Rabu, 03 Juli 2013

Bekal Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Assalamualaikum sobat nomor2,
Dalam menyambut bulan suci ramadhan tahun ini, marilah kita isi dengan kegiatan yang bermanfaat yang bisa menambah dan meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah Ta'ala. Oleh karena itu kita harus punya bekal dalam menjalankan ibadah supaya amalan kita diterima. Berikut ini ada beberapa rangkuman tentang bekal apa saja yang bisa kita siapkan untuk mengerjakan ibadah selama bulan suci.

Tadarrus Al-Qur'an, salah satu amalan di bulan suci.
   Pertama: Bekal ilmu. 
Bekal ini amat utama sekali agar ibadah kita menuai manfaat, berfaedah, dan tidak asal-asalan. ‘Umar bin ‘Abdul ‘Aziz berkata,

مَنْ عَبَدَ اللهَ بِغَيْرِ عِلْمٍ كَانَ مَا يُفْسِدُ أَكْثَرَ مِمَّا يُصْلِحُ

"Barangsiapa yang beribadah kepada Allah tanpa ilmu, maka dia akan membuat banyak kerusakan daripada mendatangkan kebaikan."  (Al Amru bil Ma'ruf, hal. 15).

Hendaknya kita tahu amalan-amalan yang dilakukan Nabi selama bulan ramadhan berdasarkan sunnah dan Al-qur'an. Amalan-amalan seperti sholat malam, tadarrus Al-Qur'an, dan i'tikaf sudah mahsyur dilakukan terutama pada bulan ramadhan. Untuk lebih jelasnya, hal ini akan dibahas di post selanjutnya.

Sholat malam
Silahkan pembaca bertanya kepada ustad atau ulama' warosatul anbiya' di daerah anda mengenai hal-hal apa saja yang dapat dilakukan untuk menambal amalan di bulan suci.

   Kedua: Perbanyak taubat.
Inilah yang dianjurkan oleh para ulama kita. Sebelum memasuki bulan Ramadhan, perbanyaklah taubat dan istighfar. Semoga di bulan Ramadhan kita bisa menjadi lebih baik. Kejelekan dahulu hendaklah kita tinggalkan dan ganti dengan kebaikan di bulan Ramadhan. Ingatlah bahwa syarat taubat yang dijelaskan oleh para ulama sebagaimana dinukil oleh Ibnu Katsir rahimahullah, “Menghindari dosa untuk saat ini. Menyesali dosa yang telah lalu. Bertekad tidak melakukannya lagi di masa akan datang. Lalu jika dosa tersebut berkaitan dengan hak sesama manusia, maka ia harus menyelesaikannya/ mengembalikannya.” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 14:61). Inilah yang disebut dengan taubat nashuha, taubat yang tulus dan murni. Moga Allah menerima taubat-taubat kita sebelum memasuki waktu barokah di bulan Ramadhan sehingga kita pun akan mudah melaksanakan kebaikan.

Di antara do'a untuk meminta segala ampunan dari Allah adalah do'a berikut ini:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى خَطِيئَتِى وَجَهْلِى وَإِسْرَافِى فِى أَمْرِى وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّى اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى جِدِّى وَهَزْلِى وَخَطَئِى وَعَمْدِى وَكُلُّ ذَلِكَ عِنْدِى

“Allahummagh-firlii khothii-atii, wa jahlii, wa isrofii fii amrii, wa maa anta a’lamu bihi minni. Allahummagh-firlii jiddi wa hazlii, wa khotho-i wa ‘amdii, wa kullu dzalika ‘indii” 
(Ya Allah, ampunilah kesalahanku, kejahilanku, sikapku yang melampaui batas dalam urusanku dan segala hal yang Engkau lebih mengetahui hal itu dari diriku. Ya Allah, ampunilah aku, kesalahan yang kuperbuat tatkala serius maupun saat bercanda dan ampunilah pula kesalahanku saat aku tidak sengaja maupn sengaja, ampunilah segala kesalahan yang kulakukan) (HR. Bukhari no. 6398 dan Muslim no. 2719). 

Catatan penting yang mesti kami sampaikan. Mungkin selama ini tersebar sms maaf-maafkan di tengah-tengah kaum muslimin menjelang Ramadhan. Ingat bahwa meminta maaf itu memang disyariatkan  terhadap sesama apalagi ketika berbuat salah, betul memang bentuk taubatnya adalah minta dimaafkan. Namun bukan jadi kelaziman setiap orang harus minta maaf, padahal tidak ada salah apa-apa. Apalagi kelirunya lagi jika hal ini dianggap kurang afdhol jika tidak dijalani menjelang Ramadhan. Hanya Allah yang beri taufik.

