Senin, 29 Oktober 2012

Jika Minum Obat Jangan Bersamaan Makanan dan Minuman Ini

Hati-hati ya...
Makanan yang Tidak Boleh Digabung dengan Obat. Makanan memang menjadi sumber energi yang penting bagi tubuh. Tapi beberapa makanan diketahui bisa menimbulkan interaksi dengan obat tertentu. Ketahui makanan apa saja yang tidak boleh digabung dengan obat.

"Kuncinya adalah tidak mengubah secara drastis pola makan saat minum obat tertentu, tapi tanyakan pada dokter mengenai potensi interaksi yang mungkin terjadi," ujar Dr jane Alder, dosen farmakologi dari University of Central Lancashire, seperti dikutip dari Dailymail.

Dr Alder akan menjelaskan beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikombinasikan dengan obat tertentu karena bisa membuat obat jadi tidak berguna atau justru berbahaya yaitu: 

Jus buah Anggur
Grapefruit mengandung senyawa yang disebut dengan furanokumarin yang bisa mencegah enzim dalam usus untuk menjaga benda asing tetap berada di luar, sehingga tidak bekerja secara optimal. Kondisi ini akan membuat lebih banyak obat yang diserap sehingga efektivitasnya bisa 2-3 kali lipat dari dosis yang dianjurkan.

Sebaiknya tidak mencampur jus grapefruit dengan obat untuk mengobati irama jantung abnormal, antidepresan, antihistamin (obat alergi), statin dan obat anti kejang. Sedangkan jus cranberry dan jus delima bisa memperlambat kecepatan hati untuk memecah pengencer darah obat dan pada obat antidepresan bisa menyebabkan penurunan efektifitas obat.

Makanan produk susu
Kalsium dalam susu bisa mengikat tetrasiklik dan minosiklik dari antibiotik. Jika kandungan antibiotik ini digabung dengan mineral akan membuatnya tidak larut dalam usus sehingga tidak diserap oleh tubuh. Mengonsumsi susu setengah liter bisa mengurangi efektivitas antibiotik hingga 80 persen. Kalsium juga bisa mengganggu penyerapan obat osteoporosis. Hindari minum susu dalam waktu 2 jam sebelum minum obat.

Makanan fermentasi
Makanan hasil fermentasi seperti keju yang mengandung tyramine dalam konsentrasi tinggi bisa menyebabkan 'sindrom keju'. Tyramine akan bereaksi dengan obat antidepresan yang disebut monoamine oxidase inhibitor (MAOIs) dengan mencegah enzim yang berfungsi mencerna senyawa. Kondisi ini akan mengakibatkan tekanan darah tinggi yang berbahaya.

Daging panggang
Penderita asma harus menghindari daging panggang karena kandungan karbonnya bisa membentuk senyawa yang mencegah obat asma dengan teofilinn bekerja secara optimal. Selain itu karbon ini juga bisa memicu serangan asma meskipun sudah mengonsumsi obat.

Sayuran hijau
Sebagian besar sayuran hijau termasuk bayam, kol dan teh hijau mengandung kadar vitamin K yang tinggi dan bisa memicu pembekuan darah. Jika dikonsumsi dengan obat pengencer darah akan membuatnya menjadi tidak berguna.



 

Makanan berserat
Makanan yang tinggi serat bisa memperlambat penyebaran banyak obat termasuk digoxin yang digunakan untuk mengatur detak jantung tidak teratur, obat diabetes metformin dan mencegah penyerapan obat penurun kolesterol statin. Tapi bukan berarti makanan berserat harus dihilangkan dari menu makanan, tapi hindari mengonsumsinya dalam waktu 2 jam sebelum minum obat.

Sumber :
Comments
13 Comments

13 komentar:

  1. Nih kutambahin info,kenapa makanan utk pasien rawat inap di RS rasanya gak enak/kurang garam: karena memang gak pakai garam sebab garam dpt menghambat kinerja obat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm, begitu to? Kamu lulusan Akper ya,, kayaknya lebih tahu gitu..

      Terima kasih komentarnya...^^

      Hapus
  2. Ha ha nggak jg kok, aku cuma suka baca hal2 menarik saja. Info ttg garam tsb hanya diketahui oleh staf bagian gizi makanan rumah sakit saja (kutanya langsung saat menjalani rawat inap di RS)sedangkan dokter dan perawat sama sekali tidak tahu termasuk kakak iparku yg juga dokter di RS lain. Aku sering tanya sifat dan kandungan tiap2 obat termasuk harganya pada kakakku, kasihan banyak para manula yg sakit gak mampu berobat krn biaya jadi kuperiksa beberapa obat dan akhirnya kudapat obat alami murah meriah utk penyakit spt asam urat, pegal,hipertensi,diabetes(utk menurunkan kadar gula)yaitu daun salam yg biasa utk bumbu masak sayur. Sedangkan utk balita gizi buruk yg orangtuanya gak mampu beli susu solusinya: Ganyong (bisa dibuat bubur)semuanya sudah terbukti manjur(percobaan awal pd ibuku sukses sembuh). Aku jg salahsatu yg komen diBlogmu ttg tokusatsu, anak Jogja itu temenku (dulu saat erupsi Merapi aku bagian komunikasi yg menginformasikan adanya satu keluarga yg terjebak gak bisa mengungsi).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh gitu to, bermanfaat infonya...

