gak? Terus maunya pusing, mual dan mau muntah akibat tak terbiasa bepergian naik kendaraan. Nah, berhubungan dengan postingan kali ini tentang menghindari mabuk kendaraan, saya memberikan beberapa tips supaya gak pusing melakukan perjalanan jauh naik kendaraan.
Check It Out !!
Mabuk kendaraan.. *,*

   Makan dan minum cukup sebelum berangkat
Sebelum melakukan perjalanan jauh naik kendaraan, disarankan agar makan dan minum cukup tapi tidak kekenyangan. Makanan dan minuman yang kita komsumsi akan berguncang di dalam lambung saat kendaraan melaju. Perut yang kekenyangan rentan untuk dimuntahkan oleh lambung. Hindari juga makanan yang asam, jus, sayur atau makanan yang sulit dicerna.

   Menghisap permen
Permen dengan rasa jahe, mint atau rasa jamu akan melegakan tenggorokan juga lambung. Maka siapkan permen dengan rasa-rasa itu untuk dihisap perjalanan anda.

   Minum minuman berkarbonasi.
Minuman seperti sprite atau cola (biarin menyebut merk) dapat mencegah dari rasa mual dan mabuk. Tapi jangan banyak-banyak karena minuman tersebut sejatinya tak baik untuk kesehatan. Ada yang  menyebutkan kalau cara ini malah mengakibatkan muntah, tapi kalau pengalaman admin pribadi hal ini berhasil.

   Jangan banyak membaca
Saat kita membaca majalah atau buku di dalam mobil yang melaju tentu kita akan merasa pusing dan mual. Hal itu dikarenakan indera kita yang tertuju pada tulisan yang kita baca namun indera kita yang lain menangkap sesuatu yang berbeda seperti laju mobil, suara bising kendaraan dll. Maka berbagai macam informasi berubah-ubah  mengakibatkan ketidak seimbangan dalam otak dan pada akhirnya  membuat mabuk. Oleh karena itu disarakankan agar tidak terlalu fokus membaca lama-lama saat dalam kendaraan.

   Melihat pemandangan lewat jendela
Salah satu cara paling mudah menghindari mabuk dalam kendaraan yaitu melihat pemandangan sekitar. Karena pikiran kita bisa merasa fresh apabila indera mata hanya terfokus pada sesuatu yang kita lihat dan pikirkan.

   Hindari AC kalau belum terbiasa
Beberapa orang mengalami mabuk kendaraan dikarenakan AC (Air Conditioner). Udara dingin yang dihembuskan dari AC terkadang membuat orang merasa mual. Oleh karena itu, kalau belum terbiasa dengan AC lebih baik tutup katup AC kendaraan yang berhembus dari atas.

   Menikmati Musik 
Mendengarkan suara musik sambil memejamkan mata akan memfokuskan diri supaya lebih rileks dan tenang, sehingga mual tidak akan terasa.

   Minum obat anti mabuk
Minumlah obat anti mabuk yang mudah didapat di warung atau apotek. Minumlah obat sesuai dosis yang dianjurkan.

   Jika merasa muntah jangan ditahan
Orang yang merasa mual ibaratnya bom waktu. Maka jika merasa mau muntah sebaiknya jangan ditahan dan muntahkan saja pada wadah/ plastik yang tersedia. Biasanya setelah muntah selesai, pikiran untuk mual tidak akan terasa kembali.

   Oleskan minyak atau balsem 
Dengan mengoleskan minyak atau balsam ke perut mengakibatkan rasa hangat dan mencegah mual (tapi kalau tidak tahan panas lebih baik jangan). Bau-bauan dari minyak kayu putih juga dapat mengurangi rasa mual.

Itulah tips-tips untuk menghindari mabuk dalam kendaraan yang saya dapat dari internet dan pengalaman pribadi. Kalau ada tips lain silahkan pos di komentar, Terima kasih.. ^^

Referensi:
http://dna-unik.blogspot.com/2011/07/cara-menghindari-mabuk-darat.html
http://forum.kompas.com/travel/175296-mabuk-perjalanan-penyebab-tips-mencegah-dan-mengatasinya.html
Comments
20 Comments

20 komentar:

  1. Jika tanda2 mulai mabok mau muntah segera hirup bau aroma kopi bubuk. hal lain pencetus penyebab mabok yaitu bau solar atau bensin dari kendaraan serta kepadatan penumpang berdesakan shg udara tidak fresh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh gitu ya.. teknik baru nih menghirup aroma kopi bubuk, tapi apakah gak bahaya nih, terutama yg punya penyakit asma gitu?

