Rabu, 28 Agustus 2013

Menyikapi Gangguan Ketika Sedang Sholat

Assalamualaikum sobat nomor2,
Dalam mengerjakan sholat ada kalanya kita mengalami hal-hal yang mengganggu ke-khusyu'an. Maka dari itu perlu kita tahu bagaimana cara menyikapi gangguan itu ketika sedang melaksanakan sholat dari sunnah Rasul.
Check It Out !!

Menggendong bayi supaya tidak menangis boleh lho..

»Apabila Bayi Menangis Ketika Sholat
Dari Abu Qotadah, sesungguhnya Rosulullah Shollallohu 'alaihi wasallam pernah sholat dalam keadaan menggendong Umamah binti Zainab, putri Rosulullah Shollallahu 'alaihi wasallam -dan dalam riwarayt Abu al-Ash bin ar-Robi'- Apabila beliau berdiri, maka beliau menggendongnya. Dan apabila bersujud maka beliau meletakkannya". (Shohih Muslim, No.844)

Ini merupakan bentuk kasih sayang terhadap anak-anak dan bayi-bayi. Karena apabila mereka menangis sementara seseorang sedang shalat. Terkadang tangisan mereka menyibukkan dia dari shalatnya. Allah ta’ala berfirman,

“Allah sekali-kali tidak menjadikan bagi seseorang dua buah hati dalam rongganya.” (Al Ahzab: 4). 

»Ketika Ada Tamu Orang yang Kita Tahu
Dibolehkan bagi orang yang shalat untuk melakukan gerakan ringan, karena suatu kebutuhan yang mendesak, dengan syarat, tidak mengubah arah kiblatnya. Seperti membukakan pintu yang berada di arah kiblat.

Dalilnya adalah hadis yang diriwayatkan Abu Daud, dari A’isyah radliallahu ‘anha, beliau mengatakan:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah shalat, sementara pintu rumah terkunci. Kemudian saya datang, dan saya minta agar dibukakan. Beliau-pun berjalan dan membukakan pintu, lalu beliau kembali lagi ke tempat shalatnya. Disebutkan bahwa pintu rumah beliau berada di arah kiblat. (HR. Abu Daud no. 922 dan dishahihkan al-Albani) .

»Hal-hal Mendesak Lain
Termasuk dalam hal ini adalah orang yang shalat, tiba-tiba sarungnya mau lepas, maka dia dibolehkan untuk melakukan gerakan dalam rangka mengencangkan sarungnya. Bahkan, dalam kondisi tertentu yang sangat mendesak, syariat membolehkan melakukan gerakan yang banyak, meskipun menyebabkan kiblatnya berubah. Sebagaimana disebutkan dalam hadis dari Abu Hurairah radliallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Bunuhlah dua hewan yang hitam (meskipun) ketika sedang shalat, yaitu ular dan kalajegking.” (HR. Abu Daud no. 921 dan dishahihkan al-Albani).

Sebagai catatan saat melakukan gerakan mendesak yang banyak, jangan sampai mengucapkan kata-kata diluar doa sholat. Misalkan saat sedang sholat ada ular lewat disamping terus kaget  dan mengucapkan kata-kata yang bukan doa sholat makan harus diulangi sholatnya. Jadi cukup ambil pemukul terdekat, lalu pukul ular sampai mati dan kembali melanjutkan sholat (sumber khutbah ustad). 

Sumber:
Comments
30 Comments

30 komentar:

  1. makasih sob, udah mengshare info ini. saya menjadi tahu sekarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 sob, kita sesama muslim saling mengingatkan :)

      Hapus
  2. oh gitu yaa..
    kadang suka bingung gimana kalo dede bayi bangun tidur terus nyamperin pas lagi solat,
    ternyata cukup digendong aja udah bisa reda nangisnya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, begitu cara yg diajarkan Rasulullah.. :)

      Hapus
  3. sebagai calon ayah, ini bermanfaat bgt ;)

    BalasHapus
  4. subhanallah sangat bermanfaat, syukron ya ustadz. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya bukan ustad, kalau ada kesalahan silahkan diralat ya.. :)

      Hapus
  5. ibuku lagi sholat eh adikku malah manjat dipunggungnya pas sujud. itu sih udah gede kalo ga salah udah bisa jalan hihii...

    tapi emang ribet, mendingan ibunya yg suruh pegangin..
    maksh infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. gpp kali kan masih anak-anak to ^^

      iya ini kan kalau anaknya nangis, kalau tidak ya tidak perlu

      Hapus
  6. Kalo punya bayi ntar mau minta tolong Ibuku aja ah biar jagain pas aku solat hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ini (bayi nangis) biasanya terjadi saat sholat berjamaah di masjid..

      Hapus
  7. Subhanallah... sebuah ilmu yang bermanfaat sekali. Terima kasih mas Wahyu sudah share di sini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bu, kebetulan di mushola deket rumah banyak yg mempraktekkan.. :)

      Hapus
  8. waalaikumsalam, alhamdulillah, terimakasih sudah berkenan berbagi ilmu yang sangat penting ini.....salam :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas, sama2 semoga ada manfaatnya ya..

      Hapus
  9. subhanallah.. memang syariat Islam itu mudah ya nggak mempersulit para pemeluknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya-Allah mudah bagi hambanya yg taat

      Hapus
  10. klo di tempatku bnyk anak2 yg lari2an saat jamaah sedang shalat,malah lewat di depannya lagi.Nah itu gmn sob?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama seperti disini, biasanya sebelum sholat diperingati dulu.. kalau pas sholat tetap lari2an kita hanya bisa maklum atau saat dia lari di depan kita, kita tarik agar berhenti.. gitu gpp sob

      Hapus
    2. Kalo cuma lari didepan sih biasa dimaklumi masih bisa konsen dikit tp kalo tu bocah mencubit atau memukul kita (terpaksa menahan sakit pas sholat). Anggap aja cobaan: nilai pahalanya mungkin lebih besar dari jamaah lain yg tidak dicubit/diganggu. Sabar aja.

      Hapus
  11. mungkin lebih baik anak kecil yg belum bsa di kasi tau (masih balita) sebaiknya jgn dibawa ke masjid,kalau sampai menggangu yg kena dosa malah ortunya kan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh kok Mas anjuran malah,
      “Saya melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengimami jamaah, sementara Umamah binti Abil ‘Ash (cucu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam) berada di gendongan beliau” (HR. Bukhari & Muslim)

      ada hadits juga tapi menurut ulama' ini lemah (dhoif) :
      “Jauhkanlah masjid kalian dari anak kalian” (Ibn Majah dan at-Thabrani)

      Hapus
  12. Terimakasih atas penjelasan yang lebih terperinci itu.. semoga Allah melimpahkan rahmat atas Wahyu dan keluarga Aamiin.

    BalasHapus

Terima kasih atas komentarnya:
1. Gunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung
2. Jangan pakai link aktif/ spam
3. Iklan boleh, tapi 1 kali saja :)

>> Add FB Admin