Selasa, 13 November 2012

10 Cara Belajar Efektif Saat Mau Ujian

Jika kamu tipe orang yang belajari jika ada ujian, tes atau ulangan saja mungkin tips berikut cocok buat kamu. Tak hanya itu supaya siswa yang sudah rajin belajar diharapkan lebih giat dengan tips ini. Namun jangan pernah lupa bahwa yang berkuasa memberi kita petunjuk hanya Allah Ta'ala, tanpa hidayah Allah kita tak akan pernah bisa mengerti ilmu-ilmu yang mau kita pelajari. Oleh karena itu selalu awalilah belajar dengan berdoa kepada Allah. Bismillah..
Semangat Kakak !!!

1. Pilih Waktu Belajar yang Tepat
Waktu belajar yang paling pas adalah pada saat badan kita masih segar. Memang tidak semua orang punya waktu belajar yang sama. Tapi biasanya, pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berkonsentrasi penuh. Gunakan saat ini untuk mengolah materi-materi baru. Sisa-sisa energi bisa digunakan untuk mengulang pelajaran dan mengerjakan pekerjaan rumah. Saat suasana hati menyenangkan juga baik digunakan untuk belajar.

2. Bangun Suasana Belajar Yang Nyaman
Banyak hal yang bisa buat suasana belajar menjadi nyaman. Kita bisa pilih lagu yang sesuai dengan mood kita. Tempat belajar juga bisa kita sesuaikan. Kalau sedang bosan di kamar bisa di teras atau di perpustakaan. Kuncinya jangan sampai aktivitas belajar kita mengganggu dan terganggu oleh pihak lain.

3. Belajar Bisa Dari Mana Saja dan Kapan Saja
Jangan terpaku oleh buku, belajar bisa lewat koran, majalah, televisi atau internet. Coba cari  beberapa materi yang belum ada di buku lewat internet. Dari situ kamu dapat mengetahui kekurangan buku dan menambah wawasan yang belum diketahui oleh orang lain selain kamu. Belajar juga bisa kapan saja, bila lagi santai pagi hari juga cocok untuk belajar, karena otak kita lebih fresh menerima materi dan yang terpenting bisa mengantisipasi bila malam hari terjadi mati lampu.

4. Mencatat Pokok-Pokok Pelajaran
Tinggalkan catatan pelajaran yang panjang. Ambil intisari atau kesimpulan dari setiap pelajaran yang sudah dibaca ulang. Kata-kata kunci inilah yang nanti berguna waktu kita mengulang pelajaran selama ujian.

5. Membaca Adalah Kunci Belajar
Supaya kita bisa paham, minimal bacalah materi baru dua kali dalam sehari, yakni sebelum dan sesudah materi itu diterangkan oleh guru. Karena otak sudah mengolah materi tersebut sebanyak tiga kali jadi bisa dijamin bakal tersimpan cukup lama di otak kita.

6. Belajar Itu Memahami Bukan Sekedar Menghapal
Ya, fungsi utama kenapa kita harus belajar adalah memahami hal-hal baru. Kita boleh hapal 100% semua detail pelajaran, tapi yang lebih penting adalah apakah kita sudah mengerti betul dengan semua materi yang dihapal itu. Jadi sebelum menghapal, selalu usahakan untuk memahami dulu garis besar materi pelajaran.

7. Hapalkan Kata-Kata Kunci
Kadang, mau tidak mau kita harus menghapal materi pelajaran yang lumayan banyak. Sebenarnya ini bisa disiasati. Buatlah kata-kata kunci dari setiap hapalan, supaya mudah diingat pada saat otak kita memanggilnya. Misal, kata kunci untuk nama-nama warna pelangi adalah MEJIKUHIBINIU, artinya merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu.

8. Kembangkan Materi Yang Sudah di Pelajari
Kalau kita sudah mengulang materi dan menjawab semua soal latihan, jangan langsung tutup buku. Cobalah kita berpikir kritis ala ilmuwan. Buatlah beberapa pertanyaan yang belum disertakan dalam soal latihan. Minta tolong guru untuk menjawabnya. Kalau belum puas, cari jawabannya pada buku referensi lain atau internet. Cara ini mengajak kita untuk selalu berpikir ke depan dan kritis.

