Rabu, 14 Agustus 2013

Menaikkan Trafik Blog Paling Ampuh Versi Gue V.01

Assalamualaikum sobat nomor2,
Oke kali ini saya akan menepati janji saya untuk memposting cara atau teknik menarik pengunjung blog versi saya. Selama saya bikin posting terkadang ada beberapa artikel yang langsung menarik banyak pembaca, padahal umurnya hanya beberapa menit atau jam. Nah, apa penyebabnya? Paling pasti posting yang kita buat sudah terindeks oleh mesin pencari terutama google.
Menaikkan statistik blog
Beberapa kali saya juga melanglang buana ke blogger yang lain dan saya menganalisis mengapa kok page view mereka bisa bergerak cepat sampai menyentuh angka jutaan. Bahkan kalau kita menunggu dan melihat kolom page view mereka bergerak layaknya detik jam yang bertambah terus tiada henti.

Nah, dari pengalaman blogging saya selama setahun ini, saya menemukan beberapa cara unik yang mungkin belum terlintas di benak blogger lain (tapi ini masih konvensional lho..). Saya share saja, toh kalau saya simpan buat apa pelit-pelit.
Check It Out !!

1) Blog Sudah Terindeks di Mesin Pencari
Ini sangat krusial bagi blog yang masih baru atau sudah lama tapi belum muncul di search engine. Saya masih ingat dulu blog ini saya daftarkan di beberapa puluh mesin pencari. Caranya? cari sendiri lewat google banyak kok. Hasilnya? Google menjadi search engine peringkat pertama yang paling banyak menyerap pengunjung blog saya, disusul ask.com, babylon, avg, yahoo dan lain-lain.

2) Buat posting yang banyak tapi rutin
Postingan banyak akan menarik pembaca atau pencari info sesuai  dengan yang mereka cari. Bisa jadi 1 orang pengunjung meloncat ke postingan lain yang menarik juga. Lalu posting yang lumayan rutin (misal sehari 1 posting) akan menjaga rank kita dimata rank-checker dan indeks google.

3) Jika kopas buat judul yang beda
Judul yang menarik akan membangkitkan rasa ingin tahu pencari info dan akhirnya membaca posting yang kita buat. Judul yang berbeda akan membuat pengnjung berpaling ke blog anda jika ada ribuan judul yang sama di mesin pencari.

4) Usahakan loading blog cepat
Blog yang sesuai dengan teknik SEO Friendly (loading cepat, simple) adalah yang disukai mesin pencari apalagi pengunjung blog. Kalau anda memasang iklan atau widget usahakan jangan memberatkan loading blog. Alasannya? kalau pengunjung berselancar dengan koneksi lemah atau pas-pasan bisa jadi meninggalkan blog anda dan beralih ke blog lain.

5) Template yang menarik/ simple
Sama dengan poin di atas, usakan punya template blog yang SEO Friendly. Biasanya tampilan home blog yang ada judul tulisan bersama preview gambarnya akan lebih menarik pengunjung untuk membacanya.

6) Perhatikan komposisi warna tulisan
Menurut saya tulisan hitam diatas background putih itu yang paling baik untuk dipakai membaca. Seringkali admin blog tidak menyadari bahwa komposisi tulisan blog mereka mengganggu atau bahkan merusak pandangan pembaca blog. Huruf blog yang paling bagus ukuran 12-16 supaya jelas untuk dibaca. So perhatikan blog kalian apakah komposisi huruf dan warna sudah tepat agar memudahkan mata pengunjung untuk membaca di pagi, siang atau malam hari.

6) Pasang tombol sosial media
Jangan lupa bekali blog anda dengan tombol Like & Share Facebook, Share Twiiter dan G-plus karena jika 1 orang yang share posting anda di Fb pasti banyak orang yang akan membacanya. Saya juga sering share posting lewat Yahoo Answer. Akal-akalan aja pura-pura nanya misalnya "Ada yang tahu julukan klub sepakbola selain di bawah ini?" terus susupin deh link ke blog kamu yang berjudul "julukan-julukan klub sepak bola Eropa". Nah, pasti akan ada url dari yahoo answer berbondong-bondong ke blog kamu (sudah terbukti)  :)

7) Share posting ke sosial media
Admin blog adalah orang yang paling wajib share postingan mereka lewat sosial media. Kalau punya fan-page di fb bisa anda share lewat situ. Tapi lebih baik share aja langsung ke teman-teman Fb anda.

8) Tema up to date dan posting disaat yang tepat
Membuat artikel dengan tema yang lagi booming itu sangat berguna karena pengunjung lagi banyak-banyaknya mencari info tersebut. Misalnya di tv lagi booming berita Arya Wiguna, buatlah profil atau berita tentangnya. Misalkan lagi musim ramadhan buatlah posting dengan tema ramadhan dst. Postingan menarik yang rutin juga akan  ditunggu-tunggu oleh pembaca dihari-hari berikutnya.

