Sabtu, 23 Februari 2013

Personal Blog or Commercial Blog

Tipe manakah blogmu?
Kali ini saya akan sedikit membahas tentang esensi dari seorang Blogger apakah dia membuat blog bertipe personal ataukah blog yang bersifat komersial. Selain itu apakah gabungan diantara keduanya, mari kita simak perbedaannya.

Personal blog
Personal blog adalah blog yang dimiliki oleh satu orang saja (one person) atau pribadi. Mempunyai ciri-ciri semisal bebas mau menuliskan apa saja sesuai dengan keinginannya, dapat dikatakan mempunyai keorsinilan tulisan menurut sudut pandang dia sendiri. Contoh yang mudah blognya berisi curhatan atau sharing tentang kesehariannya. Kalau didalam pelajaran bahasa Indonesia sudut pandangnya menggunakan istilah orang pertama karena memakai kata gue, aku, saya, ane dst. Jadi bisa dikatakan juga bahasanya tidak terlalu formal, entah itu kocak atau gaul.

Blog personal ada yang mengharapkan apa yang ia tulis dapat dibaca oleh orang lain, makanya pengaturan blognya dipilih for everyone (dipublikasikan). Ada pula yang settingannya dipilh only me (tidak dipublikasikan). Bagi yang dipublikasikan dia ingin menunjukkan kepada pembacanya This is me, my own character. If you like I’m glad.."

Selain itu untuk template, biasanya blog personal memiliki bentuk yang menarik. Mengundang pengunjung untuk berkata “templatenya bagus”. Beberapa foto author juga biasa terpampang di widget area untuk  menghiasi blog personal.

Commercial Blog 
Blog komersil lebih banyak terinspirasi dari blogger lain, misalnya dalam sharing berbagai berita dan peristiwa terkini, memberikan berbagai macam tips atau tata cara tentang blogging, memberikan link untuk download aplikasi atau software tertentu.

Tidak seperti personal blog, blog komersial lebih banyak aturannya. Sebut saja  dalam penulisan artikel, jika merasa mengambil ide dari tulisan orang lain, harus mencantumkan link sumber aktif karena kalau tidak akan dilaporkan ke google untuk dihapus blognya. Dengan tujuan komersilnya mereka berusaha dan bahu-membahu menaikkan rating blog dimata mbah google. Entah itu dengan bertukar link, berburu follower dan pengunjung, memakai software tertentu untuk mendapatkan backlink, mencatatkan aturan-aturan dalam copy paste artikel dan lain sebagainya.

Tentu hal ini bukan hal yang mudah, terutama untuk blogger yang newbie (baru pertama buat). Biasanya blogger pemula ini tidak tahu menahu bahwa ada artikel yang mempunyai hak cipta, tak asal copas tapi harus menyertakan link sumber bla.. bla.. bla.. Lantas kesalahan tidak dapat diletakkan sepenuhnya kepada blogger pemula bukan? Maklumlah kalau masih belum tahu.

Saya jadi berpikiran kalau ada peraturan seperti penghapusan blog, karena menyalahi aturan penulisan artikel, seharusnya domain blog mencantumkan juga tata cara memposting artikel dalam pendaftarannya. Supaya tak terjadi banjir artikel plagiat di mesin pencari.

Dalam sudut pandang template, biasanya blog komersial menggunakan tipe template SEO friendly. Apa itu SEO friendly? SEO Friendly berarti template yang dibuat menurut standar mesin pencari, untuk kriterianya pembaca dapat mencari sendiri di google. Satu kriteria misalnya loading harus cepat.

Paling membuat risih kalau membaca blog komersial itu banyak iklannya, maklumlah kalau untuk kepentingan promosi dan usaha tidaklah mengapa. Tetapi saya pernah menjumpai blog dengan artikel Islami tetapi tepat diatasnya ada gambar porno tentang obat kuatlah, pembesaran alat kelamin dan sebagainya. Masya Allah, sangat tidak pantas dan bisa juga menciderai makna artikelnya.

Apakah tipe blog anda?
Dari penjelasan tipe blog di atas, tipe apakah blog anda? Kalau blog saya ini bisa disebut semi blog komersial, karena awalnya ingin berbagi artikel tetapi ada hal-hal yang saya tulis sendiri. Tapi jujur saja walapun semi komersial saya juga sadar kalau artikel di sini tak akan pernah bisa menyamai rating blog-blog komersial dengan postingan artikel bertema unik, lucu, seks, berita dan sebagainya karena lebih menarik minat pembaca. Di sini saya mengedepankan artikel Islami dibanding artikel lainnya.

Kalau ada pendapat silahkan pos di komentar. ^^
Comments
26 Comments

26 komentar:

  1. Balasan
    1. Apa iya ukhti? makasih dah komen.. ^^

      Hapus
  2. hu'um om.. uda berkunjung kan yak td.. isinya amburadul curhatan2 ga jelas.. oia om.. itu brewoknya editan yak? kalo brewoknya diapus mungkin jayak jihoo di pilem korea bbf haghaghag

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak ada yg nglarang kok isinya curhatan.. itulah personal hehe ^^

      Iya editan, salah satu personel Boyband Suju bernama Kyuhyun, Kalo Jihoo itu nama aslinya Kim Hyun Joong, sepertinya ukhti ini gak begitu familiar sama lagu2 korek'an.. gpp It's OK ^^

      Hapus
  3. aq completely personal, yach.
    btw nih min, blogmu msh musim hujan nih?
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dah jelas punya mbak Leni ^^
      Soalnya masih musim hujan, kalau dah masuk musim semi baru ku ganti lagi.. ^^

      Hapus
  4. hwaaa ternyata mania korea yak.. aku sukanya cuma sm shinee n wondergirls, selebihnya ga tau dan ga begitu suka.. tapu kl pilemnya suka bangett.. oia, aku lebih suka lagu india, hahahaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tapi gak fanatik2 amet..
      Shine dan wonder girls lagunya juga enak2, punya beberapa hehe..
      India beberapa aku juga suka, kayak 3 idot dan mohabbatein hehe..

      Hapus
  5. sepertinya saya dua 2 nya nih gan,..

    BalasHapus
  6. saya lebih melirik personal branding blog
    meningkatkan merek pribadi sendiri untuk meningkatkan pemasukan komersial

    tentunya dengan ikatan antara komsumen dan pelanggan yang lebih kuat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pendekatan emosional lebih dipercayai oleh pelanggan,

      lanjutkan mas!

      Hapus
  7. saya random
    menggabungkan kedua nya :)
    pokoknya tulis dan posting apapun itu sesuka hati :D

    BalasHapus
  8. tema yang sama kalau yg menjabarkan si Agan yg satu ini pasti jadinya lebih menarik

    BalasHapus
  9. jadi tambah tau apa itu blog personal dan commercial..terima kasih mas admin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mas, makasih juga komentarnya... ^^

      Hapus
    2. definitely personal, i think

      http://mechadot.blogspot.com/

      Hapus
    3. Hmmm.. tokusatsu wannabe ^^

      Hapus
  10. 100% personal, tapi berharap punya yang commercial one day.

    BalasHapus

Terima kasih atas komentarnya:
1. Gunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung
2. Jangan pakai link aktif/ spam
3. Iklan boleh, tapi 1 kali saja :)

>> Add FB Admin