Minggu, 28 Oktober 2012

Suasana Hari Raya Qurban 1433 H Di Tempatku

Tempatnya di desa Plumpang, Sidoarjo Jawa Timur saya menyaksikan penyembelihan hewan Qurban. Masjid yang juga tempat admin menimba ilmu Islam ini menyembelih 11 ekor sapi dan 4 ekor kambing. Perlu diketahui sapi yang disembelih adalah sapi jenis limosin dengan alasan dagingnya lebih banyak. Suasana sangat ramai berbeda dengan tahun kemarin yang "agak sedikit" orang yang membantu.  Tak ayal 11 ekor sapi sudah selesai disembelih sampai pukul 9.

Orang-orang muslim di desa ini terkesan mandiri. Itu dibuktikan dengan penyembelihan dilakukan oleh jamaah masjid ini sendiri secara bergiliran sejak tahun 2007 lalu. Jadi intinya banyak orang yang bisa menyembelih hewan Qurban karena pernah dilatih oleh Tukang Jagal.

Tak hanya itu, struktur panitia penyembelihan terlihat rapi dan gotong royong. Para pria senior mendapat bagian menyembelih dan mencincang daging menjadi bentuk lebih kecil. Sedangkan tugas remaja adalah sebagai begal (merobohkan sapi), mengurus kotoran sapi (mencuci isi perut hewan) dan distribusi hewan Qurban. Tugas para muslimah adalah menimbang daging dalam kantong plastik. Dengan pengaturan manajemen yang rapi pembelian sapi dapat dibandingkan hasil bungkusan hewan Qurban yang didapat sehingga diketahui untung ruginya untuk pembelajaran pembelian hewan di tahun berikutnya.

Saat proses pemotongan hewan Qurban berlangsung ada sejumlah petugas dati PPDH (Pendidikan Profesi Dokter Hewan) berpakaian muslimah datang untuk memeriksa hewan Qurban layak dikonsumsi apa tidak. Dengan jubah putih berlabel PPDH mereka menyebar di area Kecamatan Balongbendo untuk memeriksa spot-spot yang memotong hewan Qurban dalam julah banyak. Beberapa hewan sapi ditemukan terkena penyakit hati dan petugas menyarankan agar membuang hati hewan tersebut karena tidak layak dikonsumsi.

Berikut beberapa foto yang saya abadikan saat pemotongan hewan berlangsung. Klik Gambar Untuk Memperbesar

Ayo tarik adek-adek ikut bantu..
Ayo Mas Malik, Mas Fat'han tarik mang..
Sapi berhasil dilumpuhkan..
Sejumlah muslimah berpakaian Syar'i menyaksikan penyembelihan juga.. ^^
Hiiii... yang takut gak usah liat..
Petugas PPDH yang kayaknya masih anak kuliahan memeriksa hati sapi..
Sejumlah remaja mencuci kotoran sapi di kali..
Newbie, Mas Rodi pertama kali mencoba menyembelih hewan Qurban..

Sumber :

Data pribadi "jika ingin repost tolong ijin dulu"
Comments
2 Comments

2 komentar:

  1. sopo iku yooo sing gawe topi iku?? hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, duduk2 aku Ian, wong sing moto aku kabeh koq.. Hehe :)
      Wong gerang sing gak ku kenal.. :D

      Hapus

Terima kasih atas komentarnya:
1. Gunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung
2. Jangan pakai link aktif/ spam
3. Iklan boleh, tapi 1 kali saja :)

>> Add FB Admin