Kamis, 18 Juli 2013

Pasangan Yang Menikah Cenderung Berwajah Mirip

Sweet kiss honney :p
Orang yang menikah biasa disebut memiliki wajah mirip. Peneliti menemukan sebutan seperti itu memang benar dan pasangan pria-wanita memang cenderung memiliki muka yang mirip.

Psikolog University of Michigan Robert Zajonc melakukan percobaan untuk menguji fenomena ini. Ia menganalisis foto-foto dari pasangan yang diambil ketika masih pengantin baru dan foto-foto dari pasangan yang sama 25 tahun kemudian.

Hasilnya menunjukkan bahwa pasangan telah berkembang menjadi mirip satu sama lain dari waktu ke waktu. Dan jika pasangan itu bahagia, maka semakin besar kemungkinan memiliki peningkatan kesamaan fisik. Zajonc menduga pasangan yang makin tua tampak makin mirip, karena mempunyai kontak dekat dan meniru ekspresi wajah masing-masing.

Dengan kata lain, jika pasangan memiliki selera humor yang baik dan banyak tertawa, mungkin dia akan mengembangkan garis tawa di sekitar mulutnya begitu juga pasangannya. Bukti lain juga menunjukkan bahwa laki-laki dan perempuan mungkin tertarik untuk berpasangan dengan kepribadian sama. Pada 2006, ilmuwan di University of Liverpool meminta peserta ikut studi untuk melihat foto individu dari laki-laki dan perempuan dan menilai kepribadian mereka.

Para peserta tidak tahu orang yang di foto menikah dengan siapa, tapi pasangan yang telah bersama-sama lama dinilai memiliki kepribadian yang lebih mirip.

Sementara manusia juga mudah jatuh cinta dengan orang yang punya DNA mirip. Dalam sebuah penelitian anak kembar, ilmuwan dari Universitas Western Ontario menemukan bahwa tidak hanya peserta penelitian cenderung memilih pasangan dengan gen yang sama, pasangan kembar identik juga lebih mirip daripada pasangan kembar non-identik.

Sumber:
http://www.suatufakta.com/2013/05/fenomena-mengapa-wajah-kekasih-jadi.html
http://islamicartdb.com/wp-content/uploads/2012/11/man-kissing-his-wife.jpg
Comments
31 Comments

31 komentar:

  1. bener lo mas, aku dan istriku punya kesamaan di wajah
    sama2 punya hidung, sama2 punya telinga :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo gitu kita mirip juga nih, 2 mata 2 telinga, 1 mulut :)

      Hapus
    2. @Miko : haha, itu bukan sama Mas tapi satu spesies :D

      @Sabda : 2 mata, 2 telinga, 4 perak dan 3 perunggu ^^

      Hapus
  2. Blogwalking sahur, sekedar nyapa dan ngabsen teman2 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah masih bisa sahur ukhti ^^

      Hapus
  3. ga percaya ah -_-
    tetangga ku dan bokap nyokap ga mirip tuh
    padahal dah tuwir2 -__-
    punya teman juga dulu, pacaran dengan orang yg mirip
    eh tau2nya juga pisah -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi, itu cuma mitos di masyarakat yg sering didengar.
      Kemudian beberapa peneliti mencoba menelitinya dan akhirnya terbentuklah kesimpulan itu.. ^^

      Hapus
  4. wah, fotonya dapet dari mana tuh...
    bagus tuh...
    hehe....
    gak ngomenin isinya, cuma fotonya aja... :D
    coz kurang ngerti juga kayak gituan, kurang merhatikan juga.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada sumbernya kok, sek aja ^^
      Kata orang2 sih gitu :p

      Hapus
  5. Apakah ada yang percaya bahwa wanita sebenarnya bagian dari tulang rusuk laki laki.
    Dan ada sebutan "belahan jiwa"
    Jika benar maka para ilmuwan barat sebenarnya telah ketinggalan tentang teori tersebut.
    Mungkin perlu kita tanyakan pada yang pandai, ustad, dokter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas percaya banget,
      Ilmuwan barat seringkali mempelajari Al-Qur'an untuk diambil kesimpulannya.. Misalnya seperti teori BigBang ^^

      Hapus
  6. Atau mungkin ahli ortopedi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ortopedi itu ahli tulang ya?

      #kalau gak salah sih ^^

      Hapus
  7. Saling menularkan sifat jadi mirip kali :)
    Ntar suami pulang mau diajak ngaca aah. Beneran mirip apa enggak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya seperti itulah Bu Niken ^^
      Wuaaa.. manis sekali ^^

      #romantis deh

      Hapus
  8. LOL. miko S bener bgd. mirip punya mulut hidung heheh...

    Tapi ayah dan ibuku beda banget. dari hidup ibu mancung bapak biasa aja. ah beda lah jauh. hehe.. makannya dikeluarga besarku kakak adik beda2 malah dikirain bukan adik kandung hohoho...
    karna jauh bgd, Tapi ya itu hanya ahli yang mengatakan bukan Al-quran ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha ^^

      Iya, bisa jadi itu hanya orang-orang tertentu saja yg mirip. Bukan Al-Qur'an..

      #Iya- Bisa jadi (ketularan eat bulaga)-_-"

      Hapus
  9. teman-teman
    saya ganti domain
    jangan lupa kunjungi ya http://chairaninasution.blogspot.com/
    thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sweet... baru lagi nih
      Oke siap menuju TKP UKhti ^^

      Hapus
  10. blogwalking sini. nice entry, :)

    BalasHapus
  11. wah2 kereen :D pernah juga sih denger yang beginian~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti Ukhti gak kudet ya ^^V
      makasih~

      Hapus
  12. pantesan ada yang bilang kalo aku mirip banget dengan istriku :-)

    BalasHapus
  13. Pernah mendengar juga hal demikian, org tua sini juga brkata hal yg sama dan Nurul bersetuju^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tuh seperti mitos ya? ^^
      berwajah mirip hihihi

      Hapus
  14. aih... bilalah saya nak bertemu dengan pasangan yang nmirip saya ni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga saja awak bertemu pasangan yg mirip dan tampan :D

      Hapus
  15. kira2 ada hubungan dg pnciptaan wanita dari tulang rusuk pria gak ya?
    klo dipikir2.brarti wanita yg jdi jodoh kita,adalah bgian dri tubuh laki2,jdi ada potensi kesamaan apalagi bgian wajahnya..
    ini cuma pndapatku lho hehe..
    btw,semoga ane bsa dapet jodoh yg trbaik (cantik dan solehah)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, analisa yang menarik sob ^^
      saya doakan aja semoga mendapat jodoh yg terbaik dunia akhirat aamiiiiiiin..

      Hapus

Terima kasih atas komentarnya:
1. Gunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung
2. Jangan pakai link aktif/ spam
3. Iklan boleh, tapi 1 kali saja :)

>> Add FB Admin