Minggu, 21 Oktober 2012

Teknik Mesin

Teknik Mesin
Apa Itu Teknik Mesin ?
Teknik Mesin adalah adalah cabang ilmu teknik/ rekayasa yang mempelajari energi dan sumber energinya serta aplikasi dari prinsip fisika untuk analisa, desain, manufaktur dan pemeliharaan sebuah sistem mekanik. Teknik Mesin merupakan salah satu bidang ilmu keteknikan yang dapat memberikan peluang besar untuk mewujudkan industri mesin baik dalam hal maintance dan repair, perancangan/design, pembuatan/ produksi serta sistem lingkungan di masa depan. Profesi ini sangat ditunjang oleh intelektual yang tinggi, kreatif dan daya inovatif.

Apa yang Dipelajari di Teknik Mesin ?
Mahasiswa Teknik Mesin selain harus dapat menguasai dasar dari ilmu pasti (matematika, fisika, kimia), mereka juga harus memahami berbagai konsep termasuk mekanika, kinematika, termodinamika dan energi. Bidang kajian dalam Teknik Mesin banyak berurusan dengan penggerak-penggerak awal, seperti turbin uap, motor bakar, mesin-mesin perkakas, pompa dan kompresor, pendingin dan pemanas, dan alat-alat kimia tertentu. Selain itu, dalam Teknik Mesin juga dipelajari sifat fisis dan fenomena yang terjadi pada suatu bahan. Hal ini termasuk sifat bahan dalam menyangga tarikan, tekanan, atau puntiran.

Prospek Lulusan Teknik Mesin
Sejalan dengan perkembangan sektor industri nasional, kebutuhan akan lulusan Teknik Mesin yang dapat menangani alat-alat industri yang ada juga akan meningkat. Seorang lulusan Teknik Mesin dapat menempati posisi pekerjaan di berbagai bidang seperti :

1.   Bidang Perawatan Mesin
Produksi dari suatu perusahaan sangat bergantung pada perawatan mesin-mesin produksi maupun pada energi yang menggerakkan mesin-mesin produksi. Dari mulai pelumasan penggantian suku cadang yang sudah rusak sampai kepada pengontrolan produksi, semua itu dilakukan oleh seorang lulusan Teknik Mesin.

2.   Bidang Industri Alat Berat
Lulusan Teknik Mesin dapat bekerja di industri alat-alat berat dan menempati posisi di berbagai divisi yang ada seperti divisi pengecoran, divisi rangka dan komponen, divisi perakitan, dan divisi desain.

3.   Penguji Spesimen Produksi
Pada bidang ini seorang lulusan Teknik Mesin bertugas menguji spesimen hasil produksi, dan menentukan proses yang tepat untuk menghasilkan bahan dengan kekuatan sesuai kebutuhan penggunaannya.

4.   Bidang Pemerintahan, Akademis, dan Lembaga Penelitian
Di berbagai departemen pemerintahan pusat riset dan pengembangan teknologi milik pemerintah, seperti BPPT dan IPTN. Lulusan teknik mesin juga dapat berprofesi sebagai dosen baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

5.   Bidang Lainnya
Lulusan Teknik Mesin juga bisa bekerja di perusahaan pembangkit listrik, seperti PLTA, PLTU, dan PLTG serta perusahaan minyak dan gas bumi, seperti Pertamina juga selalu membutuhkan lulusan Teknik Mesin. Lulusan Teknik Mesin juga dapat berprofesi sebagai konsultan bagi perusahaan-perusahaan manufaktur, dan lain-lain.

Daftar Perguruan Tinggi Negeri yang terdapat Teknik Mesin :

1.   Inst. Teknologi Bandung (ITB)
2.   Inst. Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
3.   Univ. Andalas (UNAND)
4.   Univ. Gadjah Mada (UGM)
5.   Univ. Indonesia (UI)
6.   Univ. Negeri Jakarta (UNJ)
7.   Univ. Brawijaya
8.   Univ. Diponegoro (UNDIP)
9.   Univ. Hasanudin (UNHAS)
10.  Univ. Lampung (UNILA)
11.  Univ. Malikussaleh
12.  Univ.Mataram (UNRAM)
13.  Univ. Sam Ratulangi
14.  Univ. Sebelas Maret (UNS)
15.  Univ. Sultan Ageng Tirtayasa Serang
16.  Univ. Sumatera Utara (USU)
17.  Univ. Syiah Kuala
18.  Univ. Udayana (UNUD)
19.  Univ. Sriwijaya (UNSRI)
Sumber ;
Comments
22 Comments

