Rabu, 03 Oktober 2012

Kamus Gaul FB, Twitter & Online (Selalu Up Date)

Yaiyalah, masa' ya iya dong..
Buat sobat supaya tidak kebingungan mencari kata gaul tekan Ctrl+F lalu ketik kata gaul yang sobat cari.
Makasih udah berkunjung ^^

Up Date 04/04/2014 
Keles
Gak gitu juga keles... Hayo apa artinya itu? Bener banget bro, keles adalah kata plesetan dari kata "kali".. Contoh lainnya kamu harus menyertakan foto 3 keles 4 hitam putih wkwkwkwk..

TFL, TFC, TFR
TFL : Thanks For Like
TFC : Thanks For Confirm
TFR : Thanks For Request
Ini singkatan yang biasa digunakan di Fb. TFR ya... ^^ Makasih dah baca..

Jones
Belakangan ini gue sering jumpa kata-kata ini di sosmed atau blog, ternyata alamak Jones itu artinya Jomblo NGENES (Jomblo mengenaskan) haha..

Jebret
Jebret atau Jebred adalah kata gaul yang dipopulerkan komentator bola Valentino Simanjuntak saat Indonesia Vs Vietnam di Final U-19 2013. Jebret sendiri menurut Valentino kata yang dipakai untuk gol sepakbola saat dia masih kecil. Kini arti ‘jebret’ lebih mengarah ke aksi cepat untuk mencapai sebuah tujuan. Kau telah men-jebretkan hatikuuu..


Jeger
Jeger adalah kata gaul untuk gol sepakbola yang dipopulerkan oleh Bung Yopie (Alm). Beliau sering mengatakan kata-kasa itu saat kompetisi ISL berlangsung. Ada gol? Jegerrrrrrrrrr masuk saudara!
 

Misua
Langsung saja ini artinya suami.


Ahay
Ahay kata gaul yang dipopulerkan oleh komentator sepak bola saat timnas U-23 Indonesia vs Brunei. Setiap ada peluang dari timnas komentator meneriakkan ahayy apa yg terjadi pemirsa! hehe.. Artinya? hmm, mungkin seperti "wow" gitu.

Ngabuburit
Ngabuburit adalah istilah yang berasal dari bahasa Sunda, burit artinya waktu menjelang malam hari atau waktu Maghrib. Jadi ngabuburit selama bulan puasa ini adalah menunggu atau menghabiskan waktu hingga menjelang waktu Adzan Maghrib datang, yaitu saat berbuka puasa. Populer banget istilah ini di kalangan masyarakat khususnya pada bulan puasa seperti saat ini.

Mainstream
Gue tahu katak gaul ini dari omongan selebriti di tv. Mainstream sendiri dalam bhs. inggris berarti "mengikuti arus/tendensi", jadi bisa dikatakan arti mainstream itu berarti sudah biasa/ tidak aneh lagi/ sudah sering.. Blog ini terkenal? Mainstream itu sih ^^ hihihi..


Eyang
Maraknya pemberitaan tentang tokoh fenomenal Eyang Subur tak pelak jadi juga bahasa slank-nya. Kata sehari-hari "yang" kini berubah dengan sedikit menambah huruf depan E menjadi "Eyang". Makasih ya Eyang sudah baca ^^..


Kudet
Gue gak tahu asalnya yang buat siapa, setahu gue dari iklannya mie Raditya Dika. Tapi yang jelas kata gaul kudet merupakan singkatan "kurang up date". Jadi buat temen lu yang tanya sesuatu yang baru bilang aja "ah kudet Lu!" hehehe..


T.A.K
Kata ini dipopulerkan oleh salah satu blogger. Jika ada pengunjung yang berkomentar pasti dia bakal jawab T.A.K alias Terima Kasih Atas Kunjungannya..


Keset
Keset maksudnya bukan alat gesek kaki, tapi maksudnya "masih baru". Misalnya kamu baru ikut forum atau sejenisnya terus ada yang bilang keset ya!.. itu tandanya kamu masih "keset" #eh..


