Jumat, 22 Februari 2013

Apa Arti Gelar Singkatan Lc?

Assalamualaikum,
Beberapa waktu lalu saat sholat jum'at saya menjumpai Ustad bergelar Lc. Beberapa pula di dalam buletin jum'at ada pula orang-orang yang menyematkan gelar Lc dibelakang nama mereka. Lantas apakah arti dari gelar Lc itu? Mungkinkah Learning Center? Itu hanya perkiraan saya sendiri. Hal itu mengiang di pikiran saya untuk mencari tahu apakah sebenarnya arti dari Lc.

Setelah berselancar di internet beberapa sumber mereka-reka bahwa Lc adalah singkatan dari lulusan Cairo atau juga Langsung Ceramah dan bahkan ada yg menyebut Lucu. Ya, saya rasa ini cuma kata slank dari Lc  karena banyak orang yang salah presepsi mengenai hal itu. Mungkin karena kata Lc identik dengan orang yang telah lulus dari kawasan Timur Tengah seperti Mesir. 

Hatta Syamsuddin di  dalam webnya menyakini bahwa Lc adalah sebutan bagi lulusan universitas Timur Tengah dan termasuk di dalamnya adalah LIPIA (Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab Jakarta) Jakarta. Intinya mereka yang belajar bahasa arab dan syariah di kampus luar negri atau LIPIA itulah yang disandangkan gelar Lc padanya.

Gelar 'Lc' sendiri bukan singkatan dari Bahasa Arab, tetapi berasal dari istilah bahasa Inggris, yaitu Licence, yang bisa diartikan sebagai gelar sarjana strata satu. Walaupun demikian di Arab gelar S1 dann S2 jarang sekali disematkan di belakang nama seseorang, sedangkan gelar S3 merupakan yang paling sering dicantumkan. 

Selain Licence untuk jenjang S1 juga disebut dengan Bakalurios (Bachelor). Gelar tersebut bukan hanya untuk lulusan bagi seseorang yang mempelajari bahasa Arab atau Syariah tetapi juga untuk bidang lain semisal Teknik dan Komputer.

Mengapa gelar Lc bukan dari bahasa Arab?
Jawabannya karena jaman dulu Arab merupakan negara jajahan inggris sehingga mewariskan beberapa istilah khusus. Seperti di Indonesia yang juga mempunyai beberapa kata serapan yang berasal dari Belanda, misalnya Drs. (Dokterandus).

Pada akhirnya gelar Lc yang disematkan kepada alumni Timur Tengah dan LIPIA bukanlah sebuah gelar yang bisa dipertanggungjawabkan secara aturan perundang-undangan dan legalisasi di Indonesia. Gelar tersebut lebih sebagai penghargaan, husnudzhon sekaligus harapan dari masyarakat kepada para ustadz alumni LIPIA dan Timur Tengah.

Referensi;
http://www.indonesiaoptimis.com/2011/05/ada-apa-dengan-gelar-lc.html
Comments
6 Comments

6 komentar:

Terima kasih atas komentarnya:
1. Gunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung
2. Jangan pakai link aktif/ spam
3. Iklan boleh, tapi 1 kali saja :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...