Rabu, 05 September 2012

Merk Asal Indonesia Yang Dikira Dari Luar

1. Lea Jeans
Merek Jeans ini memang milik USA tapi ternyata produk ini dibuat di Indonesia. Meskipun toko dan iklannya bau-bau Amerika, namun produk ini murni made in Indonesia. Yang jual maupun yang beli tidak pernah minder terhadap merek ini.
2. Essenza Tile
Diproduksi pertama kali tahun 1993, oleh PT.Intikeramik Alamsari Industri, Essenza telah berhasil menembus pasar Singapura, AS, juga negara-negara Asia, Eropa, Afrika, dan Timur Tengah. Bahkan telah diterima di Italia yang notabene merupakan salah satu negara penghasil keramik terbaik dan terbesar di dunia.
3. Buccherie Bag & Shoes
Gambar ini adalah salah satu Outlet Buccheri di Denpasar Bali.Produk-produk dari Buccheri adalah Sepatu dan Tas Kulit. Diproduksi mulai tahun 1980 melalui PT. Vigano Cipta Perdana. Banyak orang tak menyangka, bahwa merek besutan Ediansyah ini merupakan produk asli buatan Indonesia. Mayoritas penikmat sepatu dan tas kulit menyangka bahwa Buccheri adalah buatan Italia.
4. Broco
Pernah beli peralatan listrik? Pasti tahu merk ini. Brand ini merupakan milik PT.Broco Mutiara Electrical Industry, yang berdiri pada tahun 1985, dan memproduksi alat-alat dan instrumen kelistrikan. Kini produk-produk Broco telah banyak digunakan, baik oleh bangunan komersial, tempat tinggal, maupun hotel bintang 5.
5. Casablanca Perfume
Siapa yang menyangka kalau merek Casablanca asli dari Indonesia? Banyak orang menduga kalau merek parfum yang banyak dipakai eksekutif muda ini, berasal dari perancis. Parfum casablanca, yang dalam iklan-iklannya banyak menampilkan model-model bule itu, ternyata diproduksi di Muara Kapuk, Jakarta.
6. Paseo Tissue
Paseo merupakan brand tisu berkualitas premium yang diproduksi PT.Pindo Deli sejak tahun 1998. Paseo kini kini telah diekspor ke negara-negara Asia Tenggara (Singapura dan Filipina), Australia, dan Belgia.
7. Silver Queen & Chunky Bar
Silver Queen, Chunky Bar, dan Ceres, siapa yang tak kenal dengan ketiga merek coklat ini? Tahukah anda, kalau produsennya PT.Petra Foods, menjadi salah satu pemain utama di pasar global. Petra Foods, perusahaan milik keluarga Chuang ini, menjadi pesaing berat M&M’S, produsen coklat nomor wahid asal Amerika. Produk-produk dari PT.Petra Foods tersebut juga telah merambah ke setidaknya 17 negara di antaranya Thailand, Jepang, Filipina, Hong Kong, Australia, dan China.
8. Polytron
Polytron merupakan gabungan dua kata, yaitu poly yang berarti banyak, dan tron diambil dari kata elektronik. Jadi, Polytron diartikan sebagai kumpulan (banyak) elektronik. Padahal, sesungguhnya Polytron lahir di Tanah Air, di Kudus, Jawa Tengah (Jateng), yang kemudian menembus pasar Eropa, ASEAN, Timur Tengah, dan Australia. Bahkan, Polytron bisa dikatakan kini tinggal satu-satunya produk nasional-tanpa prinsipal-yang masih bertahan, setelah melalui perjuangan panjang dan gelombang pasang surutnya industri elektronik nasional.
9. Shopie Martin Paris
Sophie Martin didirikan oleh pasangan suami-istri berkebangsaan Perancis, Bruno Hasson dan Sophie Martin. Pada tahun 1997 mereka datang ke Indonesia karena Bruno mendapat tugas di sebuah perusahaan perancis yang ada di Indonesia. Mulanya, mereka tak berniat lama-lama tinggal di Indonesia, namun Bruno dan Sophie bukan pasangan ekspatriat biasa. Sophie piawai merancang tas, sementara Bruno, dengan skill marketingnya yang tinggi, jeli mencium peluang bisnis untuk memasarkan keterampilan istrinya.Trik Sophie Martin dengan menambahkan kata "paris" di belakang brand Sophie Martin tersebut ternyata cukup berhasil, dan mengecoh banyak konsumen.
10. Byon
Byon ikut hadir meramaikan tren komputer jinjing atau yang biasa kita sebut notebook. Dengan harga jual yang lebih murah, Byon bukanlah produk asal-asalan. Melainkan punya konsep yang cukup unik, yaitu notebook yang dapat di-upgrade seperti komputer desktop.
11. Polygon Cycle
Mulai dari sepeda gunung, sepeda mini, sepeda BMX, sampai sepeda lipat telah dikeluarkan oleh pabrik sepeda yang berlokasi di Sidoarjo (Daerah asal admin), Jawa Timur ini. Soal kualitas, anda tidak perlu meragukannya. Banyak pengguna biasa sampai komunitas penggemar sepeda memakai produk lokal ini. Rupanya pemilik Polygon memilih strategi bisnisnya dengan menjual barangnya di luar negeri lebih dahulu sebelum menjualnya di dalam negeri, agak miris memang alasan dia mengambil taktik seperti ini, yang rupanya disebabkan karena orang-orang Indonesia cenderung lebih percaya dengan produk luar negeri ketimbang produk lokal.

Sumber :
Gambar dilansir pencarian google.com
http://situsaja.blogspot.com/2012/03/13-brand-kelas-dunia-asli-indonesia.html
http://www.jelajah.up2det.com/2012/01/7-merk-indonesia-yang-disangka-merk.html

Comments
4 Comments

4 komentar:

  1. Maaf sekadar koreksi, Lea Jeans, Silverqueen saat ini memang diproduksi di Indonesia tapi bukan bran milik Indonesia
    Lea merupakan brand milik Lea clothing, co. (USA)
    Silverqueen milik NV Ceres, Holland
    Sama halnya Nokia & BB yang diproduksi di Cina, namun tetap saja nokia brand milik Finlandia & BB milik Canada.
    Sekian & Salam berbagi sob!...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Lea Jeans terima kasih banyak atas koreksinya... Sudah saya ganti info dicatatan kaki.. Judulnya juga "Asal Indonesia" jadi dibuat Indonesia dan belum tentu pemiliknya asli Indo. Misalnya Shopie Martin yg milik keluarga..

      Tapi untuk ceres, saya rasa masih termasuk Indonesia karena NV Ceres sudah dibeli Indonesia sejak jaman Belanda dan beralih Owner. Ownernya asli orang Indo namun keturunan Birma. Infonya dapat anda simak disini :
      http://semuatentangrahasiaku.blogspot.com/2011/05/pt-ceres.html

      Hapus
  2. wow,ternyata..oh ternyata
    bru tau sya sob,jarang merhatiin asal produk2 itu sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh.. Kayak judul acara tv aja..
      Iya sih, memang banyak juga produk lain, tapi kurang terkenal..

      Hapus

Terima kasih atas komentarnya:
1. Gunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung
2. Jangan pakai link aktif/ spam
3. Iklan boleh, tapi 1 kali saja :)

>> Add FB Admin