Hebring
Hebring yang artinya “Hebat” dalam bahasa Sunda. Hebring Euy!!

CMIIW
Awalnya ku kira ini dari acara Sule, kan sering bilang Cmiwiw, yang artinya keliru.. Memang benar asalnya CMIIW tapi dibaca Sule Cemiwiw. CMIIW dari kata singkatan bahasa Inggris Correct Me If I'm Wrong... Ups cemiwiw hehehe.

Mamen
Kata ini mungkin udah lama, tapi gue baru tahu sekarang. Mamen atau Mament = berasal dari kata My Man, artinya sama dengan Sobat, Bro, Sob.

Move On
Dalam bahasa inggris yang artinya Bergerak Maju atau berpindah, dalam bahasa kegaulan ternyata berarti Terus melangkah. Terus melangkah yang dimaksud adalah, apabila kita sedang mengalami masalah atau putus cinta, tetapi kita tidak bisa untuk melupakan mantan dan berpindah hati. Move On tidak hanya berlaku dalam cinta namun semua hal yang menyakitkan atau menyebabkan diri kita terpuruk.

Cucok Mocorokodot
Lama2 bahasa gaul Syahrini yg jadi kamusnya nih. Hehe..  Cucok Mocorokodot juga berasal dari kata2 Syahrini di acara2 infotainment. Makna kata ini tak jauh beda dengan cocok sangat/ cocok sekali atau cetar.. :D


Membahana Badai..!
Bukan Syahrini namanya kalau tidak membuat istilah baru yang menjadi trendsetter.  Ya, kali ini cetar membahana badai, bersal dari judul lagu yang dinyanyikan Syahrini lengkapnya "membahana badai halilintar". Artinya? Ya gak jauh beda sama cetar dan sesuatu (istimewa gitu).

Mau Tahu Banget atau Mau Tau aja?
Sama seperti kata gaul dibawah ini merupakan jawaban dari orang yang k3po2 itu.. Orang yang kebanyakan nanya2 digoda dengan kata "Mau tau banget/mau tau aja?

Kasih Tahu Gak Ya..?
Kata gaul ini merupakan jawaban orang yang bisa dibilang kepo (mau tahu aja). Jadi orang yang Kepo2 yang sok mau tau itu jawab aja dengan "Kasih tahu gak ya..."

Cetar!
Kata gaul yang diciptakan oleh Syahrini belakangan ini menjadi pengganti "sesuatu". "Jadi pokoknya hari ini 'Cetaaar !!!' Ha...ha...ha.. jadi 'Cetar' itu mempunyai arti lebih dari 'Sesuatu', lebih dari istimewa, more spektakuler."

Tepar
Tepar adalah kelelahan gak bergairah rasanya tubuh itu lelah banget dan hanya ingin teriam saja di kasur atau tempat tidur.

1. Friend Zone
Kata yang sekarang ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Terjemahan bebasnya zona teman, tapi artinya sebenarnya sih bukan itu. Mulai marak digunakan semenjak diperkenalkan oleh situs lelucon dari luar negeri, 9gag (setidaknya gw tau dari situ).
Berdasarkan post di 9gag, friend zone itu artinya adalah sebuah kondisi di mana seseorang hanya dianggap sebagai teman saja. Untuk mempermudah, kita ambil contoh kasus seperti berikut.
A adalah seorang cowok
B adalah seorang cewek
A dan B sangat dekat
A sering curhat sama B
B sering curhar sama A
A suka B
B menganggap A hanya teman
kalau anda adalah A, selamat, anda sudah berada di friend zone.

2. Harus Bilang Wow
Ungkapan tersebut biasa disampaikan seseorang dalam kondisi merajuk karena menjadi Pecundang/Losser dan berat untuk mengakui kelebihan rivalnya. Ada yang bilang asal mulanya dari film Sm*sh Cinta Cenat-cenut. Lalu mulai merambah dari film "Masih di Bawah Umur" yang dipopulerkan oleh Cherry alias Natasha Wilona.