      Hapus
    2. cara ini sangat manjur dan aman, hirup sewajarnya seperlunya tidak berlebihan jangan sampai bubuknya menempel dihidung ntar malah bersin batuk. Aku sendiri py penyakit asma apalagi dulu pas erupsi Merapi banyak abu vulkanik. jika sedang sesak napas cara ini tidak dianjurkan dan sebaiknya jangan memaksakan diri bepergian kecuali darurat.

      Hapus
    3. Betul itu sob, harus berhati-hati jika memiliki penyakit tertentu.. sama kayak aku dulu pas kecil pernah sakit bronkitis, jadi kalo nangis nafasnya nyendat2..

      Hapus
  2. wah keren ni tipsnya mas sangat bermanfaat..makasih ya

    BalasHapus
  3. mas, sebaiknya yang tips minum minuman berkarbonasi gak dimasukin deh, soalnya waktu kecil pernah mabuk perjalanan trus minum cola, eh beberapa menit kemudian colanya malah keluar(muntah)...dan bukan cuma keluar dari mulut, tapi dari idung juga....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh gitu ya, soalnya saya sudah sering coba cara itu dan berhasil. Beberapa sumber web juga mengatakan yg sama. Saya beri keterangan aja ya, memang muntah itu juga bisa keluar dari hidung..

      Hapus
  4. Nurul tak suka carbonated drink, Aroma kopi memang wangi, Nurul suka tapi tak bole bau, nanti kepala peninggg sangat, juga tak bole minum yang ada campuran kopi, tapi alhamdulillah, Nurul tak mudah mual/pening bila naik kereta/flight..^^ cepat je rasa ngantuk.. haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh begitu ya Cik Nurul.. saya juga tak suka carbonated dink, mungkin buat naik kendaraan jauh sahaja saya minum tu..
      Same juga saya tak mudah mual, tapi kalau naik Bus pakai AC yang dingin sangat bisa membuat pening dan mual..

      Hapus
    2. Ada pro n kontra nya kn?.. tak bole yang ini tapi bole yg itu, tak bole yang itu tapi bole yang ini... Allah itu Maha Adil^^

      Hapus
    3. Iye Cik Nurul supaya kita tahu mana yang terbaik buat kita ^^

      Hapus
  5. Liat keluar jendela klo naik bus pariwisata malah pusing sob,pohon2 kliatannyaa bsa jalan.Tpi tipsnya boleh juga nih gan
    Cloudly~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh gitu ya, emang terkadang bisa juga gitu kalo gak biasa..
      Boleh dipraktekkan..
      Siiiippppsssss ^^

      Hapus
  6. Ok siip! ternyata tips sederhana membawa manfaat luas, satu lagi tips biasanya kalau terlalu lama duduk atau terlalu lama berdiri punggung dan pinggang akan terasa pegal atau spt encok sebenarnya itu adalah penanda bahwa tubuh mulai kekurangan cairan shg nutrisi tidak menyebar sempurna maka tubuh akan mengambilnya dari bagian belakang punggung karena itu minum air dianjurkan dlm perjalanan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, cuma share pengalaman doang kok..
      Oh begitu ya, jika perjalanan jauh dianjurkan bawa cadangan minuman air putih biar tidak kekurangan cairan..
      Terima kasih atas sarannya ^^

      Hapus
    2. Sama aku jg cuma berbagi pengalaman utk melengkapi artikelmu, sebenarnya masih banyak tips bermanfaat yg blm kubeberkan yg mungkin dianggap teknik baru tapi udah lupa karena udah lama. kadang baru ingat saat ada masalah spt masalah ttg mengatasi mabok perjalanan(baru ingat kopi setelah baca artikelmu). mungkin ntar kalau baca artikelmu yg lain kalau ingat akan ku ceritakan. nih salah satu yg kuingat jika terkena gigitan ular berbisa utk langkah darurat saat kemah di pegunungan jauh dari RS, segera ikat kencang bagian tangan atau kaki yg digigit agar racun tidak menjalar lalu cari debok(tangkai daun pisang) tempelkan pd bagian yg digigit fungsinya utk menyerap racun biasanya hitam ulangi terus pakai debok baru sampai berwarna merah kembali sambil kasih minum air kelapa hijau. Jika tidak ada kelapa hijau tetap upayakan cari sambil menunggu bantuan.

      Hapus
    3. Oh begitu ya, salah satu cara jika hidup survival di hutan harus tahu tentang ini.. Air kelapa hijau memang terkenal khasiatnya untuk menangkal racun.. perlu bawa ini juga jika ada kegiatan survival.. makasih

      Hapus

Terima kasih atas komentarnya:
1. Gunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung
2. Jangan pakai link aktif/ spam
3. Iklan boleh, tapi 1 kali saja :)

>> Add FB Admin