Minggu, 21 Juli 2013

Kamu Makan Ta'jil Apa?

Kamu makan takjil apa? Begitulah saat sesorang menanyakan apa yang dimakan seseorang saat berbuka puasa. Memang pada umumnya di negara kita tajil itu diartikan sebagai sebuah makanan pembuka puasa. Namun ternyata tajil sendiri bukanlah mengarah kesebuah makananya melainkan artinya menyegerakan.
 
Segerakanlah berbuka, apalagi pakai kurma ^^

Kata ta’jiilun kalau dibaca waqaf menjadi ta’jiil berasal dari fi’il madhi ‘ajjala yang artinya adalah menyegerakan. Sebagaimana dalam hadits, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لاَ يَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ
“Terus-menerus manusia berada dalama kebaikan selama mereka masih menyegerakan buka puasa.” (HR. Bukhari no. 1957 dan Muslim no. 1098)

Ibnu Hajar rahimahullah dalam kitabnya Fathul Bari membuat “Bab Tajil Al Fithr” yang artinya “Bab Menyegerakan Berbuka Puasa.”

Penyegeraan disini adalah suatu amalan atau tindakan bagi yang melaksanakan Ibadah Shaum (puasa) untuk menyegerakan membatalkan puasanya setelah waktunya tiba, sebelum nantinya berbuka puasa dengan makanan besar. Nah, membatalkan puasanya sendiri bisa dengan makanan-makanan manis salah satunya seperti sesuai anjuran Nabi yaitu dengan memakan kurma saja. Kalau sekarang, makanan-makanan manis sudah beraneka ragam ya dan sudah membudaya seperti halnya kolak, dll. Dan makanan-makanan manis tersebut itulah yang dewasa ini banyak diartikan sebagai “ta’jil”.

Pergeseran arti “ta’jil” dari penyegeraan menjadi makanan manis memang bukanlah hal yang baru, dan hal tersebut bahkan masih terjadi sampai saat ini.

Selama ini kita sering menggunakan kata tajil dalam pengertian umumnya yang tercermin saat ada aktivis membagikan tajil. Membagikan berarti suatu barang atau suatu makanan dan minuman.

Setidaknya sedikit pengetahuan ini bisa membuka pemahaman agar tidak salah dalam mengartikan tajil.

Selanjutnya diluar pengertian ta'jil secara hakiki, sobat pembaca dan bloggers apa makanan apa yang paling kalian suka saat berbuka puasa?

Sumber:
http://www.bisnis.com/kamus-ramadan-ternyata-tajil-itu-bukan-makanan
http://waterflow.blogdetik.com/index.php/2013/07/16/takjil-atau-tajil-adalah-penyegeraan-untuk-berbuka-puasa/
Comments
27 Comments

27 komentar:

  1. berbukalah dengan yang manis....
    hehehe
    :)

    BalasHapus
  2. teh manis setengah panas + kolak, kayanya langsung bikin greng keringetan bos, lanjut makanan panas n pedas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang hangat2 memang tidak bikin haus ya Mas.. ^^ suka yg pedas2 juga ternyata..

      Hapus
  3. udah males minum es
    akibat dari kemarin minum es terus, alhasil tenggoran sakit ;____;
    cukup air hangat saja ah -_-b

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalau keterusan memang gak baek, air hangat dulu boleh ^^

      Hapus
    2. hooh
      makanya banyak yang pada sakit tengorokan

      Hapus
    3. iya Ukhti, mungkin kaget tenggorokannya... ^^

      Hapus
  4. thanks utk ilmunya... :D
    kalo ta'jil saya apapun dah, gonta-ganti, yg penting bisa dinikmati... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hush, bukan takjil namanya :D
      makanan gonta-ganti gpp deh ^^

      Hapus
  5. Suka sekali dengan jus buah, sop buah, pokok nya serba buah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalau pas ada sering juga beli es buah ane ^^

      Hapus
  6. air putih dan kurma still the best :)

    BalasHapus
  7. seboleh2nye nak berbuka puasa dengan kurma.. setelah itu barulah disusuli yang lain2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sesuai dengan sabda Nabi ya Cik ^^

      Hapus
  8. baru tahu mas, sangat bermanfaat, langsung dijadikan status fb

    BalasHapus
  9. saya mesti makan kurma dulu.. ia memang memberikan tenaga segera

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh2 Cik, kurma memberi banyak sekali manfaat untuk kesehatan ^^

      Hapus
  10. yang pasti saya kurang suka menjadikan kurma sebagai menu buka puasa #jujur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya? emang kenapa sob? kalau ditempatku jarang juga ada yg jual..

      Hapus
  11. hri ini takjilnya "PIZZA" + ng = pizzang alias pisang yg dimasukin gelas ditmbh kuah,jadilah namanya kolak hehe^^

    BalasHapus

Terima kasih atas komentarnya:
1. Gunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung
2. Jangan pakai link aktif/ spam
3. Iklan boleh, tapi 1 kali saja :)

>> Add FB Admin