3. PHP
Singkatan dari "Pemberi Harapan Palsu" yatu kondisi dimana ada orang yang perhatian sama kamu dan kamu menunggu dia untuk menyatakan cinta atau suka tapi ternyata semua tak terjadi atau hanya angan-angan belaka.
4. Cukstaw
Apa sih 'cukstaw' itu? Beberapa kali sempat scroll timeline Twitter dan menemukan kata-kata yang lucu ini. Dan ternyata setelah beberapa kali bertanya pada teman, ternyata cukstaw adalah sebuah singkatan dari 'cukup tahu'.

5. Bais
Jika pernah mendengar kata-kata bais yang digunakan di Twitter, ketahui saja kalau bais adalah kata slang dari habis. Kok bisa sih? Haha... entahlah siapa yang memulai kata ini, yang jelas dia sudah populer di dunia Twitter.

6. Miapah?
Membaca kata ini apa yang muncul dalam benak Anda? Awalnya sih kebayang mie goreng atau mie rebus, tetapi ternyata miapah? ini bukan bermaksud menanyakan selera makan mie. Miapah ternyata adalah singkatan dari 'demi apa'.

7. Ciyus
Apa coba arti kata ini? Dan ternyata setelah bertanya ke kiri kanan, ciyus adalah alih kata dari serius.

8. Oretz
Coba tebak kalau oretz ini apa artinya? Ya, benar! Oretz adalah kata slang dari 'all right'

9. Peres
Berbeda dengan arti sebenarnya yang merujuk pada memeras, 'peres' berarti palsu, tidak tulus, bohong

10 Eaaa
Eaaa biasanya dijadikan sebagai hestek di belakang twit. Untuk apakah eaaa ini? Umumnya eaaa ditambahkan sebagai penekanan bahwa twit yang ditulis adalah kata-kata gombal yang lebay.

11. Woles
Woles berasal dari kata original 'slow' yang kemudian diplesetkan menjadi selow dan berubah menjadi woles.

12. Ubay
Ubay bukan singkatan dari bayu lho, tetapi dari u = kamu dan bay = lebay. Hahaha... bisa aja.

13 g2gtl
Ini bukan rumus kimia lho. G2gtl adalah singkatan dari gak gaul gitu lho!
Bagaimana sudah tahu kan kata-kata aneh yang sering ditemui di Twitter atau social media lain? Sekarang Anda tak perlu takut dibilang tidak gaul lagi :p

14. Enelan
Enelan berasal dari acara OVJ yang diopulerkan oleh Sule. Enelan adalah kata slank mempunyai arti "beneran"

15 Afgan
Tahu kan siapa Afgan? Pernah dengar lagunya yang judulnya sadis. Isitilah ini awalnya dipake sama orang-orang di forum jual beli Kaskus. Misal ada iklan, “Jual motor, bisa nego, no afgan,” itu artinya, bisa nego tapi jangan sadis!

16. Elo Gue End
Kalimat yang lagi banyak ditirukan orang ini dipopulerkan Wendy Cagur dalam tanyangan Opera Van Java. Kata-kata ini sempat jadi Trending Topic di Twitter. Kalimat ini digunakan hanya untuk bercandaan saja.

17. Fudul
Kurang lebih artinya sama kayak stalking atau kepo. Digunakan buat menunjuk sifat orang yang want to know something sampe ngorek-ngorek informasi dari mana saja, termasuk jejaring sosial.

18. Galau
Untuk yang satu ini, teman gue sampe ada yang dinobatkan sebagai raja galau. Entah kapan diresmikan kepadanya. Kata galau sebenarnya termasuk dalam Bahasa Indonesia baku yang terdaftar di kamus, artinya perasaan kacau nggak karuan, resah, bimbang. Tapi entah siapa yang memulai. Kata galau mendadak populer di jejaring sosial. Sering muncul dengan #galau dan yang berbau galau kayak #galaucity, #galaugombal, #lagugalau. Bahkan, banyak juga akun Twitter yang menggunakan kata galau. seperti @RadioGalauFM, @galaubijak, @galaugila.