9. Latih Sendiri Kemampuan Kita
Sebenarnya kita bisa melatih sendiri kemampuan otak kita. Pada setiap akhir bab pelajaran, biasanya selalu diberikan soal-soal latihan. Tanpa perlu menunggu instruksi dari guru, coba jawab semua pertanyaan tersebut dan periksa sejauh mana kemampuan kita. Kalau materi jawaban tidak ada di buku, cobalah tanya ke guru.

10. Sediakan Waktu Untuk Istirahat
Belajar boleh kencang, tapi jangan lupa untuk istirahat. Kalau di kelas, setiap jeda pelajaran gunakan untuk melemaskan badan dan pikiran. Setiap 30-45 menit waktu belajar kita di rumah selalu selingi dengan istirahat. Kalau pikiran sudah suntuk, percuma saja memaksakan diri. Setelah istirahat, badan menjadi segar dan otak pun siap menerima materi baru.

Satu lagi, tujuan dari ulangan dan ujian adalah mengukur sejauh mana kemampuan kita untuk memahami materi pelajaran di sekolah. Selain menjawab soal-soal latihan, ada cara lain untuk mengetes apakah kita sudah paham suatu materi atau belum. Coba kita jelaskan dengan kata-kata sendiri setiap materi yang sudah dipelajari. Kalau kita bisa menerangkan dengan jelas dan teratur, tak perlu detail, berarti kita sudah paham.

Sumber :
Comments
10 Comments

10 komentar:

  1. Nomer 3 dan 8 sama, aku belajar kapan aja aku mau bahkan saat bermain sambil bawa catatan kecil rata2 sekitar 10 menit, dulu gak ada internet jadi sering baca koran dan nonton tv utk menambah wawasan (kadang jawaban soal ujian ada ditv). Hindari belajar cuma malam aja utk antisipasi listrik padam dan jangan lupa berdoa dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih atas koreksinya.. ^^
      Boleh dicoba tuh caranya,, buat ganti yg nomor3

      Hapus
  2. Wah, cara belajarnya ms Huda ternyata sangat efektif, belajarnya terasa ringan beda banget jika belajar pakai waktu khusus hingga 1-2 jam, wow tiap saat cuma belajar 10 menit aja hasilnya dpt mengalahkan 4 kelas (lihat komentarnya di artikel etika muslim saat berada dijalan)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke terima kasih komentarnya.. ^^

      Hapus
  3. Eee... ternyata ada yg menyimak komenku ta, smoga bisa mempermudah dlm belajar, selain itu belajar kelompok jg bagus krn kita bisa saling sharing ttg hal2 yg blm dipahami tapi ada satu hal sangat penting yg terlewatkan ms Wahyu Yaitu berdoa sebelum mulai belajar (perlu dicantumkan diawal). Ok semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  4. Kasih 4 jempol deh buat ms Huda, cara belajarnya benar2 jitu jadi mudah belajarnya. komentar2nya juga bagus,jadi penasaran cowok dari mana ya? He he,mungkin naksir dikit. Maaf cuma canda utk mengurangi stres.

    BalasHapus
  5. He he, ms Wahyu jadi bingung jawabnya tu. Gabungan antara artikel dari mas Wahyu dg komentar dari ms Huda jadi info menarik yg inspiratif sangat bermanfaat. Teruskan ya akang berdua!!. Tapi setelah baca komentar2nya kayaknya ms Huda emang keren, eh Aku kok jadi ikutan naksir ya? Maafkan semuanya ya,yg penting maksudnya baik. Dijawab pakai canda jg gak apa2 kok tp jangan TANDA:??? hehe damai aja.

    BalasHapus

Terima kasih atas komentarnya:
1. Gunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung
2. Jangan pakai link aktif/ spam
3. Iklan boleh, tapi 1 kali saja :)

>> Add FB Admin