Minggu, 23 September 2012

WIJEN - Biji Wangi Kaya Kalsium

Wijen, taburan Onde-Onde khas Mojokerto
Wijen mungkin lebih sering dikenal sebagai taburan pada kulit camilan onde-onde.  Atau biji dan minyaknya sering dijadikan pemberi aroma harum pada masakan seafood atau hidangan oriental. Dibalik rasa dan aromanya yang wangi, ternyata wijen menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan.

Wijen (Pedaliaceae) diperkirakan berasal dari benua Afrika dan menyebar ke kawasan Asia dan berkembang menjadi salah satu unsur penyedap dan penambah aroma masakan di kawasan Asia. Selain dimanfaatkan untuk membuat makanan, masih banyak banyak orang yang belum tahu manfaat biji wijen yang ternyata luar biasa.

Melalui sejumlah penelitian, terungkap berbagai kandungan wijen yang kaya manfaat. Diantaranya golongan gliserida (asam oleat, linoleat, palmitat, stearat, mristinat, sesamin, sesamol, lignans, protein, prantosa, hingga vitamin A, B1 dan E). Keseluruhan kandungan ini, membuat wijen punya banyak manfaat yang secara umum bisa digolongkan ke dalam dua hal, yaitu untuk perawatan dan pengobatan.

Untuk perawatan, wijen punya khasiat mencegah kerontokan rambut, penuaan, kanker, hipertensi, stroke, dan penyakit degeneratif lainnya. Kandungan antioksidannya yang tinggi membuat wijen punya seluruh kemampuan itu.

Sedangkan untuk pengobatan, wijen bermanfaat menyembuhkan batuk, sakit perut, diare, kencing manis, sembelit, rematik, sakit kepala, hingga luka.  Wijen juga punya kemampuan untuk meningkatkan kinerja liver, serta menambah stamina.

Selain wijen putih yang kaya manfaat, terdapat juga wijen hitam yang lebih kaya kandungan zinc (seng) dan mangan yang bermanfaat untuk kesehatan gusi.  Kandungan kalsiumnya juga sangat tinggi. Dalam 100 gram biji wijen terkandung 1.125 miligram kalsium. Coba bandingkan dengan 2 gelas susu sapi segar yang hanya mengandung 600 miligram kalsium. Jadi mengunyah biji wijen sangat baik untuk kesehatan gigi, membersihkan plak dan merangsang pembentukan email gigi.

Kandungan lignans dalam biji wijen merupakan antioksidan kuat yang punya manfaat sebagai zat anti kanker dan fitosterol yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol.  Nah, anda tak tergiur dengan seluruh manfaat wijen ?? Yuuuk...bubuhkan wijen pada masakan sehari2 kita.  Selamat mencoba ..

Sumber :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentarnya:
1. Gunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung
2. Jangan pakai link aktif/ spam
3. Iklan boleh, tapi 1 kali saja :)

>> Add FB Admin