19. Gengges
berasal dari kata ganggu yang diubah dikit, dikasih imbuhan *-es* dibelakangnya. “Gw unfollow ah, soalnya gengges, fotonya sok imut.*

20. Jutek
Sering banget dengar ini. Kata ini sering dipake Pekerja Seks Komersil (PSK) di awal tahun 2000-an buat nyebut pria sombong dan jarang senyum. Kata ini akhirnya jadi kata umum yang dipake buat menunjuk orang yang judes, galak dan nggak ramah.

21. Kepo
Berasal dari kata Kaypoh. Bahasa Hokkien yang banyak dipake di Singapura dan sekitarnya. Sama seperti fudul, kepo berarti ingin tahu, mencampuri urusan orang lain, dan nggak bisa diam. Kata ini punya konotasi yang rada negatif. ” Dia udah putus belom sama sih sama ceweknya?””Iiih, kep banget si loo!”

22. Kicep
artinya diem atau mematung biasanya karena malu atau nggak tau apa yang mesti dilakuin. “Langsung kicep gw begitu ngeliat soal ulangan Fisika…”

23. Lebeh
perkembangan dari kata lebay yang juga merupakan bahasa populer sejak sekitar tahun 2006, yang artinya berlebihan. “Nggak ketemu cowok gw sehari rasanya nggak ketemu setahun”” Iiih, lebeh lo!”

25. Mager
Singkatan dari kata males gerak. “Laper tapi mager.”

26 Menel
Menunjukkan pada perilaku centil demi menarik perhatian orang yang disukai.

27. Meper
Adalah mengelapkan tangan yang kotor atay terkena sesautu secara diam2, bisa ke tembok, baju orang lain dll.

28 Narsis
Bukan istilah baru sih. Tapi mungkin banyak yang belum tahu, narsis juga punya legenda lho. Berasal dari cerita yunani, ada seseorang lelaki tampan bernama Narcissus yang menolak cinta seorang cewek bernama Echo. Kemudian patah hati dan mengutuk Narcissus buat jatuh cinta dengan bayangannya sendiri di kolam. Sekarang, kata narsis digunakan buat menggambarkan orang yang terlalu suka sama diri sendiri, salah satu tandanya adalah hobi banget foto sendiri.

29 Palbis
Singkatan dari kata-kata “PALING BISA.” Cobaan terberat itu saat ngeliat tweet kamu sama dia..””Yelah, palbis lo, hahah!”

30. Pecah
Istilah ini biasanya digunakan buat mengomentari hal-hal yang keren, gokil, heboh. “Rugi lo nggak dateng, pecah banget acaranya semalem!”

31. Pundung
Berasal dari bahasa Sunda, artinya tersinggung, ngambek dan kesel.

32. Rempong
Berarti ribet, repot atau rese. “Ngapain sih lo telepon gue tengah malah gini? Rempong deh!”

33. Selon
Bisa diartikan santai, slow, pelan-pelan

34. Sokil Gob
Merupakan plesetan dari kata “Gokil,sob!” Artinya sama aja kayak gokil, yaitu gila tapi dalama artian positif. Biasanya dipake buat menggambarkan sesuatu yang heboh, lucu atau unik. Sedangkan sob adalah kebalikan dari kata bos, yang biasa digunakan sebagai pangggilan akrab untuk seseorang.

35. Spupet
Plesetan dari kata sepupu.

36. Ucul
berasal dari kata lucu, cuma dibolak - balik.

37. Unyu
Kata ini berasal dari kata “Oh no”, yang sengaja diplesetin jadi Onyo biar terkesan lucu. Ada juga yang bilang kaloa unyu berarti anak anjing dari bahasa Sanskerta. Yang jelas, kata ini sering dipake untuk menunjukkan hal-hal yang lucu, imut, ngegemesin.

