Minggu, 14 Oktober 2012

Potret Geliat Pendidikan Islam di Selatan Thailand

HMINEWS, Thailand - Jarang terpikir oleh kita bahwa kita punya banyak Saudara se-iman di negeri tetangga, Thailand. Mereka adalah warga muslim Pattani yang terletak di wilayah bagian selatan Thailand. Tradisi keber-Islaman mereka tidak beda jauh dengan tradisi keber-Islaman Indonesia. Mereka adalah bangsa Melayu yang bahasa ibunya adalah Melayu.

Mereka memiliki tradisi pendidikan Islam dengan pondok pesantren sebagaimana pondok-pondok pesantren di Indonesia. Yang membuat mereka berbeda adalah, mereka tidak memiliki kebebasan sebagaimana kita di Indonesia. Sebagai Muslim minoritas, mereka hidup dibawah tekanan pemerintah Thailand yang berusaha mengekang perkembangan Islam di wilayahnya.

Berikut adalah dokumentasi foto-foto kegiatan pendidikan Islamd di Pondok Pesantren yang diambil oleh Paula Bronstein dari Avaxnews. Foto-foto tersebut diambil di Pondok Pesantren Darunsat Wittaya, di wilayah Saraburi, Selatan Thailand, pada tanggal 16 Agustus 2011 lalu.
Santriwati Darunsat Wittaya school di Saraburi, Selatan Thailand, berdoa sebelum mulai belajar


Berlatih pencak silat “Krabi Krabong”

Kalau telat harus dihukum jongkok..

Add caption



Menuju kelas. Lebih dari 4000 santri belajar di Ponpes terbesar di Thailand ini


Sumber :
http://hminews.com/news/potret-geliat-pendidikan-islamd-di-selatan-thailand/
Comments
1 Comments

1 komentar:

  1. I do appreciate for this society, I hope allah will me to go there (thailand) next week for joining dedication in my college STAIN Pamekasan Madura, I hope in the selection of dedication to abroad I pass and can go there. I am coming thailand "pattani"

    BalasHapus

Terima kasih atas komentarnya:
1. Gunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung
2. Jangan pakai link aktif/ spam
3. Iklan boleh, tapi 1 kali saja :)

>> Add FB Admin