Rabu, 21 November 2012

Tips Mengeringkan Cucian Saat Musim Hujan

Cucian belum kering kena hujan..
Pakaian yang belum kering  sempurna kerap membuat baju jadi berbau tak sedap. So,biar baju bisa kering meski hujan mengguyur, coba deh tips berikut ini :

Buat Yang Pakai Mesin Cuci 
Tombol spinner
Buat yang punya mesin cuci, gak ada salahnya lho memaksimalkan tombol spinner. Begitu mesin cuci selesai mencuci, buat putaran sekali lagi karena ini bisa memeras lebih banyak air sehingga pengeringnya tidak perlu terlalu lama. Jika mesin cuci tergolong model lama (bukan satu spinner), masukkan pakaian dalam pengering lalu putar dengan aturan tertinggi. Tapi cara ini memang menguras pengeluaran listrik lebih banyak.

Perhatikan volume pakaian
Sesuaikan baju yang hendak dikeringkan dengan kapasitas pengeringnya  (tidak telalu penuh/ banyak atau tidak juga terlalu sedikit) agar udara panas yang dikeluarkan bisa bekerja dengan baik

Jangan campur bahan berat dan ringan
Pisahkan jenis pakaian yang berat dan ringan karena bisa membuat pakaian yang lebih ringan jadi sulit kering. Adapun jenis pakaian berat antara lain : handuk, jeans, jaket dll.

Manfaatkan handuk kering
Handuk kering bisa membantu menyerap kelembaban. Tinggal masukkan saja handuk kering beserta pakaian yang basah di dalam pengering.




Cara manual tanpa mesin cuci  
Gunakan Hair Dryer, Kipas Angin
Meski gak terlalu dianjurkan karena pasti tagihan listrik bakal naik, sekali-sekali boleh mengeringkan baju dengan hair dryer atau kipas angin (untuk darurat). Caranya gantung baju menggunakan kastok, beri angin-angin dari kipas angin. Kalau bisa digantungnya dekat jendela supaya dapat angin juga dari luar.

Disetrika
Jika baju masih agak basah atau lembab, bisa di setrika sampai kering, tapi awas lho, jangan keseringan juga karena bisa bikin baju gak awet.
Caranya ambil pakaian yang kering usahakan tipis lebar sebagai penyerap pakaian basah. Kemudian pakaian yang basah letakkan diantara pakaian kering, lalu disetrika pada permukaaan pakaian yang kering. Sehingga air dari pakaian yang basah meresap masuk ke dalam pakaian yang kering.

Gimana? Ada masukan dari pembaca? Semoga bermanfaat..

Sumber :
Comments
5 Comments

5 komentar:

  1. Bagian belakang kulkas cukup panas tinggal taruh aja didekatnya pasti kering(dirumah biasa pakai utk mengeringkan sepatu)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, cuma gak muat biasanya mepet tembok..

      Hapus
    2. kalo gak muat, simpen diatas kompor.. hehe

      Hapus
    3. ide yg bagus, kalo mau bajunya bolong.. ^^

      Hapus
    4. siip gan tips nya, tapi lebih cepat lagi kalau mengeringkan baju dengan menggunakan dryer gas, heheh lebih hemat listrik lho..!!

      mau tau belinya di mana?
      yuk klik di h

      www.laundryplasa.com

      kualitas terjamin…….!!!!!

      Hapus

Terima kasih atas komentarnya:
1. Gunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung
2. Jangan pakai link aktif/ spam
3. Iklan boleh, tapi 1 kali saja :)

>> Add FB Admin