38. Yalsi
Ucapkan kata yalsi berulang-ulang, kata baru apa yang kita dengar? Yalsi merupakan plesetan dari kata sial. “Omongan nggak nyambung gara-gara BBM pending, yalsi!”

39. HOAX
Hoax atinya sebuah pemberitaan palsu. Hoax adalah usaha untuk menipu atau mengakali pembaca/pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal terkadang pembawa berita palsu tersebut tahu bahwa itu adalah palsu.

40. ALAY :
Singkatan dari Anak Layangan, yaitu orang-orang kampung yang bergaya norak. Alay sering diidentikkan dengan hal-hal yang norak dan narsis.

41. KOOL :
Sekilas cara membacanya sama dengan “cool” (keren), padahal kata ini merupakan singkatan dari KOalitas Orang Lowclass, yang artinya mirip dengan Alay

42. LEBAY :

Merupakan hiperbol dan singkatan dari kata “berlebihan”. Kata ini populer di tahun 2006an. Kalo tidak salah Ruben Onsu atau Olga yang mempopulerkan kata ini di berbagai kesempatan di acara-acara di televisi yg mereka bawakan, dan biasanya digunakan untuk “mencela” orang yang berpenampilan norak.

43. JAYUS :

Saya tadinya mengira kata ini merupakan singkatan, namun setelah saya telusuri, ternyata bukan. Arti sebenarnya adalah lawakan atau tingkah laku yang maunya melucu tapi tidak lucu.
Istilah Jayus populer di tahun 90an dan masih sesekali digunakan di masa kini. Dari cerita mulut ke mulut, konon ada seorang anak di daerah Kemang bernama Herman Setiabudhi yang kerap dipanggil Jayus oleh teman2nya. Jayus sendiri adalah nama ayah dari Herman (lengkapnya Jayus Kelana) yang seorang elukis di kawasan Blok M. Herman alias Jayus terkenal sebagai anak yang sering melawak tapi lawakannya kerap kali tidak lucu.

44. GARING :

Kata ini merupakan kata dari bahasa Sunda yang berarti “tidak lucu”. Awalnya kata-kata ini hanya digunakan di Jawa Barat saja. Namun karena banyaknya mahasiswa luar pulau yang kuliah di Jawa Barat (Bandung) lalu kembali ke kota kelahiran mereka, kata ini kemudian dipakai mereka dalam beberapa kesempatan. Karena seringnya digunakan dalam pembicaraan, akhirnya kata ini pun menjadi populer di beberapa kota besar di luar Jawa Barat.

45. GANDENG :
Kata ini pun merupakan kata dari bahasa Sunda yang berarti “berisik”. Sama seperti garing, kata ini dibawa dan dipakai oleh para mahasiswa luar Jawa Barat yang sempat kuliah di tanah Parahyangan itu, yang pada akhirnya membuat kata ini menjadi terkenal dan beberapa kesempatan dipakai.

46. BEGICHU / BEGICYU :
Biasanya kata ini disebutkan dengan penekanan di bagian belakang (yaitu memonyongkan bibir). Kata ini sendiri digunakan secara tidak sengaja oleh seorang anak kecil bernama Saipuddin, 3 tahun, asal Madura. Kata ini kemudian banyak dipopulerkan oleh artis. Salah satunya adalah Titi DJ.

47. MENEKETEHE :
Kata ini sebenarnya berasal dari kata “Mana Kutahu” dan diplesetkan oleh Tora Sudiro sekitar awal tahun 2000an, di acara Extravaganza TransTV. Istilah itu cukup populer dan saat ini cukup sering digunakan orang.

48. CING :
Saya mensinyalir kata ini sudah sering digunakan sejak tahun 1970an. Hal ini saya ketahui saat menonton film Si Pitung Banteng Betawi yang dibintangi oleh (alm) Dicky Zulkarnaen. Belakangan, di tahun 90an, kata ini mulai sering digunakan orang lagi, terutama setelah sering digunakan Debby Sahertian di sitkom Lenong Rumpi. Kata “cing” biasa digunakan sebagai sapaan untuk teman dekat. Misalnya, “Mau ke mana, Cing?”