      Namanya Huda banyak jadi lupa hehe, temen kampusku juga namanya Huda..
      Kayaknya kamu suka menjelaskan hal-hal yg kamu tahu, kenapa gak bikin blog aja, supaya bisa share something gitu..?

      Hapus
  3. Wah aku blm semahir kamu, pengetahuan ttg Blog website dsb masih sangat dikit(nol).Ttg share ya seperti perintah ajarkan ilmu meski 1 ayat begitulah. Kubaca beberapa tanggapan komenmu sering gak jauh2 dari Islam kayaknya wawasanmu ttg dunia Islam cukup handal melebihi aku kayaknya udah bisa jadi asisten ustadz.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo kata orang Jawa "Jalaran Iso Soko Kulino" ngerti kan maksudnya? hehe.. Dijalani aja lama2 Insya Allah bisa..

      Sama Pak Ustadz masih jauh, masih banyak orang2 yg lebih ilmunya.. Saya juga orang biasa, masuk sekolah2 formal yg bukan Pondok Pesantren..

      Di desaku ada perkumpulan remaja Usia belasan sampai 30 tahunan mengaji Al-Quran dan Hadits, setiap minggu ada 4 kali, setiap bulan kita keluar ke wisata Alam dan mengadakan kajian juga disana.. Alhamdulillah mungkin efek dari ngaji kali ya.. hehe

      Hapus
  4. Ditempatku adanya cuma utk anak2 sedangkan utk remaja gak ada, mayoritas udah belajar ngaji sendiri ditambah dengerin pengajian di radio tiap habis subuh dirumah masing2. Galau gak ada rekreasi krn gak ada dana. Dulu pemasukan Karang Taruna dari pembibitan ikan di sungai tp sekarang sungai tercemar jadi gak bisa lg, dana 17-an jg dari iuran warga, kasihan jika warga ditarik iuran lg.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah perlu diadain tuh sob, wisata alam ditempatku lumayan deket koq, paling iuran cuma 20rb/orang kalau dapet makan, kalau bawa ndiri paling cuma 5rb.. Tranportnya naik motor masing2..

      Tempatmu sama parangtritis jauh ya?

      Hapus
  5. Cukup jauh naik kendaraan aja hampir 1 jam lebih, kalau potensi wisata ada tapi masih sangat alami belum terekpose media, untuk menuju ketempat tsb harus melewati jembatan gantung menuju bukit (ada beberapa goa) dengan jalan kaki sekitar 1 km tp hati2 karena ada beberapa ekor anjing yg menghuni didekatnya lalu masuk mendaki menerobos ilalang. Disitu ada air terjun sangat indah yg mengalir kebawah menuju beberapa cekungan alami berbentuk lingkaran dan lonjong seperti kolam2 yg kemudian berkumpul di tempat semacam danau kecil yg oleh penduduk setempat dipakai utk mengairi sawah( jk musim kemarau menjadi andalan):penduduk menamai tempat tsb "Kobango" karena banyak kubangan air letaknya sebelah timur Desa Sindet. Cukup melelahkan tapi saat mendaki pemandangannya sangat indah, ada 2 rute awalnya cuma satu, rute pertama jalannya memutar jauh tapi sepanjang perjalanan pemandangannya sangat indah dan harus extra hati2 karena dipinggir jurang aman gak ada anjing.Sedangkan rute kedua (dibuat blm lama)jaraknya lebih dekat tapi hati2 ada anjing. Harus bawa bekal makanan minuman sendiri krn gak ada yg jualan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah cukup membingungkan juga ya rutenya..?

      Tapi kelihatannya indah tempatnya.. masih asri belum banyak terjamah orang..

      Hapus
  6. Dulu dipakai sbg tempat berlindung warga saat pertempuran melawan Belanda

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, berarti tempat bersejarah nih...

      Hapus
  7. 2 2anya mantap. Terima kasih infonya

    BalasHapus

Terima kasih atas komentarnya:
1. Gunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung
2. Jangan pakai link aktif/ spam
3. Iklan boleh, tapi 1 kali saja :)

>> Add FB Admin