9) Ikuti grup atau fans page blogger
Grup di fb semacam Warung Blogger atau Blog of Friendship bisa kita ikuti sebagai ajang promosi tulisan blog. Berbagai macam gaya penulisan dan taste para blogger banyak kita jumpai disana. Pastinya akan menambah banyak teman dan pengunjung blog.

10) Berkunjung ke blog lain
Kalau saya simple saja ke blog lain difollow(kalau sudah tak perlu) - dibaca(asalkan gak panjang banget dan gj) - dikomen(sesuai tulisan) - ditinggalkan jejak di kotak pesan(kalau ada). Tentu orang yang rajin berkomen ke blog lain akan mendapatkan timbal baliknya.

11) Foto profil blog menarik
Jangan punya photo-profil (pp) yang GJ karena bentuknya akan kecil dan akan sulit dilihat. Jika kita follow atau berkomentar di blog lain pasti akan muncul avatar atau foto profil (pp) kita. Nah, gunakan pp sebagus/ seganteng/ secantik/ semenarik mungkin agar orang yang melihat mencari tahu siapa kita dan ujung-unjugnya mampir ke blog kita. Punya saya artis korea tapi diedit ada jambangnya hihihi... menurut saya ini sudah pas untuk menarik pengnjung (terutama wanita #eh..^^)

12) Selalu ada gambar di setiap posting
Gambar itu sangat penting, selain mengilustrasikan tulisan kita juga sebagai umpan agar orang-orang yang mencari info lewat google bisa menuju blog kita. Tentu buku yang ada gambarnya lebih menarik untuk dibaca ketimbang isinya tulisan semua bukan? Jangan lupa memberi nama gambar sesuai dengan tema tulisan sebelum menng-up-load-nya ke postingan atau memberi catatan kaki supaya masuk sebagai key word di mesin pencari.

13) Kata Kunci Blog (Judul Blog)
Saya memilih kata "Check It Out !!" karena menurut saya paling pas sebagai pembuka tulisan. Kata-kata itu bermakna seperti mengajak orang "ayo baca tulisan ini". Kata kunci penting sekali karena akan muncul di google jika judul postingan saya pendek. Biasanya pengunjung akan lebih suka melihat tulisan bernada mengajak dan misterius. Contoh lihat nih screen shootnya:

Saya ingatkan lagi cara nomor 1 itu paling ampuh diantara yang lainnya (semua udah pada tahu kali ^^'). Cara di atas walaupun terkesan konvensional tapi ampuh menaikkan statistik blog saya. Lain kali saya akan share lagi kalau udah dapet ilmu. Mungkin sobat punya cara lain yang lebih ampuh? bolehlah di share di komentar.

Sumber:
http://thecustomizewindows.com/wp-content/uploads/2011/03/Increase-Your-Blogs-Pageview.jpg
Comments
43 Comments

43 komentar:

  1. aduh pertamax nih, keliling2 tetangga blog habis lebaran :)
    seminggu terakhir menurun drastis pengunjung blogku mas, hha

    BalasHapus
  2. Kalo saya masih tersandung malah dg point yg no 2 mas...
    Blm bisa buat selalu update ..alasan klasik karena minimnya waktu :)

    Tapi sekarang sy dapet pencerahan yg berguna nih buat dongkrak PV..lewat tips dari mas wahyu
    Trims ya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mas budi :D , btw ke yahoo answer boleh juga triks nya :D hehe

      Hapus
    2. @Budi Os: sama dong mas, kalau pas lagi ada ide & waktu aja deh, sama2 mas semoga membantu..

      @Jocker: yah, itu akal-akalan saja ya.. ^^

      Hapus
  3. Hiks, saya sama kayak Mas Budi. Bayangin aja, udah mau 3 tahun lah posting baru 99..!! Haha, jadinya boro2 rutin. Adaaa aja, mulai dari sibuk kerjaan, sebel sama modem lemot sampai emang lagi gak mood aja buat posting. Masih belum istiqomah nih ngeblognya.. hoho. Rekues itu aja deh khy ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, tujuan kita ngeblog kan beda2 juga to, jadi memang ramai atau nggak kita masih bersyukur apabila ada yang berguna di blog kita.. ^^

      Hapus
  4. haha.... <>
    sepertinya ada beberapa hal yg harus ku benerin yah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah, kalau ikut tips saya boleh2 aja kok sob.. nih kan hanya contoh cara saya hehehe..

      Hapus
  5. sangat bermanfaat mas,,,,
    saya praktekan 1/1,,,,
    hehehehehe,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya makasih,
      boleh dicoba nih ampuh kok menurut gue ^^

      Hapus
  6. Lamaa rasanya tdk bersilaturrahmi kemari, dan selalu ada yg baru dsini...
    Wah, saya termasuk yg acuh dan gak perhatian sama yg nmanya trafik.. trmasuk yg jarang update coz tergantung mood dan waktu jg sih.. mgkin bkn blogger maniak yah, hhee...
    o iya mski telat namun rsanya msh suasana lebaran, sy ucapkn minal aidin wl faidzin... maafin lahir-batin ya..