49. EMBER :
Kata ini merupakan plesetan dari kata “Memang Begitu”. Pertama kali dipopulerkan oleh Titi DJ yang secara tidak sengaja menyebut kata ini saat menjawab pertanyaan orang. Sejak itu, kata ini sering digunakan di berbagai kesempatan.

50. YIUK….!! :
Kata yang merupakan bentuk ajakan ini dipopulerkan oleh Hennyta Tarigan dan Rina Gunawan (anggota grup GSP). Kata ini sempat populer di awal tahun 90an dan sering digunakan oleh Lenong Rumpi. Di awal tahun 2000an, kata ini kembali populer sejak digunakan oleh Indra Birowo dan Tora Sudiro di acara Exravaganza. Karena sering digunakan saat mereka berperan sebagai bencong, maka kata ini identik dengan panggilan kaum waria / bencong.

51. BONYOK :
Kata ini merupakan singkatan dari Bokap-Nyokap (orang tua). Tidak jelas siapa yang mempopulerkan kata ini, tapi kata ini mulai sering digunakan diperiode awal 2000an, ketika bahasa sms mulai populer di kalangan remaja.

Bokap (Ayah) dan Nyokap (Ibu) sendiri merupakan istilah yang telah populer sejak tahun 80an dan masih digunakan hingga hari ini.

52. BISPAK :
Merupakan singkatan dari kata “Bisa Pakai”. Kata ini mulai populer di pertengahan 90an, dan biasanya digunakan sebagai kode rahasia untuk menyebutkan wanita / pria yang bisa “dipakai” (baca : ditiduri), tapi mereka sendiri tidak mau disebut PSK (Pekerja Seks Komersial), karena seringkali mereka melakukan hal itu “just for fun”.Tidak jelas siapa yang mempopulerkan kata ini tapi dari penelusuran saya, kata ini sudah akrab dan sering digunakan oleh para Eksmud (Eksekutif Muda) Jakarta sekitar tahun 96an.

53. KIKA :
Merupakan sandi untuk mengatakan “Saya”. Kata ini pertama kali dipopulerkan oleh kaum waria di tahun 90an, yang dibakukan oleh Debby Sahertian dalam buku Kamus Gaul yang dibuatnya.

54. SUTRALAH :
Merupakan pemanjangan dan plesetan dari kata “Sudahlah”. Kata ini juga dipopulerkan oleh kaum waria dan mulai populer di tahun 90an akhir.

55. SEMOK :

Berasal dari bahasa Jawa yang berarti “Montok”. Kata ini belakangan sering digunakan orang untuk menggambarkan wanita yang cantik dan seksi.

56. LOL :

Kata ini belakangan ini sering dipakai, terutama dalam komunikasi chatting, baik di YM, FB, Twitter, atau pun komunitas yang lain. Kata itu merupakan singkatan dari Laugh Out Loud yang berarti “Tertawa Terbahak-bahak”.

57. CENGLI :
Merupakan kata dari bahasa Hokkian yang berarti “Bertindak Adil”. Kata ini memang lazim digunakan oleh masyarakat perantauan Tionghua dari suku Hokkia. Karena sering digunakan dalam percakapan bisnis, maka lama-kelamaan menjadi kata umum yang digunakan dalam kegiatan sehari2.

58. WIL dan PIL :

Merupakan singkatan dari Wanita Idaman Lain dan Pria Idaman Lain. Tidak jelas siapa yang mempopulerkan istilah ini, namun saya menemukan kata-kata ini sering digunakan dalam penulisan di majalah2 di era awal 2000an. Kedua kata itu biasa digunakan untuk menjelaskan wanita atau pria simpanan / selingkuhan.

