Kamis, 19 September 2013

Apa yang Dilakukan Rasulullah Setelah Bangun Tidur?

Assalamualaikum sobat nomor2,
Diantara sunnah Nabi yang perlu kita ikuti adalah ketika beliau bangun tidur. Tentang sunnah Nabi ketika mau tidur. Dan kali ini adalah tentang apa yang beliau lakukan setelah bangun dari tidur. Ini adalah sunnah Nabi yang mudah kita amalkan karena setiap hari kita pasti tidur bukan? Inilah yang Rasulullah SAW lakukan setelah bangun dari tidur.
Bayi sedang tidur.. Zzz

1. Begitu bangun dari tidur, beliau akan menyapu mukanya dengan tangan. Kemudian beliau membaca 10 ayat yang terakhir dari surah Ali-Imran.
Seperti apa yang disebutkan  dalam sebuah hadis yang artinya: “Setelah Rasulullah saw bangun dari tidur, maka beliau duduk dan mengusap wajahnya dengan tangan, kemudian beliau membaca 10 ayat yang terakhir dari surah Ali-Imran”. (Muttafaqun alaih)

2. Beliau berdoa:
      الحَمْدُ لِلّهِ الَذِي أَحْيَانَا  بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وإَلِيْهِ النُشُوْرُ
Yang berarti: “Segala puji bagi Allah menghidupkan setelah mematikan kami dan dia akan dikembalikan”. (Muttafaqun Alaih)

3. Beliau terus bersiwak (sikat gigi) dengan sempurna.
Dalam hadis yang berarti: Ketika Rasulullah saw bangun dari tidur, beliau akan membersihkan mulutnya dengan siwak. (Muttafaqun Alaih)

4. Beliau akan membasuh tangannya sebanyak 3 kali.
Rasulullah saw telah berkata: “Apabila salah seorang dari kamu bangun dari tidur, maka basuhlah tangan Anda terlebih dahulu 3 kali sebelum memasukkan kedua tangan di dalam wadah, karena kamu tidak tahu di mana tangan Anda berada ketika sedang tidur”. (Muttafaqun Alaih)

Kesimpulannya: Apabila Rasulullah saw bangun dari tidur, maka beliau terus membaca ayat suci Al-quran serta memuji kebesaran Allah swt. Ini adalah satu sunnah terbaik untuk kita amalkan pada setiap pagi. Kehidupan Rasulullah saw telah membuktikan bahwa setiap amalan kita selama sehari semalam adalah ibadah, seperti firman Allah Ta'ala:
“Dan (Ingatlah) Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah dan beribadah kepadaku”. (Adz-Dzariat ayat 56).

Sumber:
http://qeis-m.blogspot.com/2013/06/apa-yang-dilakukan-rasulullah-saw.html
Comments
27 Comments

27 komentar:

  1. bangun tidur melamun,,,, hehehehe,,,,

    makasih akhi atas share nya,,,,,,,
    no 1,,,, belum hafal ayatnya,,,, dan tidak pernah mengamalkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga pernah belajar do'a seetelah bangun tidur, tapi saya sudah lupa lagi, saya merasa malu :(

      Hapus
    2. @Maya : iya, biasanya diem dulu, ada prosesnya..
      dicoba aja hafalinnya.. ^^

      @Intan S. : doa bangun tidur sudah umum, mudah diingat kok Mas..

      Hapus
  2. jaman sekarang: bangun tidur ngecek hp, buka gadget browsing socmed.. hihii... makasih yaa ilmunya bermanfaat sekali.. dicoba molai besok subuh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe kabanyakan gitu ya Mbak.. Sama2 senang bisa berbagi

      Hapus
  3. Bangun tidur baca ayat suci Alqur'an belum pernah mempraktekkannya.
    Thanks buat tulisannya yang mengingatkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ini masalah kebiasaan yg ada tuntunannya ^^
      sama2 Bunda

      Hapus
  4. menyembah dan beribadah? luar biasa pasti ada makna tersembunyi dari ayat yang diatas, ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali, hanya untuk menyembah & beribadah dan yg lain sampingan..

      Hapus
  5. syukran, jazakallahu.., sdh mengingatkan *smile

    BalasHapus
  6. habis bangun tidur ane langsung ambil air wudhu sob... maklum sholat isya' ane biasanya pagi menjelang subuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kok bisa ya.. diusahakan sebelum tidur sholat Isya dulu

      Hapus
  7. Siwak?

    sejenis kayu buat membersihkan mulut ya 'kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali, terbuat dari bagian akar/ranting biasanya.. ^^

      Hapus
  8. baca doa bangun tidur kadang-kadang kelupaan mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, saya juga mas, insyaAllah mulai sekarang dibiasakan..

      Hapus
  9. dulu waktu masih SD saya rajin banget mengamalkan doa bangun tdur
    tapi skrg udh gak lagi
    begitu bangun, langsung ngecek HP
    hehehe
    makasih pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, berdoa setelah bangun tidur merupakan syariat Islam lhooo..

      Hapus
  10. Bagiku gak masalah sebab udah kebiasaan sejak kecil mau apapun doa dulu minimal basmallah (kalo gak hafal), aktivitas umum setelah doa bangun tidur merapikan selimut dan alarm jam, siwak mahal karena kayunya impor tapi rasanya memang lebih kesed dari pasta gigi umum. Weh-weh ternyata banyak yg pd lupa amalan sholeh masa kecil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sudah terbiasa pasti bermnfaat sekali ya sob ^^

      Hapus
    2. hoho..sudah pasti sob salahsatu manfaatnya jika biasa doa tiap hari yaitu senantiasa selalu dilindungi misal terhindar dari tersedak saat makan kalo ada yg iseng jahil bikin kaget, terhindar dari kecelakaan maut karena motor tiba2 mogok saat jalan - awalnya kupikir kenapa mau pergi dihambat gini ya? tiba2 lewat kendaraan kecepatan tinggi agak ugal ugalan mungkin jika tadi tetap jalan bisa tertabrak. Kalo kamu gimana, manfaat apa yg dirasakan scr langsung?

      Hapus
    3. Banyak sob, bagi saya selamat diperjalanan sudah Alhamdulillah.. :)

      Hapus
  11. terimaksih sudah berbagi mas
    info yang sangat menarik untuk saya baca dan saya praktekkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, sama2 sobat semoga menjadi manfaat ^^

      Hapus
  12. Selalu bangun dari tidur terus menuju bilik air, membersihkan diri.. lupa untuk mengucapkan terimakasi pada Allah.. in shaa Allah.. akan cuba menerapkan dalam hidup seharian. Thanks Wahyu^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, perbuatan ni pantas kita cuba amalkan setiap hari..

      Hapus

Terima kasih atas komentarnya:
1. Gunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung
2. Jangan pakai link aktif/ spam
3. Iklan boleh, tapi 1 kali saja :)

>> Add FB Admin