22 komentar:

  1. Hmm, bicara ttg mesin; dulu saat harga bensin naik sampai 6 rb/liter,aku & kakak bereksperimen membuat penghemat bensin utk motor yaitu diberi tambahan gas hirogen yg disalurkan ke manifold shg bensin lebih irit sekaligus tenaga mesin meningkat. bahannya botol plastik tempat kecap yg didlmnya diberi alumunium yg nantinya dialiri listrik, didlmnya di isi cairan. isi cairan awalnya pakai air kelapa tapi gagal krn motor jd macet lalu pakai campuran air & baking soda tp blm memuaskan lalu diganti soda api tp hasilnya gak maksimal, terakhir pakai campuran air dg KOH hasilnya memuaskan: motor dipakai dr daerah Bantul ke daerah Prambanan Magelang PP cuma 1 liter kurang dikit(kira2 sekitar 85 km). Penghemat BBM ini bisa meledak sekuat bom jika pipa saluran ventilasi udara pd botol disumbat (pernah diuji daya ledaknya hingga bisa menjebol tembok). Tapi tetap aman kok asal tidak ada yg iseng menyumbatnya(krn terletak didepan jd selalu terpantau aman), sampai kini masih terpasang di motorku lumayan sisa uang bensin bisa utk jajan.

    BalasHapus
  2. apa gak bahaya tuh?? gimana kalo buat motor kamu cepet rusak jadinya?
    tapikreatif juga ya.. yang pake cuman kamu aja ta?

    BalasHapus
  3. Kalau mau jadi pejuang Palestina pakai ini bom gak ada yg mengira (bisa diandalkan), gak bakal terdeteksi tim penjinak bom dari Brimob krn gak ada mesiu bahan bom. Tapi kalau dipakai teroris bisa bahaya kali ya !! Sejak 2008 sampai sekarang motorku tetap ngacir aja bahkan businya malah putih jadi gak bakal macet gara2 businya kotor. udah dipakai para tetangga dan jg pak RT gak ada keluhan sama sekali justru senang krn motornya terasa lebih bertenaga dari biasanya.Isi cairan itu biasanya habis tiap sebulan jadi tiap bln tinggal isi pakai air biasa sedangkan KOH bisa dicari ditoko kimia (cuma pakai 1 sendok teh). Hati2 jangan pegang langsung KOH, sisanya simpan dalam wadah/toples plastik tertutup rapat. Harga KOH murah (tp lupa karena udah lama gak beli sebab persediaan masih segenggam bisa utk 2 tahun mungkin)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sekarang lagi gencar2nya serangan Israel ke Palestina, semua umat Islam di dunia mengutuk keras perbuatan Israel..

      Hebat jadi bermanfaat ilmunya bagi semua orang, lanjutkan bereksperimen untuk membantu orang-orang..^^

      Hapus
  4. Menyerang Israel dari rumah pakai komputer rumah dengan meretas/ merusak data2 penting di komputer mereka lewat internet,Hmm mungkin bisa tapi agak takut nanti kalau di cari Depkominfo dan kepolisian dg tuduhan kejahatan internet bisa gawat nih. Dulu pernah iseng menjebol data Bank(niatnya cuma mencoba sistem keamanan data nasabah bank, bukan utk mencuri data atau memindahkan uang nasabah)dalam beberapa jam ada beberapa petugas berkeliling mencari tahu, untung komputer langsung dimatikan jadi gak ketahuan hi hi. Lanjutkan He he kayak komen di ras kucing, apalagi ya!! meneliti ttg daun Salam udah, Ganyong utk gizi buruk udah. Kurasa sementara itu dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pinter hack juga ya bro, hati2 lho bro..

      Hapus
  5. Terima kasih atas perhatiannya, jadi hacker cuma sekali itu aja. Gue jg marah sama kesewenangan Israel, didemo gak mempan, aksi solidaritas menggalang dana kemanusiaan juga gak sampai krn bantuan kemanusiaan dicegat di perbatasan. Seandainya kuserang komputer mereka tanpa ketahuan, kira2 kamu dan temen2mu mendukung gak? Dan itu termasuk dosa gak? bukankah itu merugikan orang lain(Israel)?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm, aku rasa kurang efktif bro,
      yang kita lakukan hanya bisa berdoa dan memboikot barang2 Amerika sekutu Israel..