59. AJIB :
Artinya Enak, Asyik, atau Klabing. Kata ini mulai populer di tahun 90an tatkala musik trance dan narkoba jenis shabu2 baru mulai populer. Kata ini biasanya digunakan oleh para penikmat kedua hal itu. Istilah ini diambil dari suara hentakan tempo musik trance yang kalo didengar dengar teliti memang terdengar seperti “Ajib, ajib…. ajib, ajib….”.

60. ANJELO :
Merupakan singkatan dari Antar Jemput Lonte. Dari informasi yang saya peroleh, kata ini pertama kali digunakan sekitar tahun 2000an di daerah sekitar Bogor untuk menyebut Tukang Ojek yang menjadi langganan para penjaja cinta di sana.

61. JABLAY :

Kata ini dipopulerkan oleh Titi Kamal saat menyanyikan lagu berjudul sama dalam film Mendadak Dangdut (2006).Merupakan singkatan Jarang Dibelai yang mengandung arti lebih jauh sebagai ungkapan hati seorang wanita yang jarang mendapatkan belaian kasih sayang kekasihnya.

62. GETHO LOH..:

Kata ini berarti “Demikian / Begitu”, yang merupakan penekanan dari sebuah penjelasan yang disampaikan oleh sang pembicara. Kata ini cukup terkenal di tahun 2007, karena sering digunakan oleh para penyiar radio (terutama radio anak muda) setiap kali selesai menjelaskan sesuatu. Kata ini makin populer manakala sering digunakan dalam berbagai percakapan yang bernada jenaka (sekaligus norak) di berbagai acara televisi.

63. BELAH DUREN :

Berasal dari istilah yang digunakan dalam lagu dangdut berjudul sama yang dinyanyikan oleh Julia Perez, kata “Belah Duren” merupakan istilah yang ditujukan buat para pengantin muda yang menikmati malam pertama. Belakangan kata ini mengandung makna ajakan untuk melakukan ML (Making love).

64. SECARA :
Kata ini sebenarnya adalah bahasa Indonesia, yang bermakna “Adalah”. Namun kata ini menjadi populer di tahun 2006an di kalangan siswa-siswi SMU yang menggunakan kata ini sebagai kata ganti “Karena / Soalnya”. Sesekali pula digunakan sebagai sisipan tanpa makna (hanya sebagai penekanan pada kalimat yang mereka katakan). Contoh pemakaiannya :
a. Gua gak bisa ke rumah lo neh hari ini, secara bokap gue lagi sakit.
b. Ya… gimana dong? Secara gue ini kan gaul…

65. SEGEDE GAMBRENG :

Kata “gambreng” berasal dari suitan anak-anak (hompimpah alaihum gambreng), yang menunjukkan siapa yang menang dalam suitan tersebut. Belakangan, sekitar tahun 2007an, kata ini digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang besar sekali (dan sulit diungkapkan dengan kata-kata).

66. SEGEDE GOBLOK :

Mirip dengan ungkapan “Segede Gambreng”, kata “Segede Goblok” menunjukkan sesuatu yang besarnya luar biasa dan – sakin besarnya – jadi ga masuk akal. Gak jelas siapa yg mempopulerkan kata ini, tapi diduga kata ini pernah diucapkan oleh beberapa MC di televisi (entah Indra Bekti, Iva Gunawan, atau Ruben Onsu)

67. JUTEK :

Berasal dari kata yang sering digunakan oleh para PSK di awal tahun 2000an untuk menggambarkan pria yang sombong dan jarang tersenyum. Kata ini akhirnya menjadi kata umum yang digunakan untuk melukiskan orang yang menyebalkan, judes, galak, emosian, dan sombong.

68. BT / BETE :

Merupakan singkatan dari Boring Total. Tadinya orang menduga kata ini dipopulerkan oleh Dwiq saat merilis lagu “Bete” sekitar tahun 2008. Padahal kata ini sudah lama digunakan oleh para mahasiswa yang bosan dengan program perkuliahan mereka. Kata ini mulai populer dan digunakan di awal tahun 2000an.

