Selasa, 20 November 2012

Hewan-hewan Unik Yang Ditemukan Di Dunia

Sambil berselancar di internet kali ini admin mengambil beberapa foto hewan yang berbentuk unik dan jarang ada yang tahu. Mau tahu hewan-hewan itu? Langsung saja..

Paus Unicorn

Dari sekian spesies paus di dunia, terdapat satu jenis paus berkarakteristik unik bernama paus unicorn. Paus ini memiliki gigi mencuat layaknya tanduk unicorn, hewan mistis dunia khayalan. Hewan yang berbobot sekitar 2.200 hingga 3.500 pon ini memiliki tanduk sepanjang delapan kaki yang mencuat dari sisi kiri rahang bagian atas. Belum lama ini, sejumlah ilmuwan mengetahui tanduk tersebut dilengkapi sejumlah sel saraf super sensitif yang diduga kuat berfungsi mengetahui kadar garam dalam air dan untuk mencari makan, benar-benar unik.

Beruang Air 
Tardigrades (dikenal dengan Water Bears / Beruang Air) merupakan bagian dari supefilum Ecdysozoa, filum Tardigrada . Ukurannya sangat kecil, hidup di air, dengan kaki berjumlah delapan. Tardigrades pertama kali dideskripsikan oleh Eprhaim Goeze pada tahun 1773.

Nama Tardigrades berarti “pejalan lambat” yang diberikan oleh Spallanzani (1777). Panjang tubuh tardigrades dewasa adalah 1,5 mm, paling kecil ukurannya 0,1 mm, larvanya berukuran 0,05 mm. Tardigrades bisa ditemukan di semua bagian dunia, mulai dari puncak Himalaya hingga di dasar samudera, dan dari kutub hingga di bagian ekuator. Tempat yang paling disukai di tempat berganggang. Di pantai, tanah maupun di air dapat dijumpai binatang mini ini.

Katak Meksiko 
Selain dapat tidur dalam tanah bertahun-tahun tanpa air dan makanan, katak bawah tanah asal Meksiko ini memiliki keunikan lain. Program konservasi global bernama EDGE of Existence mengklasifikasikan hewan ini sebagai hewan evolusioner dunia. Pasalnya, hewan ini hampir tidak memiliki hubungan kemiripan genetik dengan makhluk hidup apa pun di dunia.
Sea Pig (Babi Laut)
Sea Pig adalah makhluk laut yang dikatakan terkait dengan teripang. Organisme ini sekitar empat inci panjang dan memiliki sekitar sepuluh tentakel. Mereka tidak persis berenang melainkan marayap di dasar laut . Mereka mendeteksi makanan dengan aroma. Mereka bernama 'babi laut' karena warna kulit merah muda mereka sangat menyerupai babi. Mereka makan partikel organik terjebak dalam lumpur dan mereka mengikis dengan tentakel mereka. 

Chinese Giant Salamander
Dikatakan bahwa salamander ini tetap sama selama 30 juta tahun terakhir dan juga salamander terbesar di dunia saat ini. Hewan ini dapat ditemukan di danau cina. Ia dapat tumbuh hingga 73 inci panjang dan dapat hidup selama delapan puluh tahun. Salamander memiliki mata yang sangat kecil sehingga pada dasarnya menggunakan indera lain untuk mendeteksi mangsa. Salamander Raksasa Cina adalah makhluk nokturnal dan memakan kepiting, ikan, katak dan udang. 

King Of Herring
Anda dapat menemukan ikan ini di perairan yang dalamnya 300 sampai 1000 meter dasarnya setiap lautan dunia. Biasanya ia menetap di perairan dalam dan saat-saat ia mucul ke permukaan biasanya sudah mati. Ikan ini bisa mencapai sekitar 16 meter panjangnya dan Anda tahu bahwa mitos yang mengatakan ada ular laut raksasa? Hal ini mengatakan bahwa desas-desus mungkin bercabang Pada King Of Herring.

Ular Air Bertanduk
Spesies air unik asal Asia Tenggara itu tidak terancam punah, tapi hanya ada sedikit informasi yang dimiliki tentang mereka. Hewan tersebut, yang memiliki nama ilmiah Erpeton tentaculatus, memiliki ukuran relatif kecil, sekitar 50-90 cm. Mereka adalah satu-satunya ular yang memiliki tanduk peraba di bagian kepala, yang memungkinkan reptil itu merasakan getaran ikan yang berenang di dekat mereka.

Glass Frog
Kodok tropis Amerika ini sangat sangarr karena kulitnya yang transparan yang membuat mereka menjadi bahan pembelajaran anatomi katak yang hidup (tanpa harus dibedah dulu..). Organ-organ dalamnya sangat terlihat jelas seperti jantung dan organ pencernaannya. Katak kaca tinggal di antara pohon-pohon dan tanaman hutan pegunungan yang lembab di Amerika Tengah dan Selatan. Di pegunugan yang lebih tinggi, hutan hujan disebut hutan awan karena pohon-pohon hampir selalu tertutup awan. Katak kaca sebagian besar aktif di malam hari, yang membuat mereka sangat sulit untuk dilihat oleh predator.

