Jumat, 22 Februari 2013

Kitab Hadits Taman Orang-orang Sholeh

Assalamualaikum sobat nomor2,

Kali ini saya mau me-riview sebuah sebuah buku. Bukan seperti blogger lain yang biasa meriview novel dan bacaan lainnya, buku ini bukan sembarang buku, melainkan kitab hadist yang sudah mahsyur. Seperti judulnya Riyadhus Sholihin. Setiap Jum'at malam seminggu sekali, remaja masjid di tempat saya mengkaji kitab hadits ini dibawah bimbingan Ustad Syaifuddin atau Ustad Farid.

Riyadhus Shalihin adalah nama salah satu kitab kumpulan hadits dari Nabi Muhammad yang berarti taman orang-orang shalih yang disusun oleh Imam Nawawi. Kitab ini telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia oleh Salim Bahreisy.

Pada kitab ini hadits-hadits dikelompokkan ke dalam bab-bab berdasarkan tema utama, misalnya salat, zakat, jihad, doa, Qur'an, dan sebagainya. Riwayatnya kebanyakan dari Shahih Bukhari dan Muslim serta ada juga ayat Al-Qur'an yang dimasukkan sebagai keterangan pelengkap.

Awalnya saya menggunakan kitab yang terjemahan saja, itupun pinjam punya ibu (biasanya dipakai ibu saat pengajian perempuan). Namun saran dari teman lebih baik menggunakan kitab yang full bahasa Arab, supaya kita dapat belajar bahasa Arab sekaligus dengan cara memberi catatan pensil pada lafadz yang belum mengerti artinya. Ya, bolehlah saya terima sarannya, akhirnya saya membeli 2 buah kitab hadits Riyadhus Sholihin untuk saya dan adik. Bentuknya menarik, berikut ini penampakannya.

Kitab Hadits Riyadhus Sholihin Full Arab (katanya sih buatan Mesir)

Kitab Hadits terjemahan Riyadhus Sholihin punya ibu
Kitab hadits yang full lafadz Arab saya pesan kepada ustad lain yang biasa bekerja sebagai tengkulak buku dengan harga Rp. 60.000,- per buku. Mungkin kalau beli sendiri harganya lebih murah, karena sulit mendapatkannya harus beli di luar kota. Alhamdulillah dan Jazakumullah Khoiron bagi ustad yang sudi mencarikan buku yang sudah langka ini (katanya sih cetakan dari Mesir). Sedangkan yang terjemahan mudah sekali ditemukan di toko-toko buku, tapi saya tak tahu harganya berapa.

Yah, dengan buku itulah saya mengerti sedikit-sedikit ilmu tentang Islam, maklumlah saya bukan dari kalangan orang-orang Madrasah atau Ma'had. Saya hanya orang awam yang berpedidikan di sekolah formal layaknya masyarakat biasa. Bersama remaja-remaja muslim yang sebaya, mempelajari kitab-kitab ini memang menyenangkan. Walaupun terkadang sulit karena pakai full bahasa Arab, kitab terjemahan juga bisa membantu jika ada keterangan ustad yang terlewati. Paling utama maknanya dimengerti dan dapat segera diamalkan.

Saya berharap dengan mempelajari kitab-kitab sunnah dan Al-Qur'an dapat memperbaiki akhlaq dan kepribadian khususnya bagi diri sendiri dan umumnya bagi orang-orang awam yang belum mengerti tentang Islam yang sebenarnya...

Semoga bermanfaat ^^

Referensi:
Tulisanq
http://id.wikipedia.org/wiki/Riyadhus_Shalihin
Comments
2 Comments

2 komentar:

  1. aku lebih tertarik buku yg agak kontroversial salahsatunya berjudul: "Membongkar kesesatan kyai-kyai pembela bid`ah hasanah" penulis: H. Mahrus Ali

    BalasHapus

Terima kasih atas komentarnya:
1. Gunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung
2. Jangan pakai link aktif/ spam
3. Iklan boleh, tapi 1 kali saja :)

>> Add FB Admin