69. KAMSUD :

Merupakan pembalikan konsonan kata “Maksud”. Kata ini mulai populer, terutama di kalangan para cewek di ruang chatting dunia maya.

70. KATROK :
Orang kampung / orang desa. Kata ini dipopulerkan oleh Tukul Arwana saat membawakan acara Empat Mata sekitar tahun 2007an (kini berubah menjadi acara Bukan Empat Mata). Kata ini kemudian menjadi bahasa umum untuk menggambarkan orang yang kampungan / norak banget.

71. PRIKITIU :

Adalah celutukan yang ditujukan pada pasangan yang tertangkap basah melakukan perselingkuhan. Adalah Sule, seorang komedian lokal, yang melontarkan celutukan nakal yang kini menjadi bahasa pergaulan itu.

72. CUMI :
Merupakan singkatan yang mengandung banyak arti (tergantung CUMI yang dipakai adalah singkatan dari apa). Awalnya kata ini dipopulerkan oleh sebuah produk kartu telpon seluler di tahun 2008an, yang akhirnya berkembang menjadi bahasa gaul anak-anak remaja untuk menjelaskan kondisinya saat ini, seperti CUma MIkir, CUma MIScal, CUma MIrip, CUma MInjam, CUkup MIris, dan lain-lain.

73. KRIK :
Adalah suara jankrik. Istilah ini biasaya digunakan dalam pembicaraan di dunia maya, untuk menggambarkan kondisi yang sangat garing / tidak lucu. Kata ini berasal dari adegan film-film kartun yang sering menampilkan suasana hening – dengan latar belakang suara jengkrik – mana kala seseorang bercanda namun tidak lucu. Pemakaiannya cukup sederhana, yaitu saat menanggapi komentar / ucapan seseorang, penulis tinggal menulis kata “Krik” berulang-ulang, menandakan bahwa penulis menganggap ucapan orang itu gak lucu banget.

74. GAYUS :
Merupakan sebutan sindiran untuk orang yang gila uang dan berusaha mendapatkan uang dengan berbagai cara yang tidak halal. Ungkapan ini populer di awal tahun 2010 setelah seorang pejabat pajak negara bernama Gayus diciduk polisi lantaran ketahuan menilap uang negara sebesar Rp 67 milyar.

75. MOGE :
Awalnya kata ini merupakan singkatan dari Motor Gede dan dipopulerkan oleh kelompok penyuka motor gede tahun 2008 silam. Namun belakangan, kata itu diplesetkan banyak orang menjadi Motor Gelo yang ditujukan pada orang-orag norak yang suka bikin rusuh, mau menang sendiri, dan bikin muak banyak orang.

76. NI YEE… :
Merupakan ungkapan yang dipopuerkan oleh pelawak (alm) Diran di tahn 1985an, yang kemudian sering digunakan oleh para artis seperti Euis Darliah dan Jaja Miharja. Kata ini sempat populer kembali sekitar medio 1990-1999. Saat ini masih dipakai, walau tidak seintens dulu.

77. GUE :
Adalah bahasa “resmi” yang kini banyak digunakan oleh kebanyakan orang (terutama orang dari Suku Betawi) untuk menyebut “Saya / Aku”. Kata ini merupakan bahasa Betawi yang telah digunakan secara luas, jauh sebelum bahasa prokem dikenal orang.

78. LO / LU :
Sama seperti “Gue” kata ini pun sudah digunakan digunakan oleh Suku Betawi sejak bertahun-tahun lalu dan menjadi kata untuk menyebut “Anda / Kamu”

Bila kamu mengetahui kata gaul terbaru silahkan pos di komentar..

Comments
8 Comments

8 komentar:

Terima kasih atas komentarnya:
1. Gunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung
2. Jangan pakai link aktif/ spam
3. Iklan boleh, tapi 1 kali saja :)

>> Add FB Admin