Sabtu, 24 Agustus 2013

Cara Minum Air Ala Nabi

Assalamualaikum sobat nomor2,
Tahukah kamu kalau ada langkah-langkah berdasarkan sunnah untuk meminum segelas air?
1) Memegang gelas dengan tangan kanan.
2) Meminum air dengan duduk.
3) Mulailah dengan bacaan "Bismillah".
4) Meminum air tiga kali tegukan.
5)  Bernafas di luar gelas baru minum lagi.
6) Setelah selesai baca "Alhamdulillah"


segelas air putih
Hadits>>
“Dari Anas r.a. bahawasanya Rasulullah s.a.w. itu bernafas ketika minum sebanyak tiga kali.”
(Muttafaq ‘alaih)

Dari Amr bin Abi Salamah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Wahai anakku, jika engkau hendak makan ucapkanlah bismillah, makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah makanan yang berada di dekatmu.” (HR Thabrani dalam Mu’jam Kabir)

“ Sesungguhnya Allah benar-benar ridha kepd hamba, ia makan satu kali makan memuji Allah atasnya dan minum satu kali minum memuji Allah atasnya” (HR: Muslim).

“Sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang untuk bernafas atau meniup wadah air minum.” (HR. Turmudzi no. 1888 dan Abu Dawud no. 3728, hadits ini dishahihkan oleh Al-Albani).
Comments
18 Comments

18 komentar:

  1. ternyata begitu meminum yang baik itu, saya kebiasaan minum satu kali teguk habis hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya kalo 1 sendok gpp, kalo 1 galon gimana?? hihi

      Hapus
  2. semoga saudara2 kita diluar sana sadar akan ini.
    dan satu hal lagi Rosululloh minum pasti sambil duduk kn?
    tidak sambil berdiri...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada 2 hadits:
      “Janganlah kalian minum sambil berdiri. Barang siapa lupa sehingga minum sambil berdiri, maka hendaklah ia berusaha untuk memuntahkannya.” (HR. Ahmad no 8135)

      Dari Ibnu Abbas beliau mengatakan, “Aku memberikan air zam-zam kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Maka beliau lantas minum dalam keadaan berdiri.” (HR. Bukhari no. 1637, dan Muslim no. 2027)

      Pendapat ulama' hadits di atas sama shahihnya. Minum boleh berdiri tapi kurang afdhol, karena kebiasaan Rasul minum sambil duduk. :)

      Hapus
  3. Perlu untuk selalu saling mengingatkan tentang hal ini.

    Di rumah, saya meletakkan sebuah bangku di depan dispenser, supaya kalau kami mengisi air di gelas dan meminumnya segera, bisa sambil duduk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh begitu ya Bu, saya juga di dekat dispenser ada tempat duduk.. kalau ada yg dudukin baru minum sambil berdiri, tapi kadang2 juga duduk di lantai.. :)

      Hapus
  4. wah... benar tuh...
    walau kebanyakan masih banyak yg lalai...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sob, sebagai nasehat diri sendiri..

      Hapus
  5. kadang suka lupa,bernafas dlm gelas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, mungkin bisa tersedak nanti mas..

      Hapus
  6. Meniup makanan/minuman karena panas dan bernapas dlm gelas bisa mencemari makanan/ minuman tsb shg tidak baik bagi kesehatan, minum dg posisi duduk maka air yg masuk disalurkan ke pos penyaringan di dlm ginjal yg bisa membuka shg air kemih bisa lewat dan menutup. Sedangkan jk minum sambil berdiri maka air yang diminum tidak disaring dan langsung menuju kandung kemih shg bisa terjadi pengendapan disaluran ureter, lama kelamaan bisa menyebabkan penyakit batu ginjal. Islam mengajarkan hal-hal baik bagi kita jasmani dan rohani complete.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Sob, Rasul mengajarkan sesuatu pasti ada hikmah terlihat/tersembunyi seperti yang sobat jelaskan :)

      Hapus
  7. Alhamdulillah... langsung dipraktekkan nih :)
    #bangun tidur buka blog dan minum air putih.. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh gitu ya Ukhti, semoga bermanfaat aja ya.. ^^

      Hapus
  8. kalau sudah terlalu haus gimana
    tiga tegukan gak puas juga
    terpaksa lebuh donk..
    hehehee

    BalasHapus
  9. kadang ada party yg tidak menyediakan cukup tempat duduk..gimana ya kalau seperti itu? Lantai juga ngak bisa diduduki sebab jadi laluan..
    macam party santai gitu.. urmm.. namun biar apapun alasannya, ia tidak bole dijadikan alasan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak apelah Cik minum sambil berdiri, tapi tak boleh jadi kebiasaan..

      Hapus

Terima kasih atas komentarnya:
1. Gunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung
2. Jangan pakai link aktif/ spam
3. Iklan boleh, tapi 1 kali saja :)

>> Add FB Admin