      Hapus
  6. Memboikot beberapa barang Amerika mungkin bisa tp gak semua krn komputer jg produk Amerika spt pisau dipakai didapur baik tp jk dipakai preman gak baik. Kurasa bisa efektif jika yg diserang sistem data pertahanan militernya(bisa ku obrak-abrik bikin kacau radar satelitnya) shg roket Hamas bisa menghantam wilyah Israel tanpa halangan tp kode keamanannya berlapis2 acak sulit ditembus mungkin butuh 6-8 jam utk menembusnya(tak ada yg mustahil). Tapi gak usahlah biar rekan lain aja yg melakukan, kita dukung pakai doa aja.

    BalasHapus
  7. Masih ttg mesin, Dulu sebelum bereksperimen ttg hidrogen utk menghemat bbm pernah jg merancang membuat sistem injeksi utk motor sekitar th 1998 tapi kesulitan cari info ttg hak paten, prosedurnya jg dipersulit harus bayar ini itu dan masih dianggap anak kecil yg cuma main2(blm ada internet lagi). lha sekarang malah banyak motor baru yg pakai injeksi, ya kalah cepat dg orang Jepang (mereka begitu menemukan langsung dipatenkan). Beginilah nasib rakyat kecil yg kurang diperhatikan pemerintah. Maaf memakai blogmu utk curhat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. :D :D Curhat tiap hari gpp koq, tap maaf kalo baleznya agak lama.. Kalo lagi online aj ku jawab..

      Ternyata baru tahu aku kalo hak paten itu kudu ada pelicinnya.,
      Sama kayak budaya2 Indo yg diklaim negara lain.. Mungkin pemerintah kudu bayar dulu ke Lembaga Internesional..

      Hapus
  8. Beberapa waktu yg lalu alat penghemat bbm dipasang di mobil isuzu panther uji coba dipakai ke Jakarta Bandung terus ke Jogja cuma habis 50 rb padahal didaerah pegunungan yg banyak tanjakannya. Sukses nih sampai mobilnya langsung ditawar orang. Itu yg pakai motor bajaj pulsar yg ngakunya motor teririt didunia 1 lt bensin: 266 km jg pakai alat yg sama yaitu generator hidrogen. search aja di google.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mulai berkembang nih eksperimennya salut..

      Emang orang India kreatif banget, gak minder ama produk sendiri.. Pemerintah kita ama Mobil SMK aja takut..

      Hapus
    2. ketauan nih blm baca artikelnya ta? Yang kreatif itu pemilik motornya bukan orang India, miliknya udah pakai riset lebih lanjut sedangkan motorku baru riset awal aja

      Hapus
    3. Kurang tau sob tak kira semua motor pulsar udah pake tuh alat secara umum..

      Hapus
  9. Kalau semua motor pulsar udah pake tentunya merk lain akan tersisih, elemen paling mahal dan sulit dicari adl baja super alumunium anti karat yg mana utk memotongnya harus pakai laser krn tidak bisa dipotong pakai gergaji besi, gw aja cuma pakai pipa besi alumunium biasa yg masih mudah berkarat. jadi jelas masih kalah jauh dg motornya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang aluminium untuk bagian apannya sob?

      Hapus
  10. Utk penyaluran listrik agar menghasilan gas hidrogen, cairannya harus dialiri listrik jd sbg anoda katoda kutub positif negatifnya. krn didlm air shg sangat rentan berkarat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Airnya pake air biasa atau campuran apa gitu?

      Hapus
  11. pakai air sungai jg bisa tp kalau mau yg lebih bersih bisa jg pakai air mineral murni(aquades), kalau gue cukup air sumur aja murah meriah. pokoknya utk menghasilkan gas hidrogen: air 3/4 botol (wadah kecap utk sepeda motor, wadah galon aqua utk mobil) dicampur sedikit KOH (seperti ngasih gula utk segelas air)lalu disetrum lalu dlm botol muncul gelembung air yg banyak mirip air mendidih tp gak panas tanda gasnya udah muncul tinggal disalurkan lewat selang ke manifold mesin. Alat ini jg udah dipasang di kendaraan tempur militer Brimob dan kesatuan lain: pada Panser, Tank, truk utk menekan biaya operasionalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh gitu toh.. kayaknya Pantes nih kalo ada yang buat penelitian skripsi..

      Hapus

Terima kasih atas komentarnya:
1. Gunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung
2. Jangan pakai link aktif/ spam
3. Iklan boleh, tapi 1 kali saja :)

>> Add FB Admin