   Ketiga: Banyak memohon kemudahan dari Allah.
Selain dua hal di atas, kita juga harus pahami bahwa untuk mudah melakukan kebaikan di bulan Ramadhan, itu semua atas kemudahan dari Allah. Jika kita terus pasrahkan pada diri sendiri, maka ibadah akan menjadi sulit untuk dijalani. Karena diri ini sebenarnya begitu lemah. Oleh karena itu, hendaklah kita banyak bergantung dan tawakkal pada Allah dalam menjalani ibadah di bulan Ramadhan. Terus memohon do'a pada Allah agar kita mudah menjalankan berbagai bentuk ibadah baik shalat malam, ibadah puasa itu sendiri, banyak berderma, mengkhatamkan atau mengulang hafalan Qur'an dan kebaikan lainnya.

Do'a yang bisa kita panjatkan untuk memohon kemudahan dari Allah adalah sebagai berikut.

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

“Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa"
[artinya: Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah]. (Hadits ini dikeluarkan oleh Ibnu Hibban dalam Shahihnya 3:255. Dikeluarkan pula oleh Ibnu Abi ‘Umar, Ibnus Suni dalam ‘Amal Yaum wal Lailah).

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ فِعْلَ الْخَيْرَاتِ وَتَرْكَ الْمُنْكَرَاتِ

"Allahumma inni as-aluka fi'lal khoiroot wa tarkal munkaroot." 
(Ya Allah, aku memohon pada-Mu agar mudah melakukan kebaikan dan meninggalkan kemungkaran). (HR. Tirmidzi no. 3233, shahih menurut Syaikh Al Albani).

Semoga Allah menjadikan Ramadhan kita lebih baik dari sebelumnya. Marilah kita menyambut Ramadhan mubarok dengan suka cita, diiringi ilmu, taubat dan perbanyak do'a kemudahan.

Sumber:
http://rumaysho.com/hukum-islam/puasa/3499-3-bekal-menyambut-ramadhan.html
Comments
26 Comments

26 komentar:

  1. udh siap siap duluan,puasa sunah biar perut gak kaget di hari pertama puasa^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bagus tuh sudah puasa duluan, semangat2 ^^

      Hapus
  2. Alhmdulillah,
    :)
    syukran ats prkongsian ilmunya.
    ia bnar2 brmnfaat.

    x sabar
    mennti khadiran Ramadhan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 Ukhti,

      sabar dan bersiap aja ya ^^

      Hapus
  3. selamat menyambut ramadhan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat Menyambut juga Cik Zyma ^^

      Hapus
  4. ya allah semoga saya dimudahkan saat nanti berpuasa, amin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiiiin.. terima kasih telah berkomantar ^^

      Hapus
  5. Bismillah
    semoga di bulan ramadhan ini kita di berikann kemudahan seerta pengampunan dari Allah SWT :)
    makasih mamas share nya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, 4laynya keluar nih :D

      Amiiiin, makasih doanya Ukhti..

      Hapus
  6. Siap-siap padusan, siap-siap bikin makanan utk ta'jilan, yg py hutang puasa segera dilunasi biar nanti gak makin menumpuk, yg lagi sakit semoga lekas sembuh agar nanti bisa ikut puasa bareng, yang biasanya Ramadhan suka main mercon/petasan semoga sadar tidak mengganggu (kalo main mercon ditempat jauh sunyi spt persawahan dsb jauh dari pemukiman).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah-wah doa dan nasehatnya banyak sekali..
      Makasih ya Huda
      Semoga yg lain baca hehehe

      Hapus
    2. Sama2 Amin, sekedar nambahin bekal menyambut Ramadhan dari sisi lain biar bekalnya lengkap (jasmani dan rohani). Oh iya semoga yg mau mudik perjalanannya lancar selamat sampai tujuan, dan terakhir semoga kita semua bisa menjumpai Lailatul Qodar seterusnya hingga pada ramadhan-ramadhan yg akan datang.

      Hapus
    3. Aamiiin, harapan dan doanya banyak sekali.. makasih saling mengingatkan..
      semoga terkabul semua ya ^^

      Hapus
  7. Marhaban Yaa Ramadhan..., sambut Ramadhan dengan gembira..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan gembira dan berusaha meraih banyak pahala..
      Aamiiin ^^

      Hapus
  8. wah, lagi semaraknya ni mempersiapkan bulan Ramadhan,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harus tuh.. makasih komentarnya ^^

      Hapus
  9. melakukan kebaikan itu harus dipaksakan (bagi yg belum dpt hidayah)
    semoga Romadonku kali ini lebih baik, Ya Alloh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiiin Mas,
      bener sekali kata2nya so sweet ^^

      Hapus
  10. Selamat Menyambut Bulan penuh Barakah.. Mohon ampun dan maaf sekiranye ade komen2 yang menyakitkan atau menyinggung hati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat juga Cik, sama2 saya juga mohon ampun kalau ada amalan dan komen2 yg menyakitkan juga ^^V

      Hapus

Terima kasih atas komentarnya:
1. Gunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung
2. Jangan pakai link aktif/ spam
3. Iklan boleh, tapi 1 kali saja :)

>> Add FB Admin