    #btw tema ketupatnya bagus ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, biar gak bosen backgoundnya itu2 melulu ^^
      ya gpp lagian ngeblog itu habisin duit aja ^^'
      sama2, saya juga minta maaf kalau komentarnya pernah bikin tersinggung..

      #ahmasa'

      Hapus
  7. Poin yang nomor dua tuh bagi saya kadang mudah, kadang susah. Susahnya lagi pas sepi ide... :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya itu lumrah kadang kita gak ada waktu atau ide.. kalau pas lagi nemu saya catat di hp dulu biasanya.. ^^

      Hapus
  8. Wahyu, di mana kamu dapat template blog ini... cantik sekali, saya suka!..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini sama kayak dulu kok mbak, cuma saya ubah2 warna dan backgroundnya..

      Hapus
  9. info yg baguss.. dah berhasil dengan tips sebegini.
    terima kasih...kawan dah follow

    BalasHapus
  10. masih suasana lebaran kan,
    jadi tak ada salahnya aku ucapin selamat lebaran..maaf lahir batin,
    sambil lirak lirik kanan kiri..nyari ketupat ..salam :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas, sama2 Mas saya juga mohon maaf bila ada khilaf..
      iya banyak ketupat.. hehe

      Hapus
  11. beberapa tips yang sangat bermanfaat menurut saya yang masih newbie..

    mksh gan sharenya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 Gan, semoga membantu aja ya gan.. ^^

      Hapus
  12. Mungkin saya juga termasuk orang yg tidak begitu peduli sama trafik blog, tapi tips nya boleh juga... :-D Senang juga rasanya kan kalau tulisan kita bisa dibaca banyak orang dan bisa diambil manfaatnya.
    Point 10 oke tuh, berkunjung ke blog lain bisa sambil menambah wawasan dan memperkaya kosakata...

    Nice Post :-)

    Oya, mohon maaf atas sgala khilaf & salah... ^"^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Ukhti Nayla.. semoga tulisan kita semua bermanfaat ya...
      Belajar memang bisa juga dari pengalaman orang lain..

      Makasih

      Sama2, saya juga mohon maaf bila ada salah2..

      Hapus
  13. iya baner banget,, rata2 orang suka liat juga di poto profilnya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, itu sudah cantik pp-nya hehe ^^V

      Hapus
  14. saran penting, jangan lupa submit ke social bookmarking biar makin siip, saya gunakan 3 sicial bookmarking mas, rekomendednya lintas.me

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya, pernah juga baca tntang social bookmark.. Makasih ya sarannya membantu ^^

      Hapus
  15. Nurul suka ke Blog Wahyu sebab suka membaca apa yg diposting.. semuanya menarik^^.. thanks share tips ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya jadi besar kepala ni.. ^^'
      semoga apa yg saya post bermanfaat ya Cik ^^

      Hapus
    2. sekali-sekala besar kepala ngak apa2 kok.... jgn terusan besar ngak kecik2 lagi itu parah.. hahaha

      Hapus
  16. Makasih tipsnya, artikel diblog ini sangat bermutu dan bermanfaat bagi saya, saya akan menyimpan link blog ini pada halaman favorit, dan saya pasti akan berkunjung kesini lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, senang rasanya dapat membantu..

      Hapus
  17. Tips yang menarik, bisa dicoba ni

    BalasHapus
  18. Belum berapa faham tentang ini.. kena baca banyak2 kali.. Nanti Nurul kemari lg untuk study^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin masalah bahasa sahaja Cik, terkadang kita sulit paham bahasa yang bukan dari daerah kita..

      Hapus
  19. point no. 2 dan no. 3 tentang copas dan rutin menulis artikel, cukup menginspirasi saya untuk menulis satu artikel tiap hari meskipun itu copas.

    Tapi kalo copas pake judul baru, itu bukannya mesin pencari tetap bisa mendeteksi ya gan?

    Apa mesin pencari cuma menelusuri blog lewat judul, setau saya yg newbie ini mesin pencari menelusuri blog mulai dari judul sampe isi2nya juga.

    Mohon pencerahannya.
    Jika berkenan, silakan mampir ke salawase.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang masih bisa, tapi rankingnya di google tergantung blog itu sendiri..
      saya juga heran kadang2 blog ini gampang sekali dapat ranking di google..

      memang benar kalau SE ini menelusuri sampai ke isi dan widgetnya..

      saya bukan master SEO kalau yg lebih detail tanya saja ke master SEO ya.. ^^

      Hapus
  20. kalau blog saya gimana gan pendapatnya http://telkomiracle.blogspot.com/

    BalasHapus
  21. sangat bermanfaat sekali gan,,, saya agak kurang setuju sama yang nomor 3, walaupun google dapat mengindeks artikel tersebut, tapi kan kasihan juga yang sudah susah payah buat artikel tapi ujung-ujungnya dikopas tanpa ijin atau menyertakan link asal, ditambah lagi ganti judul seenaknya. salam http://blogku-al.blogspot.com

    BalasHapus

Terima kasih atas komentarnya:
1. Gunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung
2. Jangan pakai link aktif/ spam
3. Iklan boleh, tapi 1 kali saja :)

>> Add FB Admin