Ulat hemeroplanes 
Sangat jarang dilihat dan hanya ditemukan di hutan hujan tropis di Mexico dan Amerika Tengah, makhluk kecil ini biasanya terlihat normal dan memiliki warna yang membosankan, tetapi jika diancam oleh predator, ia akan berubah menjadi luar biasa, ia menggantung dari sebuah cabang dengan kaki belakangnya, dan mengangkat bagian depan badannya, sampai terlihat persis seperti ular berbisa yang siap mengeluarkan bisanya. Bukan hanya mengancam, tetapi ia benar-benar akan menyerang musuhnya. Ulat Hemeroplanes ini belum banyak diketahui, dan yang menyedihkannya, hewan ini terancam eksistensinya karena penggundulan hutan.

Satanic Leaf-Tailed Gecko
Uroplatus phantasticus atau di bahasa indonesianya Tokek setan ekor daun, Evolusi telah membuat hewan ini menyerupai daun yang sudah kering. Binatang ini mendapat julukannya karna mempunyai tanduk di atas kepalanya dan ekornya berbentuk daun kering. Tokek setan ekor daun berproduksi dengan cara betelur. Mereka dapat mengubah tubuhnya menjadi warna hijau, kuning merah jambu dan coklat. Tokek ini adalah salah satu hewan unik dari Madagaskar. Sementara mereka merapatkan badan mereka ke batang pohon dan tertidur dengan kepala menghadap ke bawah, tubuh mereka segera menyesuaikan warna dengan sekitarnya. Hewan ini aktif pada malam hari dan tidur siang hari. Makanan favorit hewan ini adalah serangga.

Sumber :
Comments
10 Comments

10 komentar:

  1. Serangga hijau metalik dijogja sering disebut "Samber lilin" kok gak masuk ya? Kabarnya dinegara lain sudah dianggap punah shg cuma ada di museum alam (kondisi diawetkan).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah ku search.. Sepertinya memang hampir punah, hewannya unikk matanya kayak Kamen Rider RX.. hehe

      Hapus
  2. Emang keren, beberapa orang malah mengira disemprot pakai cat krn baru pertama kali melihatnya. Ditempatku terakhir terlihat sekitar 7 bulan yg lalu gak tau makanannya apa jika ketangkep bingung memeliharanya. Kalau dijual hidup harganya 500 rb sampai 2 jt sedangkan jika mati harganya sekitar 150 rb. Di dunia perdukunan sering memakai serangga ini utk berbagai keperluan mistik. He he kayaknya di artikel sebelah banyak yg penasaran padaku ya!jawab aja aku anak Jogja misterius.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya cepet abis, mahal banyak yg nyari sih..

      Hapus
  3. Ditempatmu sebutannya apa ya? pernah liat langsung blm?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak ada sih, cuma ada serangga kepik biasa yg warnanya ada metaliknya..

      Tapi sekarang juga hampir punah kayaknya, biasa hidup di pinggir kali gitu..

      Hapus
  4. Dulu sering kutemui dipohon jeruk bali yg sedang gugur daunnya kadang jg ada di pohon randu.Hewan ini tergolong jinak tidak menggigit saat kecil sering kujadikan mainan menghibur lalu jika udah bosan dilepas lagi, sekarang jarang terlihat bukan karena diburu tp kondisi habitatnya gak cocok(pohon2 tsb udah banyak yg ditebang jg cuaca yg panas)kalau didaerah lain mungkin krn diburu. terakhir terlihat dekat sungai yg masih rimbun pohonnya sedangkan kura2 sungai sering diburu ukurannya besar sekitar 1 meter jika berenang jari kaki bisa putus jika digigit dekat bendungan besar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya penebangan liar apa bukan dapat mengganggu ekosistem yg ada di di alam..

      Hapus
  5. Kalau kepik emas kayaknya masih ada tapi di tempat lain udah jarang, sering nempel di daun tanaman bunga terompet, dulu sering dipakai adik utk mainan ditaruh dibaju jadi menarik kelap kelip keemasan kulitnya agak keras. Nama ilmiahnya kepik emas dan samber lilin sampai kini blm tahu perlu didaftarkan namanya tapi gak tahu kemana biar dikenal luas secara internasional.Semacam badan yg menaungi ttg hewan yg dilindungi gitu mungkin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semakin kecil lahan hutan maka semakin punah pula kekayaan fauna di Indonesia, seperti samber lilin mungkin memang saatnya dilestarikan kembali..

      Hapus

Terima kasih atas komentarnya:
1. Gunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung
2. Jangan pakai link aktif/ spam
3. Iklan boleh, tapi 1 kali saja :)

>> Add FB Admin